20 Khasiat Cuka Kurma Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Cuka Kurma belum begitu dikenal karena pada umumnya buah ini banyak dikonsumsi secara langsung. Dan seiring berkembangnya zaman, kini kurma sudah diolah menjadi suatu jenis kebutuhan konsumsi yang aslinya tidak mengurangi manfaat serta kegunaan didalamnya. Nah, bagi anda yang cukup penasaran seperti apa kandungan cuka kurma dan apa saja manfaat yang bisa anda peroleh jika mengkonsumsinya? Berikut kami sudah merangkum beberapa keterangan singkat terkait cuka kurma sehingga anda bisa menambah wawasan dan bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui!

20 Khasiat Cuka Kurma Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Cuka kurma merupakan salah satu olahan dari buah kurma yang di fermentasi sehingga berubah bentuk menjadi cairan kental hampir serupa dengan madu (berwana cikelat kental). Manis alami didalam cuka ini juga cukup aman bagi penderita diabetes. Sehingga bisa dikategorikan bahwa cuka kurma tidak membuat gula darah anda naik. Yang paling ialah, cuka kurma juga bisa dijadikan obat alternatif yang bisa meringankan beberapa gejala penyakit yang anda derita.


Nah yang sering dipertanyakan ialah : Apa saja kandungan gizi pada cuka kurma? Pertanyaan ini sebenarnya sudah bisa terjawab dengan melihat langsung pada bungkus atau dibalik kemasan produk yang dimaksud. Kandungan tersebut terdiri dari Vitamin C, Serat, Vitamin E, Vitamin B1, Beta-Karoten, Potassium, Vitamin B6, dan bio flavonoid. Disimak dari beberapa kandungan didalamnya, senyawa alami ini mempunyai peranan masing-masing bagi tubuh. Fungsi tersebut diantaranya :
  • Vitamin C : Vitamin ini mempunyai peranan penting dimana kegunaannya cukup baik sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Terkait pula untuk memperbaiki jaringan sel dan kulit.
  • Vitamin E : Berfungsi sebagai antioksidan khususnya untuk melindungi struktur sel penting dalam tubuh. Secara umum vitamin E dikenal untuk merawat kulit tetap kencang dan awet muda.
  • Vitamin B Kompleks (B1 dan B6) : Tergolong jenis vitamin B, kedua senyawa ini berperan sebagai pemecah lemak, protein, dan karbohidrat. Membantu produksi HCI (Asam klorida) serta menjaga dengan baik sistem pencernaan.
  • Serat : Senyawa ini erat kaitannya dengan sistem pencernaan, membantu proses dan penyerapan sari makanan yang dilakukan oleh tubuh. Jika kebutuhan serat anda terpenuhi maka tubuh akan terhindar dari yang namanya wasir dan penyakit usus seperti radang perut, kanker usus dan usus buntu.
  • Potassium (Kalium) : Berperan penting dalam mengatur kontraksi otot serta sistem syaraf. Kekurangan zat ini tubuh anda akan lebih mudah mengalami kram. Diambil kesimpulan, zat ini mengatur mendukung kinerja otot khususnya dalam gerak refleks.
  • Flavonoid : Zat ini terdapat dalam sejumlah besar jenis sayur dan buah yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Jika ditulis lebih rinci, peranan zat ini mencakup cukup banyak manfaat bagi dunia kesehatan. Salah satunya ialah mencegah penggumpalan trombosit, anti-alergi, anti-inflamasi, dan sebagai antioksidan untuk sistem imun yang khususnya untuk mencegah beberapa jenis kanker.
  • Beta Karoten : Senyawa ini merupakan pigmen yang memberikan warna pada jenis sayur ataupun buah. Sedangkan fungsinya boleh dibilang sangat ampuh untuk dunia kesehatan. Beberapa manfaat tersebut ialah untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, mengatasi gangguan sistem pernafasan, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mengontrol kadar gula darah (pencegahan diabetes), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meski sudah melihat beberapa keterangan diatas, tidak sedikit pula yang masih mempertanyakan akan manfaat cuka kurma. Padahal dalam islam juga sudah diterangkan bahwa buah kurma menyimpan jutaan khasiat yang kegunaannya cukup penting untuk dunia kesehatan maupun kecantikan. Dan bagi anda yang masih penasaran, alangkah baiknya jika melihat daftar singkat yang sudah kami tulis dibawah. Simak baik-baik ya...!!!

Khasiat Cuka Kurma Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

#1. Bersifat Sebagai Anti Inflamasi
Sifat anti-inflamasi disini merupakan salah satu zat yang kegunaan atau fungsinya cukup baik dalam mencegah atau bahkan mengatasi masalah peradangan (pembengkakan) pada tubuh. Penyakit yang terkait dengan radang tidak jauh dari masalah kulit dan beberapa organ lainnya. Salah satu dari jenis penyakit yang dimaksud ialah bisul, kanker, jerawat, dan lain sebagainya.

#2. Bersifat Sebagai Antipiretik
Peranan antipiretik bagi tubuh ialah ampuh untuk menurunkan panas atau suhu tubuh yang tinggi. Bisa juga untuk mengobati demam sehingga panas kulit anda cepat stabil. Selain itu cuka kurma juga baik untuk meredakan atau menghilangkan haus atau dahaga.


#3. Membersihkan Darah Kotor
Hampir sama dengan manfaat jamu, cuka kurma mampu mmbersihkan darah kotor dalam tubuh kita. Tidak terlepas dari itu saja, banyak sekali jenis penyakit yang bisa dicegah dengan adanya kegunaan ini. Salah satunya ialah jerawat, bisul, dan juga hipertensi karena juga dapat melancarkan sirkulasi darah.

#4. Membersihkan Racun Dalam Tubuh
Racun atau toksin dalam tubuh sudah sepatutnya anda keluarkan karena bisa mengganggu metabolisme dan tentunya sangat tidak sehat jika berkepanjangan didalam tubuh. Oleh karena itu, disini cuka kurma memberikan fungsi yang cukup baik sehingga bisa membantu kinerja liver (hati) supaya bekerja lebih maksimal. Dalam hal ini penyakit yang bisa anda cegah diantaranya obesitas (kegemukan), penyakit kulit, dan lain sebagainya.

#5. Memaksimalkan Pembakaran Kalori
Hampir serupa dengan racun, kalori yang menumpuk akan memuat anda lebih cepat gemuk. Sudah seharusnya anda memperbanyak olahraga dan mengkonsumsi cuka kurma guna sebagai alternatif untuk mempercepat pembakaran kalori menjadi tenaga.

#6. Melancarkan Produksi ASI
Manfaat ini sangat cocok bagi anda kalangan ibu yang sedang menyusui. Sebab cuka kurma bisa menjadi alternatif yang baik untuk melancarkan produksi dan keluarnya ASI yang nantinya berimbas pada kesehatan bayi. Selain memperbanyak sayur dan buah, cuka kurma bisa anda maksimalkan.

#7. Melancarkan Sistem Pencernaan
Dalam hal ini cuka kurma mempunyai fungsi baik dalam menjaga kesehatan usus. Selain itu, pergerakan dan pencernaan sari makanan akan lebih optimal sehingga metabolisme tubuh anda tidak terhambat dan terhindar dari yang namanya kelebihan berat badan.

#8. Menjaga Kepadatan Tulang Dan Gigi
Pada intinya cuka kurma mendukung penyerapan kalsium yang merupakan salah satu elemen penting pembentukan tulang ataupun gigi. Bisa juga dikonsumsi sebagai pendamping susu sehingga anda akan terhindar dari pengeroposan tulang (Osteoporosis).

#9. Mengatasi Masalah Haid
Terhubung dengan sistem peredaran darah, kalangan wanita mempunyai masalah bulanan yang terkadang terhambat atau mengalami gangguan. Hal tersebut bisa dipicu oleh berbagai faktor yang tiap individu mempunyai masalah yang berbeda. Untuk melancarkan keluarnya darah yang terhambat tersebut, mungkin cuka kurma bisa menjadi salah satu solusi yang bisa anda terapkan.

#10. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terdapat pada darah. Jika kolesterol jahat anda tinggi (minyak darah), maka semua metabolisme akan terganggu khususnya sistem sirkulasi darah. Maka dari itu anda harus pandai dalam menjaga pola makan serta mengkonsumsi cuka kurma.

#11. Menyeimbangkan Kadar Asid-Alkali dalam tubuh
Orang yang sehat mempunyai kandungan air, garam serta zat lain yang seimbang dalam tubuh. Dalam hal ini cuka kurma sangat cocok anda konsumsi sehingga kelebihan garam akan dikeluarkan yang pada akhirnya tubuh anda lebih sehat secara sempurna.

#12. Mengatasi Masalah Tenggorokan
Tenggorokan sangat penting kita jaga supaya tidak mengalami yang namanya peradangan, luka dan lain sebagainya. Perhatikan makanan yang anda konsumsi (Jaga pola makan) dan juga perbaiki kebiasaan anda yang kurang sehat.

#13. Mengobati Batuk
Cuka kurma juga cocok untuk menyembuhkan 2 jenis batuk yaitu batuk kering ataupun batuk berdahak. Karena masih ada kaitannya dengan tenggorkan, maka tidak fungsi ini mencakup begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Khususnya cocok pula bagi anda yang ingin menyembuhkan batuk berkepanjangan.

#14. Memperbaiki Fungsi Limpa
Organ yang satu ini mempunyai peranan penting dalam menjaga gula darah. Hormon insulin yang dihasilkan oleh limpa akan mampu membuat kadar gula anda lebih stabil. Jika limpa ini terganggu, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kesehatan seluruh tubuh anda juga akan terganggu.

#15. Mengembalikan Keremajaan Kulit
Cuka kurma kaya akan potassium yang fungsinya memang cukup terkait dengan keremajaan kulit khususnya bagi kaum hawa. Dalam memelihara kulit dari kekusaman, terbakar sinar UV, dan timbul tanda-tanda penuaan. Cuka kurma bisa mengatasinya sehingga anda tidak perlu bingung meskipun muncul garis halus, kulit berubah warna dan lain sebagainya.

#16. Mencegah Terjadinya Keracunan Obat
Tidak sedikit dari kalangan orang yang mengalami keracunan obat karena alergi ataupun penggunaanya yang belebihan. Guna menetralkan dan mengluarkan racun tersebut, maka coba cuka kurma ini dan kemungkinan besar masalah anda segera teratasi.

#17. Mencegah Terbentuknya Batu Empedu
Cuka kurma ikut andil dalam menjega kebersihan organ empedu anda secara optimal. Dikarenakan terdapat fungsi ini, maka lemak ataupun endapan empedu akan dikeluarkan dan mencegah batu atau masalah lainnya terbentuk.

#18. Mengatasi Masalah Perut
Ada saja yang mengeluh akan terjadinya gangguan apda perut, entah itu maag, nyeri perut atau lain sebagainya. Hal tersebut bisa dikarenakan asam lambung naik dan bisa juga terjadi yang namanya penyakit gastrik. Jenis penyakit ini berbahaya dan harus segera ditangani oleh ahli supaya penyakit anda tidak berkepanjangan.

#19. Menjaga Kesehatan Rahim
Bagi kalangan wanita, rahim merupakan organ penting yang perlu dijaga kesehatan serta kebersihannya. Pasca melahirkan, rahim terkadang masih kotor dan memerlukan langkah khusus agar rahim tersebut kembali bersih. Untuk merawat masalah kesehatan dan kebersihan rahim ini, mungkin anda bisa mengunakan cuka kurma sebagai bahan alternatif yang sederhana.

#20. Menjaga Kesehatan Mata Dan Telinga
Kedua indera yang kami sebutkan merupakan organ terpenting pada tubuh kita. Mata untuk melihat dan telinga untuk mendengar. Jika keduanya mengalami gangguan, maka tidak sempurnalah kinerja tubuh kita. Mata dan telinga patut kita jaga supaya tetap sehat dan kinerjanya tetap optimal.


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga 20 Khasiat Cuka Kurma Untuk Kesehatan Dan Kecantikan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda terkait dengan apa yang sudah kami bahas diatas. Sampai jumpa pada artikel kami selanjutnya dan selamat membaca!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *