12 Khasiat Kunci Pepet Untuk Tubuh

Khasiat Kunci Pepet Untuk Tubuh ini mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya sumber informasi yang bisa anda baca di dunia internet. Tidak terkecuali juga beberapa blog seperti yang kami tulis ini. Nah sebagai salah satu lansiran yang bisa anda petik, disini kami akan menyajikan tentang kegunaan, fungsi, dan juga manfaat dari kunci pepet. Seperti apa dan bagaimana keterangan tersebut? Ada baiknya bila anda menyimak artikel ini sampai selesai.

Khasiat Kunci Pepet Untuk Tubuh

Dilansir dari Wikipedia berbahasa Indonesia, Kunci Pepet sering disebut juga dengan Temu Rapet (Kaempferia Rotunda L.) yang kadang dikenal luas dengan sebutan kunir putih. Merupakan sejenis rimpang (rempah) yang umumnya dijadikan bumbu, resep jamu, dan ramuan herbal yang mempunyai khasiat juga baik bagi dunia kesehatan. Sedikit berbeda dengan kencur atau sejenisnya yang digunakan sebagai bumbu masak, temu rapet ini secara khusus hanya untuk dunia pengobatan.


Jika dilihat dari segi ciri khas, tanaman kunci pepet mempunyai bentuk daun dan bunga yang begitu indah. Tidak heran jika tanaman ini sering ditanam dipekarangan rumah sebagai tanaman hias dan bahkan bisa menggunakan berbagai media seperti pot. Agar anda lebih mengenal, beberapa nama daerah yang sering digunakan untuk rimpang ini ialah Temu putri, temu lilin, ardong, kunir putih, kunci pet, konce pet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dibahas secara singkat, secara tradisional tanaman ini digunakan sebagai obat sakit perut dan juga meredakan gejala disentri. Umbi yang sangat kecil mempunyai kandungan air yang cukup besar dan tentunya bersifat mendinginkan. Tidak heran jika kunci pepet dijadikan bahan untuk bedak, campuran jamu untuk ibu melahirkan, penambah selera makan, serta beberapa bahan kebutuhan lain yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kunci pet juga umum digunakan untuk pembuatan wangi-wangian, anti-serangga, serta dijadikan bahan makanan sebagai sayur atau lalapan. Terlebih lagi, selain peran untuk dunia kesehatan, rimpang kunci ini juga dijadikan bahan kosmetik dengan berbagai kelebihan yang bisa anda peroleh.

12 Khasiat Kunci Pepet Untuk Tubuh

Dilansir dari berbagai sumber, dinyatakan bahwa resep obat alami traidisional disarikan dari hasil penelitian BPPT (IPTEKnet) dengan CODATA ICSU Indonesia. Keterangan ini direalisasikan pada tahun 2002. Manfaat yang anda peroleh didapat dari beberapa kandungan senyawa alami didalamnya. Kandungan tersebut mencakup minyak atsiri (aroma), sineol, metil khavikol, saponin, dan borneol. Sehingga dalam hal ini anda akan memperoleh jutaan khasiat yang tentunya sangat baik bagi tubuh. Untuk lebih ringkasnya anda bisa melihat rincian berikut :

1. Mempunyai Sifat Anti-Inflamasi
Anti-Inflamasi disini mempunyai peranan sebagai pencegah dan pereda adanya pembengkakan pada tubuh. Tidak terkecuali bengkak yang disebabkan oleh penyakit dalam maupun luar. Beberapa diantaranya ialah bisul, jerawat, luka, atau bengkak yang disebabkan oleh benturan.

2. Mempunyai Sifat Karminatif (peluruh Kentut)
Jika anda sedang mengalami masuk angin, tentu akan sangat baik jika anda mengkonsumsi ramuan ini. Sebab didalamnya terdapat kandungan bersifat karminatif yang bisa mengeluarkan angin dalam tubuh. Intinya anda akan terhindar dari masalah kembung, meriang dan lain sebagainya.


3. Mempercepat Penyembuhan Luka
Jika menurut dari yang kami kutip, beberapa kandungan pada kunci pepet juga sangat baik dalam mempercepat penyembuhan luka. Dalam hal ini luka yang dimaksud ialah goresan, akibat borok, bisul dan sejenisnya sehingga bisa cepat kering dan sembuh.

4. Menambah Selera Makan
Tidak mempunyai perbedaan yang mencolok dengan jenis rimpang seperti temulawak, disini kunci pepet juga mempunyai peranan penting dalam mengembalikan selera makan yang hilang. Baik untuk tubuh pasca sakit (masa pemulihan) ataupun untuk menjadikan tubuh telihat lebih montok.

5. Kaya Akan Antioksidan
Seperti yang anda baca diberbagai media informasi, antioksidan mempunyai fungsi yang cukup signifikan bagi tubuh. Disini aktioksidan berperan sebagai penangkal radikal bebas dan juga menguatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

6. Mempunyai Sifat Anti-Bakteri
Mungkin manfaat ini tidak mempunyai perbedaan dengan antioksidan, sebab peranan anti-bakteri cukup membantu dalam menghalau pertumbuhan kuman, virus, atau mikroba lain yang bisa merugikan kesehatan. Selain membuat tubuh lebih kebal, anti-bakteri ini juga akan menjaga tubuh tetap sehat secara alami.

7. Melancarkan Produksi ASI
Manfaat ini terbilang sangat penting bagi kalangan ibu yang sedang menyusui. Khususnya bagi yang pertama kali melahirkan dan membutuhkan nutrisi penting supaya asupan bayi dari ASi terpenuhi. Nah agar produksi ASi berjalan normal, kunci pepet akan membantu anda dalam memproduksi asupan makanan penting bagi bayi tersebut.

8. Mempercepat Proses Nifas
Kunci pepet sangat baik dikonsumsi bagi kalangan ibu pasca melahirkan. Selain bisa menjaga produksi ASI, ramuan dari kunci pepet ini akan membantu proses pembersihan darah dan sisi kotoran yang menempel pada rahim. Intinya rahim pasca melahirkan akan lebih cepat bersih dan kembali normal.

9. Bersifat Anti-Agregasi
Sifat ini ialah berperan sebagai pencegah pendarahan pada tubuh. Khususnya pencegahan masalah pada sumsum tulang belakang. Yang dimaksud disini ialah mencegah terjadinya agregasi pada trombosit (sel darah) pada tubuh.

10. Bersifat Anti-Poliferasi
Jika anda membaca pada berbagai komposisi jenis obat, tentu salah satunya ialah berperan sebagai antipolferasi. Sifat ini sangat baik dalam mencegah pertumbuhan sel yang merugikan bagi tubuh yang tidak terkecuali termasuk juga sel tumor ataupun kanker.

11. Meringankan Gejala Sakit Perut
Sakit ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang salah satunya bisa karena jenis makanan yang kita konsumsi. Disini kunci pepet bisa mengurangi nyeri yang ditimbulkan ketika sakit perut, jadi perut akan terasa lebih nyaman, tidak kembung, dan lain sebagainya.

12. Bersifat Mendinginkan
Sifat dingin yang terdapat pada kunci pepet sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya ialah untuk membuat perut lebih nyaman, mencegah panas dalam, dan juga mengurangi dampak dari demam. Intinya disini kunci pepet juga bisa menurunkan suhu tubuh yang tinggi tanpa harus memperhatikan usia.


Bagaimana Cara Mengolah (membuat ramuan) dan mengkonsumsi jamu dari kunci pepet? Menurut yang kami baca, ada 2 cara yang bisa anda gunakan untuk membuat ramuan dari kunci pepet. Dua cara tersebut terbagi untuk penggunaan luar dan juga penggunaan dalam. Intinya kedua cara sama saja dan bisa diterapkan sendiri dirumah.
  1. Untuk pengobatan Bengkak, Memar, dan Bisul (Pengobatan Luar) : Cukup siapkan kunci pepet secukupnya, cuci kemudian dihaluskan. Jika anda menggunakan kunci pepet bubuk, maka cukup ditambah sedikit air hingga membentuk pasta. Selanjutnya balutkan ramuan tadi pada area yang ingin anda obati.
  2. Untuk Mengeluarkan Angin (kembung), dan Pengobatan Dalam : Siapkan rimpang kunci pepet secukupnya dan cuci serta rebus dengan air hingga mendidih. Tunggu hingga hangat kemudian minum secara rutin. Jika anda menggunakan serbuk, maka seduh 1sdt bubuk kunci pepet dengan 1 cangkir air panas. Aduk hingga larut dan tunggu hingga hangat. Selanjutnya anda bisa meminum secara rutin.
Nah mungkin hanya itu saja yang bisa kami lampirkan untuk 12 Khasiat Kunci Pepet Untuk Tubuh. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel