Manfaat Dan Khasiat Asam Jawa Untuk Melancarkan Haid

Asam Jawa Untuk Melancarkan Haid? Apa saja khasiat, manfaat, dan bagaimana resep cara membuatnya? Dari begitu banyak pertanyaan terkait asam jawa, maka pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit penjabaran tentang jawaban yang dibutuhkan. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda menyimak artikel ini sampai selesai.

Manfaat Dan Khasiat Asam Jawa Untuk Melancarkan Haid

Seperti yang anda ketahui, asam jawa merupakan salah satu bahan yang umum dijadikan bumbu atau rempah pada masakan. Namun terlepas dari itu, daging buahnya yang mempunyai cita rasa asam, ternyata sangat baik untuk mengatasi berbagai permasalahan dengan kesehatan. Jadi sudah sangat tidak heran jika penggunaan asam jawa sebagai ramuan alternatif masih eksis hingga sekarang.

Jika dibahas secara singkat, asam jawa mempunyai peranan penting untuk mengatasi masalah datang bulan. Beberapa diantaranya ialah mencegah penggumpalan darah, mengurangi bau anyir, mengurangi nyeri saat menstruasi, dan tentunya ikut andil dalam melancarkan datang bulan tersebut.

Manfaat Dan Khasiat Asam Jawa Untuk Melancarkan Haid

Nah menapaki tentang keinginan seseorang khususnya kalangan wanita untuk bisa menjalani proses menstruasi secara lancar, serta tidak mengalami perut sakit (nyeri) dan juga punggung tidak terlalu kaku, maka sudah semestinya jika anda mencoba untuk mengkonsumsi air asam. Sebab kandungan nutrisi yang terdapat pada air asam mampu meredam rasa nyeri pada perut, mengurangi kram, dan juga mencegah rasa sakit ketika menstruasi. Disini rasa asam cenderung sangat segar sehingga diyakini mampu membuat pikiran orang lebih rileks dan tubuh terasa lebih ringan.

Apa saja bahan dan bagaimana cara membuat air asam tersebut? Berikut resep sederhana yang bisa anda siapkan terlebih dahulu. Bahan yang diperlukan diantaranya : 1 sdm asam jawa, 3 sdm gula pasir, dan 3 gelas air. Sedangkan untuk cara pembuatan ialah :
  1. Rebus air hingga mendidih
  2. Masukkan asam jawa kedalam air tersebut dan aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya masukkan gula pasir dan aduk hingga semua larut.
  4. Jika air sudah berubah warna sedikit kecokelatan dan mendidih sempurna, angkat air asam.
  5. Tunggu hingga hangat, saring dan tuang pada gelas saji.
  6. Dalam hal ini bisa juga dengan menambah sedikit garam untuk rasa yang lebih sedap.

Nah dengan melihat resep diatas, mungkin kesemuanya terlihat sangat sederhana, namun yang menjadi pertanyaan tambahan disini ialah : Apa saja manfaat dan khasiat dari asam jawa tersebut? Berikut rincian selengkapnya untuk anda.

1. Melancarkan Datang Bulan
Tergolong sebagai resep turun-temurun, air asam jawa merupakan jamu paling sederhana yang masih eksis hingga sekarang. Selain mempunyai manfaat yang cukup baik, tentunya bahan yang diperlukan pada resep tidaklah sulit. Jadi dibuat oleh siapa saja dan dimana saja. Manfaat terpenting dari air ini ialah melancarkan siklus haid agar lebih stabil.

2. Mengurangi Nyeri Pada Perut
Jika memang seorang wanita tulen, tentu sudah tidak usah dijelaskan lagi tentang dampak yang sering terjadi ini. Bisa karena faktor tidak lancarnya keluar darah mens, pada akhirnya membuat perut terasa begitu melilit. Namun anda jangan terlalu khawatir, selain penggunaan obat yang biasanya membutuhkan biaya lebih mahal, ada pula alternatif yang bisa menggunakan air asam jawa.

3. Mencegah Penggumpalan Darah
Dilansir dari berbagai sumber dan testimoni dari orang yang sudah pernah mencoba, ternyata air asam jawa ini juga sangat baik dalam mengencerkan darah. Sehingga dalam hal ini secara tidak langsung membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan tidak tersendat. Cukup dikonsumsi secara rutin, maka semua masalah terkait menstruasi akan segera teratasi.

4. Mengurangi Bau Amis / Anyir
Darah mens mempunyai aroma berbeda pada setiap orang. Ada yang hanya seperti darah biasa, namun adapula yang baunya sangat menyengat. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, cara sederhana yang bisa anda terapkan ialah dengan mengkonsumsi air asam jawa. Selain sederhana, pembuatannya pun sangatlah mudah.

5. Membuat Tubuh Terasa Lebih Nyaman
Ketika mengalami gejala mens, terkadang wanita sering mengeluhkan perasaan tidak nyaman. Dalam hal ini asam jawa mempunyai sedikit sifat menenagkan sehingga bisa mengurangi dampak tersebut. Rasa asam serta aroma pada air rebusan ini juga membuat tubuh menjadi lebih rileks (santai).

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Manfaat Dan Khasiat Asam Jawa Untuk Melancarkan Haid. Semoga bisa membantu dan memberikan sedikit tambahan referensi bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel