17 Khasiat Air Cucian Beras Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Air Cucian Beras mempunyai begitu banyak kegunaan jika anda paham dan sering membaca untuk mencari informasi yang benar. Sebab air yang sering dianggap limbah ini ternyata masih bisa digunakan untuk alternatif perawatan kecantikan maupun kesehatan. Manfaat Air Cucian Beras mencakup untuk merawat kulit agar terhindar dari tanda-tanda penuaan, serta membuat tubuh lebih sehat. Dan bagi anda yang ingin memaksimalkan fungsi dari air cucian air beras, mungkin postingan kami kali ini akan membuat anda lebih teliti serta tidak meremehkan dan membuangnya begitu saja. Berikut rangkuman selengkapnya.

17 Khasiat Air Cucian Air Beras Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Air Cucian Beras, jika dibaca dari namanya saja merupakan suatu hal yang bersifat sisa atau limbah. Sehingga dalam hal ini tidak banyak yang memanfaatkan atau langsung membuangnya. Padahal dari kepercayaan jawa khususnya dalam hal primbon, air cucian beras bisa membuang sial, melepaskan dari pengaruh ilmu hitam dan hal lain yang bersifat negatif. Tata caranya ialah dengan menyiramkan air tersebut di halaman rumah atau toko maupun warung jika anda mempunyai usaha. Sangat berbeda dengan air mawar, air tebu dan air kelapa, ketiganya memang sudah umum digunakan serta manfaatnya sudah banyak dibuktikan. Namun air beras sering terbengkalai dan bahkan dibuang begitu saja.


Beras? Ya butiran putih yang merupakan bahan pembuat nasi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat di Indonesia. Setiap hari nasi menjadi pangan pokok dan menjadi suatu kebutuhan yang memang harus dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan tenaga harian. Tapi yang dibahas disini bukanlah masalah nasinya, melainkan air air cucian sebelum nasi tersebut dimasak. Dari berbagai penelitian, air beras mempunyai kandungan oryzanol yang mampu merawat kulit dari kerusakan. Salah satunya ialah menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan.

17 Khasiat Air Cucian Beras Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Nah, yang menjadi topik pertanyaan ialah : Apa saja khasiat air cucian air beras untuk kesehatan dan kecantikan? Jika kami rangkum dari Kesehatandia.Blogspot.Com, air cucian beras ini mempunyai manfaat yang terbagi dalam 4 kelompok. Beberapa diantaranya ialah untuk kesehatan (pada umumnya dikonsumsi), dan Kecantikan yang terbagi lagi untuk merawat kulit, rambut dan wajah. Agar anda lebih jelas, Yuk langsung saja simak rincian berikut ini!

2 Khasiat Air Cucian Beras Untuk Kesehatan

#1. Dimanfaatkan sebagai pengganti ASI bagi kalangan masyarakat miskin di pedesaan. Bagi anda selaku ibu yang sedang menyusui, jika tidak sanggup membeli susu sebagai pendukung tumbuh kembang bayi, maka sangat cocok jika menggunakan air beras sebagai alternatif. Caranya pun cukup mudah, dengan hanya memasak nasi sebagaimana mestinya, jika sudah mendidih, tuangkan air pada wadah (mangkok), beri sedikit garam kemudian diminumkan.

#2. Melancarkan Sistem Pencernaan khususnya dalam mengatasi sembelit. Air beras membuat lambung menjadi hangat, menjaga kesehatan usus, dan juga membuat feses lebih lembut. Cara yang perlu diterapkan cukup dengan mengambil air nasi yang sudah mendidih (biasanya air ini kental), tambah sedikit garam kemudian makan selagi hangat.

7 Khasiat Air Cucian Beras Untuk Wajah

#3. Mengangkat Kotoran Pada Wajah yang pada umum terjadi penumpukan serta menimbulkan jerawat jika menyumbat dan menutupi pori kulit. Kotoran khususnya debu tidak bisa anda cegah, sebab meskipun anda tidak mempunyai kegiatan, tidak melakukan aktiftas diluar rumah, namun debu pasti saja menempel. Entah itu karena sisa bedak, penggunaan bantal waktu tidur dan lain sebagainya.

#4. Mengecilkan Pori Wajah Yang Terbuka. Sama halnya dengan point 3 diatas. Ukuran pori pada tiap individu cukup berbeda. Ada yang mempunyai ukuran pori kulit yang kecil namun ada juga yang besar. Bagaimana untuk mempersempit ukuran pori terebut? Salah satunya ialah dengan menggunakan air beras guna mencegah masuknya kotoran ataupun debu.

#5. Mencegah Timbulnya Komedo Dan Jerawat. Pada dasarnya komedo dan jerawat menjadi salah satu masalah yang tidak bisa dihindari. Entah itu karena penggunaan produk kecantikan yang salah, produksi minyak berlebih, atau juga penggunaan sabun serta aktfitas harian masing-masing individu. Bagaimana cara mencegahnya? Ada begitu banyak alternatif yang salah satunya ialah dengan air cucian beras.

#6. Menyamarkan Noda atau Flek Hitam Bekas Jerawat. Noda hitam ini yang terkadang menjadi suatu masalah umum yang dikeluhkan. Umumnya flek ini muncul karena bekas jerawat yang meninggalkan luka. Karena kulit masih sangat sensitif, sangat mudah berubah warna jika terkena paparan sinar matahari secara langsung. Bagaimana untuk menyamarkan flek hitam pada wajah? Tentu air cucian beras bisa jadi salah satu solusi yang bisa anda terapkan.

#7. Menyerap Minyak Berlebih Pada Wajah. Jika digunakan dengan baik dan benar, air cucian beras sangat berpengaruh dalam membersihkan minyak yang menumpuk pada wajah. Minyak ini terkadang menjadi masalah karena wajah akan terlihat kusam, lengket, mengkilap, dan secara tidak langsung akan mengurangi rasa percaya diri. Minyak berlebih pada wajah akan mampu diredam jika anda memanfaatkan air cucian beras dengan baik dan benar.


#8. Memudarkan Tanda-tanda Penuaan Dini. Dalam hal ini tidak sedikit kalangan wanita yang mengeluh atas kepercayaan diri menjadi berkurang. Sebab dengan adanya garis halus, keriput, mata panda, dan lain sebagainya. Menjadikan penampilan tidak sesempurna ketika mempunyai kulit kencang di waktu muda. Nah maka dari itu, tidak perlu menggunakan kosmetik mahal jika anda telaten. Sebab dengan air cucian beras saja semua masalah penuaan bisa teratasi.

#9. Mengembalikan Elastisitas Kulit. Sama halnya dengan tanda penuaan, kekencangan kulit akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Ciri umum ialah kulit menjadi lembek, tidak segar, kusam, dan lain sebagainya. Jika elastisitas terjaga, maka wajah anda akan tetap merona, tidak akan ada garis halus, dan tentunya wajah atau muka masih tetap cantik awet muda.

# Bagaimana Cara Menggunakan Air Cucian Beras Pada Wajah? Dikutip dari sumber, ada begitu banyak alternatif yang bisa anda terapkan. Namun yang paling umum ialah dengan cara dijadikan masker. Caranya ialah dengan menaruh air cucian beras pertama pada wadah dan dibiarkan hingga mengendap. Ambil endapan tersebut kemudian dioleskan pada wajah (bersihkan wajah terlebih dahulu) serta didiamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah kering wajah akan terasa kaku dan bilas secara perlahan dengan air bersih.

5 Khasiat Air Cucian Beras Untuk Rambut

#10. Membersihkan Kulit Kepala Dari Ketombe. Masalah ketombe mungkin bisa dirasakan oleh siapa saja dan mungkin semua orang sudah pernah merasakannya. Hal tersebut terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan, jarang keramas dan lain sebagainya. Ketombe bisa dibersihkan, entah itu menggunakan shampoo yang tepat atau juga menggunakan alternatif dari air beras.

#11. Membasmi Kutu Rambut. Sama halnya dengan ketombe, kutu menjadi salah satu penyebab dari timbulnya gatal pada kulit kepala. Jika tidak dibersihkan, maka kutu akan berkembang, meninggalkan telur pada rambut dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk membasmi kutu kepala ialah dengan mamanfaatkan cucian beras.

#12. Mempercepat Proses Pertumbuhan Rambut. Ada banyak keluhan terkait dengan lambatnya pertumbuhan rambut. Dan masalah ini sering dilontarkan oleh kalangan wanita yang ingin mempunyai rambut lebih lebat serta terlihat lebih mengembang. Terapi menggunakan air cucian beras sangat efektif dan mungkin anda akan sangat kagum dengan hasil yang didapat.

#13. Mejadikan Rambut Lebih Hitam Berkilau. Selain mempunyai rambut yang lebat, tentunya akan sangat bangga jika rambut yang anda miliki lebih hitam berkilau. Memang butuh waktu relatif lama mendapatkannya, namun jika dibandingkan dengan menggunakan pewarna. Penerapan air cucian beras lebih baik untuk kesehatan rambut.

#14. Menguatkan Akar Rambut. Nah yang menjadi masalah terakhir dari rambut ialah mengenai kerontokan. Rambut rontok, bercabang, dan sering patah menjadikan anda tidak percaya diri dengan cantiknya rambut yang anda miliki. Bagaimana cara akar akar rambut lebih kuat? Ada begitu banyak treatmen alami yang bisa anda terapkan. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan lidah buaya, dan juga air cucian beras termasuk didalamnya.

# Cara Penerapan Air Cucian Beras Untuk Rambut. Pertama anda ambil air pertama ketika anda mencuci beras. Tidak perlu menunggu untuk peroses pengendapan. Sebab air ini bisa langsung digunakan dan di aplikasikan pada rambut. Oleskan secara merata dan sangat cocok digunakan sebelum anda keramas.

3 Khasiat Air Cucian Beras Untuk Kulit

#15. Meratakan Warna Kulit. Banyak langan orang yang tidak sadar bahwa kulit mereka belang dan sangat umum terjadi pada wajah, lengan, betis, kaki dan lain sebagainya. Karena penggunaan air cucian beras secara rutin akan meratakan kembali warna kulit yang gelap. Maka sangat cocok bagi anda yang suka berjemur atau sering terkena paparan sinar matahari secara langsung.

#16. Memutihkan Kulit Secara Alami. Sama halnya dengan point 15 diatas, tidak hanya untuk merakatakan, namun air cucian beras sangat efektif untuk menjadikan kulit anda terlihat lebih putih layaknya artis korea. Kandungan Oryzanol pada air tersebut membuat kulit lebih kuat serta tidak mudah berubah meski terpapar sinar UV yang menjadi salah satu penyebab menghitam atau terbakarnya kulit.

#17. Menjadikan Kulit Lebih Lembab. Penggunaan secara berkala, air cucian beras akan menjaga kelembapan kulit sehingga tidak mudah kering ataupun munculnya kerutan pada kulit. Mempunyai kulit kering memang menjadi masalah, namun bisa teratasi jika anda lebih pintar dalam melakukan perawatan.

# Cara Penerapan Air Cucian Beras Untuk Kulit. Siapkan air cucian beras yang sudah diendapkan serta diambil tepung yang terdapat pada bagian bawah. Air bagian atas jangan dibuang sepenuhnya sehingga endapan tidak kental dan tetap encer agar lebih mudah dalam mengaplikasikan (bisa juga dengan menghaluskan beras menjadi gel atau pasta). Selanjutnya oleskan pada bagian kulit yang dikehendaki serta didiamkan sekitar 30 menit. Proses akhir ialah bilas. Agar hasil lebih maksimal (guna mencegah kulit kering), treatmen ini baik digunakan 1 minggu sekali.


Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami tulis tentang 17 Khasiat Air Cucian Beras Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan memberikan sedikit referensi sehingga kesehatan dan kecantikan yang anda kehendaki tetap terjaga. Share juga dengan teman agar artikel ini bermanfaat bagi yang lain. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel