21 Khasiat Sayur Pare Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Sayur Pare sebenarnya tidak jauh beda dengan jenis sayur lain Sebab sayur mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Dalam hal ini semua sistem metabolisme akan berjalan stabil. Entah itu sistem pencernaan, pernafasan, sirkulasi darah, dan lain sebagainya. Nah, apabila dibahas secara singkat, Manfaat sayur pare sangat membantu dalam menjaga daya tahan, melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kadar gula darah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, seperti apa pembahasan terkait sayur pare secara lengkap? Mungkin rincian dibawah ini akan sangat membantu dalam menjawab semua keingintahuan anda.

Pare atau yang dikenal dengan nama latin (Momordica charantia) merupakan salah satu jenis sayur merambat. Berbagai nama daerah yang bisa dikenal diantaranya pare pahit, prepareh, kambeh, peria dan masih banyak lagi yang lainnya. Ciri dari tanaman terletak pada daun yang bergerigi, buah melonjong dan habitatnya banyak terdapat di tegal, ladang serta pagar-pagar pinggir rumah. Untuk melihat detail lebih lengkap, mungkin gambar dibawah bisa membantu. Intinya hidup dari sayur pare ini adalah merambat dan menopang pada benda atau tanaman yang ada disampingnya.
20 Khasiat Sayur Pare Bagi Kesehatan

Hingga kini sayur pare masih familiar dan banyak dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Selain mempunyai begitu banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, sayur pare juga sangat mudah didapat sehingga orang-orang tidak perlu mencarinya. Nah yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan yang terdapat sayur pare? Simak artikel ini sampai selesai!

Dikutip dari beberapa sumber yang salah satunya adalah Wikipedia, Sayur pare mempunyai nutrisi yang cukup lengkap dibanding dengan jenis sayur lain. Adapun kandungan gizi tersebut mencakup : Glukosa, Serat, Lemak tak jenuh, Protein, Vitamin A, C, E dan K, Thiamine, Riboflavin, Asam Folat, Kalsium, Zat besi, fosfor, magnesium, kalium, natrium, zinc, Vitamin B6 dan B12. Dari kandungan tersebutlah yang nantinya akan memberikan jutaan manfaat bagi tubuh anda. Seperti apa khasiatnya? Yuk intip sama-sama!

21 Khasiat Sayur Pare Bagi Kesehatan

1. Melancarkan Sistem Pencernaan
Jika anda mempunyai keluhan mengenai sistem pencernaan, mungkin sayur pare bisa menjadi salah satu solusi yang bisa anda konsumsi. Sebab sayur ini kaya akan mineral yang sangat membantu dalam menjaga sistem pencernaan berjalan stabil. Mineral ini pula yang akan memaksimalkan penyerapan sari makan dan mencegah berbagai masalah terkait sembelit (Susah BAB), diare, disentri, dan lain sebagainya.

2. Menurunkan Panas (demam)
Sayur pare juga mempunyai sifat antipiretik yang berkemampuan untuk menrunkan demam atau panas tubuh. Sifat mendinginkan ini juga yang mampu mencegah panas dalam, sakit tenggorokan, dan masalah terkait sistem pencernaan.

3. Menambah Selera Makan
Rasa pahit pada sayur pare juga terbukti bisa menaikkan selera makan anda. Jika mempunyai kondisi tubuh yang kurang fit dan selera makan menurun, maka tidak ada salahnya mencoba konsumsi sayur ini. Sangat cocok pula bagi anda yang menjalani pemulihan tubuh pasca sakit.

4. Mengotrol Kadar Gula Darah
Dengan adanya kandungan mineral alami dan senyawa pada sayur pare, terbukti pula bahwa sayur ini sangat baik dikonsumsi bagi anda yang mempunyai masalah dengan gula darah. Sangat cocok untuk penderita diabetes (kencing manis), dan bagi anda yang ingin menormalkan serta menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Mencegah Anemia/Kurang Darah
Sayur pare juga diperkaya dengan kandungan zat besi yang bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan kata lain kandungan ini pula cocok untuk mengatasi anemia (kekurangan sel darah merah) dan beberapa masalah yang muncul seperti tubuh lemah, letih, lesu, pucat dan lain sebagainya.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Antioksidan alami pada sayur pare sangat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Bahkan dari serangan kanker dan tumor sekalipun. Dengan mengkonsumsi sayur ini, maka sistem umun lebih kuat dan tubuh lebih kebal dari serangan penyakit. Intinya tubuh akan lebih sehat dan fit.

7. Melancarkan Datang Bulan
Bagi anda kalangan wanita yang mempunyai keluhan terkait dengan datang bulan, mungkin sayur pare ini sangat cocok untuk anda konsumsi. Sayur ini mempunyai kemampuan untuk melancarkan haid (menstruasi) dan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.

8. Mencegah Osteoporosis
Kandungan kalsium dan fosfor pada sayur pare sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi. Sangat cocok untuk anak yang dalam masa pertumbuhan sehingga tulang, sendi dan juga gigi akan lebih kuat. Bagi kalangan lansia, sayur ini cukup baik dalam mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) sehingga tetap bisa beraktifitas layaknya anak muda.

9. Mengurangi Resiko Serangan Jantung
Sayur pare uga cukup baik untuk menjaga kinerja dan kesehatan jantung. Hal ini didapat dari kandungan zat besi yang mendukung dalam melancarkan sirkulasi darah sehingga kinerja dari jantung akan lebih stabil. Dengan kata lain organ penting anda ini tidak bekerja berat untuk memompa darah.

10. Mencegah Infeksi
Sayur pare diperkaya dengan senyawa alami yang mempunyai sifat anti-bakteri, anti-kuman, dan anti virus. Dengan kata lain tubuh akan terhindari dari adanya infeksi yang bisa saja disebakan oleh bakteri. Entah itu karena luka, makanan, dan juga lingkungan tempat anda tinggal.

Selain dari 10 daftar manfaat sayur per diatas, terdapat pula khasiat lain yang masih terkait dengan dunia kesehatan maupun kecantikan. Jika dilihat dari judul, kami merangkum ada 21 manfaat dan 11 lainnya ialah :

# Menjaga ketahanan serta perkembangan janin pada ibu hamil.
# Mencerdaskan dan meningkatkan konsentrasi otak.
# Mencegah penuaan dini seperti (Pengeriputan dan kulit kering).
# Menghilangkan ketombe dan kulit kepala gatal.
# Mencegah timbulnya penyakit kanker.
# Menyembuhkan penyakit kuning.
# Mengobati malaria.
# Menyembuhkan diare pada bayi (Menggunakan daun).
# Mengeluarkan cacing kremi.
# Membersihkan darah bagi ibu yang baru melahirkan.
# Mengatasi batuk.

Kandungan senyawa kimia alami yang terdapat pada tanaman pare sangat bervariasi. Seperti yang ada pada daunnya ialah : momordisina, momordina, carantina, resin, dan minyak. Akarnya mengandung asam momordial dan asam oleanolat. Serta pada pada buah terdapat albuminoid, karbohidrat, dan pigmen. Sedangkan pada biji ada senyawa berupa saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.

Ekstrak dari tanaman obat pare bisa didapat dengan mudah yaitu berupa kapsul yang kaya akan khasiat didalamnya. Namun untuk kehidupan sehari-hari, anda juga bisa memanfaatkan sayur ini sebagai salah satu menu dalam beberapa pilihan sayur lainnya.

Demikian Bahasan 20 Khasiat Sayur Pare Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel