50+ Khasiat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

Khasiat Wedang Uwuh dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang umumnya menyerang tubuh manusia. Hal ini bisa diketahui dari beberapa racikan yang terdapat didalamnya. Jika dibawah secara singkat, Manfaat Wedang uwuh berkemampuan untuk antioksidan alami yang bisa menangkal radikal bebas serta menguatkan sistem imun, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengatasi meriang, masuk angin, flu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang penasaran dengan apa saja komposisi dan cara pembuatan wedang uwuh, berikut artikel singkat dibawah ini mampu menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Yuk baca sampai selesai!

50+ Khasiat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

Wedang Uwuh merupakan salah satu minuman khas yang sudah sangat terkenal secara turun-temurun di daerah Yogyakarta. Minuman yang berasal dari bahan alami dedaunan ini hampir mirip dengan sampah. Hal ini tentunya bisa anda kenali dengan nama atau sebutan dari ramuan yang dimaksud. Wedang Uwuh (dalam bahasa Jawa) yang berarti wedang (minuman) dan uwuh (sampah). Jika disebut dalam bahasa Indonesia ialah Minuman sampah. Namun anda jangan melihat namanya, melainkan simak baik-baik manfaat serta khasiat yang bisa anda peroleh untuk kesehatan tubuh.


Pada awalnya wedang yang familiar ini sering diolah atau dibuat dengan cara yang sederhana, namun seiring dengan berkembangnya zaman, untuk saat ini jamu atau olahan rempah ni sudah bisa anda peroleh secara praktis dan mudah untuk dikonsumsi. Saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi salah satu jenis teh (celup) dan instan. Sedangkan untuk penyajian, biasanya wedang diminum dalam keadaan hangat (panas) dengan citarasa yang terbilang manis, pedas dan sedikit berwarna kemerahan. Anda juga tidak perlu khawatir meski tidak sudah mengkonsumsi jamu, karena rasanya tidak pahit dan aroma yang ditimbulkan sangat harum. Ada rasa pedas karena jahe, warna kemerahan karena secang, sedangkan aroma didapat karena perpaduan bahan yang terbilang sangat khas.

Jika anda menelisik komponen atau bahan dari pembuatan wedang uwuh, pasti anda sudah bisa menebak sendiri apa saja manfaat yang nantinya bisa anda peroleh. Dan komposisi tersebut mencakup batang, bunga, dan daun cengkeh, secang, jahe, pala, kayu manis, sereh, kapulaga, dan gula batu. Bahan-bahan inilah yang nantinya akan menjadikan tubuh anda lebih sehat. Sedangkan untuk khasiat masing-masing bahan diantaranya :
  • Jahe : Rimpang yang satu ini mempunyai rasa pedas dan mampu menghangatkan tubuh. Dalam hal ini jahe mempunyai khasiat untuk mengobati masuk angin, meriang, flu, menghilangkan rasa eneg, melancarkan sirkulasi darah, menguatkan lambung, meningkatkan selera makan, menghentikan diare, radang, dan bersifat antioksidan yang mampu menguatkan daya tahan tubuh.
  • Cengkeh : Zat dengan sifat anti-biotik ini mempunyai kandungan berupa : Karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, protein, lemak, vitamin B1, dan eugenol yang fungsinya untuk meringankan gejala sakit gigi, sinusitis, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, melancarkan haid, rematik, campak, mual, kembung dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Gula Batu : Bahan ini mempunyai citarasa yang manis dan sering digunakan untuk obat batuk dengan campuran bahan bunga belimbing wuluh, dan sayur mentimun. Untuk penerapan boleh dibilang sangat sederhana karena cukup dengan mencampurkannya saja.
  • Kapulaga : Bahan ini mempunyai kandungan senyawa berupa minyak atisiri, borneol, sineol, terpineol, gula, silikat, lemak, protein, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, kersik, sebinena, dan betakamfer. Senyawa ini mempunyai khasiat yang cukup ampuh unutk menghangatkan tubuh, obat batuk, dan baik untuk pencegahan pengeroposan tulang.
  • Pala : Pada bahan pembuatan wedang uwuh menggunakan buah beserta daun dari pala. Bahan ini mempunyai aroma semerbak dan berkhasiat cukup baik untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Zat kimia yang terkandung pada pala berupa flavonoid, saponin, dan polifenol yang fungsinya baik untuk menyembuhkan batuk berdahak, melancarkan sistem pencernaan, mengatasi kejang otot, meredakan nyeri, mengeluarkan angin dalam tubuh, insomnia (susah tidur), bersifat karminatif (melancarkan buang angin), antiemetik (mengatasi rasa mual dan keinginan muntah akibat masuk angin), mengurangi nyeri saat haid, meringankan gejala rematik, dan bersifat stomakik ( melancarkn sistem pencernaan dan meningkatkan selera makan).
  • Sereh (Serai) : Menggunakan akar dan daun sereh, edang uwuh mempunyai kemampuan sebagai peluruh seni (melancarkan saluran kencing), peluruh keringat, mengencerkan dahak, melegakan sistem pernafasan (mencegah asma/sesak nafas), mengobati batuk, obat kumur herbal, dan mampu menghangatkan badan sehingga bisa mengurangi dampak masuk angin seperti meriang dan menggigil. Selain itu serai juga bisa menambah selera makan, pengobatan pasca bersalin (setelah melahirkan), menurunkan panas dan kejang, serta ampuh untuk meluruhkan angin pada lambung (perut).
  • Kayu Secang : Kayu yang juga mempunyai nama latin Caesalpinia Sappan ini sebagai pewarna alami pada wedang uwuh yang umum digunakan pada daerah Yogyakarta. Herba ini berkhasiat sebagai obat sipilis (sifilis), Batuk darah, dan anti-inflamasi (peradangan). Selain itu beberapa penelitian menyebutkan bawah kayu secang mempunyai sifat antioksidan yang cukup tinggi serta baik untuk pencegahan kanker, mencegah hipertensi (melancarkan peredaran darah), dan mampu melegakan saluran pernafasan.
  • Kayu Manis : Wedang ueuh terdapat komposisi kayu manis beserta daunnya untuk menambah citarasa menjadi lebih nikmat beraroma harum. Kayu manis juga mempunyai sifat antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit serta ampuh untuk mengatasi sakit perut, kembung, masuk angin, sakit kepala karena sinus, menghilangkan rasa capek (mengatasi kelelahan), serta mencegah obesitas (kelebihan berat badan).
Bagaimana? Apa manfaat dari masing-masing bahan yang sudah kami sebutkan diatas masih kurang? Jika iya, mungkin daftar singkat yang sudah kami rangkum dibawah ini bisa mewakili rasa penasaran anda terhadap ramuan wedang uwuh. Berikut selengkapnya!

Khasiat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

#1. Kaya Akan Antioksidan
Senyawa ini berkhasiat untuk menambah daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Dengan begitu tubuh anda akan sehat secara maksimal dan tidak mudah sakit karena perubahan musim, alergi, dan lain sebagainya.


#2. Bersifat Anti-Inflamasi
Sifat ini erat kaitannya dengan pencegahan adanya radang pada tubuh. Entah itu radang lambung, sistem pencernaan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Entah itu radang bawaan penyakit atau bengkak yang disebabkan oleh benturan.

#3. Mempunyai Sifat Analgesik
Analgesik pada wedang uwuh ini cocok untuk meredakan nyeri pada tubuh. Baik yang timbul saat haid, sakit gigi, sakit kepala, dan lain sebagainya. Sifat ini banyak terdapat pada obat pereda nyeri dan tentunya anda bisa memperolehnya juga dengan hanya mengkonsumsi wedang uwuh.

Selain ketiga manfaat yang sudah kami tulis diatas, anda bisa melihat sendiri kegunaan lain dengan membaca bahan-bahan yang sudah kami sebutkan. Karena disitu anda sudah bisa menebak sendiri fungsi wedang uwuh ini jika dikonsumsi secara berkala. Namun masih termasuk dalam topik, ada pula yang mempertanyakan bagaimana cara pembuatan wedang uwuh. Maka dari itu kami berusaha mengumpulkan informasi terkait resep dan tata cara pengolahan. Berikut bahan dan langkah-langkah yang perlu anda lakukan.

Bahan-bahan pembuatan Wedang Uwuh :
Wedang ini terbuat dari : Rimpang Jahe (secukupnya), Kayu Secang, Cengkeh (Bunga, Daun dan Batangnya), Kayu Manis (Kayu dan daunnya), Pala (biji dan daunnya), Sereh (Akar dan daun), kapulaga dan gula batu. Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah dengan mempersiapkan bahan-bahan yang sudah kami sebutkan diatas.

Langkah Dan Cara Pembuatan :
Untuk membuat ramuan wedang uwuh, langkah awal ialah mencuci semua bahan yang sudah anda persiapkan tadi. Selanjutnya ialah :
  1. Bakar jahe (rimpang jahe) sampai mengeluarkan aroma harum dan kemudian digeprek (memarkan/pipihkan) sampau hancur.
  2. Masukkan semua bahan (kecuali gula batu) kedalam panci dan masak dengan air hingga mendidih dan menggunakan besaran api sedang. (paling tidak selama kurang lebih 16 menit).
  3. Setelah itu angkat dan tiriskan hingga ramuan menjadi hangat (tidak panas lagi).
  4. Saring dan masukkan gula batu sebelum dikonsumsi.
  5. Jamu atau wedang uwuh sudah siap diminum selagi hangat.
Cukup mudah dan sederhana cara pembuatan wedang uwuh. Namun terkadang memperoleh kendala ketika mencari atau mengumpulkan bahan yang dibutuhkan. Tapi anda jangan khawatir, sebab saat ini sudah banyak yang menjual ramuan ini sehingga anda tidak perlu repot untuk membuatnya sendiri dirumah.


Demikianlah sedikit ulasan mengenai 50+ Khasiat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan memberikan referensi yang baik bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..!!! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *