20 Khasiat Bawang Lanang (Bawang Putih Tunggal) Untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Lanang (Bawang Putih Tunggal) Untuk Kesehatan ini sebenarnya bisa anda simak dari berbagai sumber informasi di internet. Namun dengan begitu banyaknya penyedia untuk membaca, mungkin anda sedikit kebingungan akan hal yang intinya sebenarnya tidak jauh beda. Nah sebagai salah satu referensi yang mungkin akan sangat membantu bagi anda, tidak ada salahnya jika kami melengkapi beberapa jumlah postingan di blog khasiatq.blogspot.com sehingga anda bisa lebih mempunyai wawasan lebih luas serta pengetahuan yang lebih rinci akan beberapa artikel yang kami maksud. Untuk lebih singkatnya, yuk langsung saja kita pada topik pembahasan.

20 Khasiat Bawang Lanang (Bawang Putih Tunggal) Untuk Kesehatan

Bawang putih selaku salah satu jenis bumbu keseharian memang mempunyai peranan penting bagi dunia kesehatan. Hal ini sudah bisa dibuktikan dengan adanya artikel kami sebelumnya yaitu mengenai khasiat bawang putih. Bahkan ada pula yang mengolah bawang ini dengan treatmen tertentu sehingga dikenal pula dengan sebutan bawang hitam (simak khasiat bawang hitam). Tapi, bagaimana dengan adanya bawang lanang atau bawang putih tunggal? Tentu anda masih bertanya-tanya dan ingin mengetahui lebih detail akan segala hal yang tersimpan didalamnya. Oleh karena itu, disini kami akan mencoba untuk memberikan rangkuman singkat dimana informasi didalamnya berisi tentang apa saja manfaat dan juga efek samping dari penggunaan bawang lanang untuk pengobatan.

==> Yuk Lihat Juga : 17 Khasiat D-Collagen Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Pada kalangan masyarakat umumnya, bawang putih sering digunakan untuk rempah atau bumbu masakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun berbeda dengan bawang putih tunggal yang penggunaanya sering dikaitkan dengan dunia herbal yang bisa mengobati berbagai jenis penyakit atau gangguan kesehatan lainnya. Jika dilihat dari berbagai penelitian, kandungan senyawa pada bawang putih memang sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun terdapat pula efek samping jika dosis atau penerapan yang anda lakukan dirasa berlebihan. Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa alami pada bawang lanang? Berikut ringkasan serta manfaat singkat yang bisa anda peroleh dari masing-masing nutrisi pada bawang putih tunggal :
  1. Minyak Atsiri : Kandungan ini banyak didapat pada beberapa herbal seperti cengkeh, daun sirih, dan lain sebagainya. Disebut pula dengan minyak eterik, kemampuannya bersifat sebagai anti-bakteri dan antiseptik alami yang mempunyai aroma khas serta lebih mudah menguap. Karena termasuk dalam salah satu jenis minyak nabati, maka jika dimanfaatkan dengan benar maka akan bisa memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh.
  2. Protein : Senyawa alami yang satu ini memang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kinerja otot, otak, dan sebagai salah satu sumber energi yang diperlukan oleh tubuh. Dan jika dipelajari lebih lanjut, protein terdiri dari berbagai kumpulan zat dan molekul seperti oksigen, nitrogen, karbon, fosfor, asam amino, hidrogen, dan sulfur. Protein mempunyai fungsi untuk memenuhi kebutuhan energi selain karbohidrat dan lemak.
  3. Allicin : Meskipun allicin mempunyai sifat yang tidak stabil, zat ini mempunyai peranan yang cukup baik dalam menekan pertumbuhan jamur pada tubuh. Selain itu juga cocok untuk mencegah pertumbuhan bakteri, kuman ataupun virus. Allcin tergolong dalam jenis senyawa thiosulfinate yang mudah menguap dan sangat sulit dilarutkan dengan air.
  4. Fosfor : Termasuk pada turunan kalsium yang sangat membantu dalam pertumbuhan serta pembentukan tulang dan gigi. Terkait pula untuk beberapa pencegahan penyakit seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  5. Kalsium : Salah satu kimia alami ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Peranannya cukup berpengaruh pada metabolisme tubuh. Salah satunya ialah untuk penghubung antar sistem syaraf, membantu pergerakan otot, dan juga menunjang kinerja dari jantung.
  6. Lemak : Dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, lemak mempunyai peranan penting untuk tubuh khususnya dalam memenuhi kebutuhan energi harian. Pada zat ini terdapat beberapa molekul yag diantaranya berupa oksigen, digliserida, fosfolipid, asam lemak, hidrogen, monogliserida, sterol, glikolipid, dan terpenoid. Lemak juga berfungsi sebagai cadangan makanan bagi anda yang sedang menjalankan diet.
  7. Zat Besi : Zat ini banyak terdapat pada sayuran hijau dan beberapa jenis makanan tertentu. Fungsinya untuk tubuh ialah sebagai penunjang untuk pembentukan sel darah merah. Jika ditelisik lebih singkat, manfaat terkait dengan zat besi ialah untuk melancarkan sirkulasi darah, mencegah hipertensi, mengatasi anemia, dan lain sebagainya.
  8. Belerang : Tidak hanya berupa batuan yang seperti anda kenal pada umumnya, belerang juga bisa terdapat pada air atau juga pada jenis makanan yang anda konsumsi. Salah satu yang terdapat belerang ialah bawang putih tunggal yang ciri khasnya bisa dikenali dengan aroma atau bau tajam yang dikeluarkan. Dikarenakan belerang sudah terdapat dalam allicin, maka manfaat dan fungsinya bisa anda lihat pada rincian diatas.
  9. Multi Vitamin : Pada bawang putih tunggal terdapat beberapa vitamin yang kesemuanya mempunyai peranan serta fungsi masing-masing. Vitamin tersebut terdiri dari Vitamin A, B1, dan juga vitamin C. Sedangkan peranannya ialah : Vitamin A baik untuk indera penglihatan (mata) khususnya dalam menjaga kesehatan dan juga kejernihan pandangan, Vitamin B1(thiamine) berfungsi sebagai pemecah lemak dan protein guna memenuhi kebutuhan energi dan perkembangan otot serta sistem syaraf, Dan Vitamin C yang kebanyakan ialah sebagai antioksidan yang bisa menguatkan sistem imun dan menguatkan tubuh agar lebih kebal terhadap serangan penyakit. Sedangkan vitamin C sendiri bisa didapat dari berbagai buah yang anda konsumsi setiap hari.
  10. Alilpropil-disulfida dan Diallysifide : Senyawa ini bersifat sebagai anti-cacing yang peranannya sebagai pencegah pertumbuhan cacing dalam tubuh. Baik juga untuk mengobati cacingan.
  11. Saltivine : Zat ini memang terdapat pada bawang putih dan khasiatnya cukup penting dalam menunjang pertumbuhan sel dan jaringan pada tubuh. Jaringan tersebut mencakup sistem syaraf dan sel-sel tubuh lain yang peranannya cukup penting bagi tubuh.

Nah, jika anda melihat beberapa manfaat diatas, pastinya anda sudah paham dan bisa menilai sendiri hal apa saja yang bisa diatasi dengan menggunakan bawang putih tunggal. Namun anda tidak bingung, dibawah ini kami juga menyediakan beberapa daftar jenis penyakit yang bisa anda atasi dengan menerapkan bawang putih tunggal sebagai jamu atau obat herbal yang cukup ampuh. Penasaran? Mari kita simak sama-sama!

20 Khasiat Bawang Lanang (Bawang Putih Tunggal) Untuk Kesehatan

#1.Bersifat Antioksidan Untuk Kanker
Mungkin anda sudah pernah membaca akan fungsi antioksidan pada beberapa blog kesehatan di internet. Zat ini mempunyai peranan untuk menguatkan sistem imun dan juga sebagai penangkal beberapa jenis penyakit seperti kanker. Antioksidan ini cukup penting sehingga tubuh lebih sehat secara optimal.

==> Yuk Simak Juga : 13 Khasiat B Complex Untuk Kesehatan Tubuh

#2. Mengeluarkan Racun Dalam tubuh
Dalam baang putih tunggal juga terdapat zat organosulfida yang perananannya bisa membantu kinerja hati untuk bekerja lebih maksimal. Hati juga berperan untuk menetralkan racun yang salah satunya ialah racun penyebab kanker perut dan usus besar. Dan beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi bawang putih akan lebih kebal terhadap jenis penyakit berbahaya seperti kanker dan lain sebagainya.

#3. Meringankan Gejala Flu
Bagi anda yang sedang mengalami gangguan sistem pernafasan seperti pilek atau flu, mungkin bawang putih tunggal bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Hal ini karena pada bawang tunggal terdapat kandungan phytochemical yang bisa membantu untuk membunuh bakteri atau kuman penyebab influenza. Tidak hanya jenis bakteri yang dimaksud, namun juga bisa membunuh bakteri lain  atau virus yang bisa menyebabkan penyakit.

#4. Melancarkan Sistem Pernafasan
Anda sudah mengetahui bahwa bawang putih tunggal sangat baik untuk meringankan gejala flu. Selain itu, zat yang dimaksud (belerang dan phytochemical) bisa melancarkan saluran pernafasan yang bisa mengeluarkan lendir atau dahak. Dan bisa dikaitkan juga bahwa bawang ini bisa mencegah anda dari penyakit asma (sesak nafas) dan penyakit batuk.

#5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Zat besi pada bawag tunggal mempunyai fungsi yang cukup baik dalam melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain baik untuk mencegah anemia (karena menunjang produksi sel darah merah), zat ini juga akan membuat anda terhindar dari yang namanya hipertensi (tekanan darah tinggi).

#6. Menurunkan Kolesterol Jahat
Manfaat ini didukung dengan adanya kandungan allicin pada bawang putih tunggal. Banyak dari penelitian yang sudah membuktikan bahwa manfaat bawang ini terbilang cukup mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 12% dengan jangka waktu 4 minggu (1 bulan). Dikarenakan bawang putih menjadi salah satu agen penurun lemak yang cukup ampuh, maka bisa diambil kesimpulan pula bahwa bawang ini bisa mencegah penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh.

#7. Meningkatkan Daya Ingat
Manfaat didapat karena beberapa kandungan yang bisa diperoleh dari bawang putih tunggal. Dan kandungan tersebut bisa mencegah terjadinya kerusakan pada sel neuron pada otak. Apabila anda mempelajarinya lebih jauh, bawang putih tunggal bisa menunjang pertumbuhan sel neuron baru sehingga bisa mempertahankan daya ingat dan bahkan bisa lebih kuat dari sebelumnya.

#8. Menjaga Stamina Tubuh
Sebenarnya manfaat ini bisa dikaitkan dengan antioksidan yang perannya ikut andil dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Sedangkan untuk stamina, bawang putih tunggal terbilang sangat manjur guna menjaga tubuh tidak mudah lemah, mudah capek ataupun beberapa keluhan lain terkait dengan menurunnya semangat hidup.

#9. Menjaga Kehamilan Bagi Ibu Yang Mengandung
Bawang putih tunggal bisa mencegah beberapa gangguan terkait dengan kehamilan. Salah satunya ialah gangguan terhadap perkembangan janin. Hal ini karena kineja enzim dalam tubuh bekerja normal dan bahkan bisa meningkatkan bobot janin serta lebih sehat ketika dilahirkan.

#10. Mencegah Terjadinya Osteoporosis
Kalsium pada bawang tunggal bisa mencegah anda dari pengeroposan tulang. Hal ini karena kepadatan tulang dan juga gigi lebih terjaga. Sudah sangat tidak heran karena pada bawang ini terdapat kalsium dan fosfor yang menunjang fungsinya lebih maksimal untuk mencegah osteoporosis.

# Manfaat Bawang Putih Tunggal Lainnya
Tidak hanya dari 10 manfaat yang sudah kami sebutkan diatas. Khasiat bawang putih tunggal juga bisa mencegah naiknya gula darah (diabetes) karena bisa mengontrol agar lebih stabil, menyuburkan pertumbuhan rambut dan kuku. merawat wajah agar terhindar dari masalah jerawat, mencegah peradangan (Anti-inflamasi), mencegah pegal linu, menghilangkan rasa capek, mengatasi gejala rematik, meregenerasi sel syaraf yang rusak, membuat tubuh lebih rileks (bersifat menenangkan), melancarkan sistem pencernaan (mencegah sembelit, ambeien, dan disentri), dan mencegah terjadinya penuaan dini (kulit akan lebih kencang secara alami).

==> Yuk Baca Juga : 22 Khasiat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah Ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai 20 Khasiat Bawang Lanang (Bawang Putih Tunggal) Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami bahas ini bisa menambah wawasan dan menjadikan anda lebih paham akan segala obat yang bisa anda peroleh dari lingkungan sekitar. Jangan lupa dishare jika artikel ini dirasa bermanfaat! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *