17 Khasiat Sawi Putih Dan Kandungannya

Khasiat Sawi Putih yang tergolong jenis sayur ini memang terbilang cukup banyak jika melihat dari sisi kandungan didalamnya. Dikutip dari beberapa sumber di internet dan beberapa hasil penelitian, sawi putih terbukti kaya akan nutrisi dan berkhasiat cukup baik bagi dunia kesehatan. Jika dibahas secara singkat, sawi putih mampu menjaga sistem pencernaan, mencegah serangan jantung, menguatkan sistem umun serta masih banyak lagi yang lainnya. Nah jika anda penasaran mengenai apa saja kandungan dan fungsinya, mungkin rincian dibawah ini bisa membantu dalam menjawab semua pertanyaan anda.


Sawi putih merupakan sayur yang mempunyai bentuk hampir serupa dengan daun kol (kubis). Dari hari-kehari sayur ini semakin familiar dan dikenal oleh kalangan ladies karena dipercaya mampu mengontrol berat badan. Karena manfaat ini sayur sawi putih sering dijadikan salah satu menu diet untuk menjaga postur tubuh tetap langsung dan ideal. Sedangkan untuk mengkonsumsinya pun terbilang sangat mudah. Ada beberapa yang dikonsumsi mentah (sebagai jus atau lalapa), dan ada juga yang melalui proses masak (dikuah, tumis, dan di kukus). Semua tergantung dengan selera anda.

17 Khasiat Sawi Putih Dan Kandungannya

Kandungan Sawi Putih juga menjadi salah satu topik yang sering dipertanyakan. Menurut dari beberapa penlitian, sayur ini mempunyai nilai gizi seperti : Vitamin C, Asam Folat, Magnesium, Potassium, Vit.E, Zat besi dan vitamin K. Jika melihat dari beberapa kandungan tersebut, tentu sawi putih tidak kalah dengan sayur lain yang manfaatnya sangat baik untuk proses metabolisme tubuh. Adapun beberapa fungsi dan kegunaan sawi putih bagi tubuh ialah :

17 Khasiat Sawi Putih Dan Kandungannya

#1. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Dengan adanya kandungan vitamin C yang tinggi, tentu sawi putih juga mempunyai peranan penting dalam menjaga imunitas tubuh. Dalam hal ini daya tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas.

#2. Menjaga Kesehatan Jantung
Adanya manfaat yang menjaga sirkulasi darah, sawi putih juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Pengkonsumsian secara rutin akan menurunkan resiko terkena serangan jantung dan mengurangi dampak-dampak buruk terkait organ penting bagi tubuh tersebut.

#3. Mempunyai Sifat Anti Kanker
Selain berperan sebagai antioksidan, Vitamin C pada sawi putih juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor pada tubuh. Penyakit mematikan ini bisa menyerang siapa saja dan sudah sepatutnya jika anda melakukan pencegahan sedari dini. Faktor pemicu sangat bervariasi, tergantung anda mau meneapkan pola hidup sehat atau tidak. Mengkonsumsi sayur sawi putih merupakan salah satu alternatif yang bisa anda terapkan.

#4. Menjaga Kepadatan Tulang Dan Gigi
Bagi anda yang kurang mempunyai gaya hidup tidak sehat, mungkin tidak akan terpikir bahwa tulang dan juga gigi juga membutuhkan perawatan. Hal ini bisa anda peroleh dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung kalsium dan fosfor guna menjaga kepadatan tulang dan gigi. Seiring bertambahnya usia, tulang akan semakin rapuh dan mengalami pengeroposan. Namun hal itu bisa anda cegah dengan beberapa hal yang sudah kami sebut diatas.

#5. Mengatasi Anemia
Salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi ialah berkurangnya sel darah merah dalam tubuh. Gejala ini bisa muncul karena beberapa faktor yang mungkin tidak terduga. Entah itu karena kurangnya asupan nutrisi atau juga karena gaya hidup anda yang tidak sehat. Anemia (kekurangan darah) bisa diatasi dengan mengkonsumsi suplemen atau juga memperbanyak makan sayuran hijau seperti sawi putih.

#6. Mempunyai Sifat Anti-Inflamasi
Sifat ini berguna untuk mencegah dan mengatasi adanya peradangan pada tubuh. Bengkak seperti jerawat, radang tenggorokan, memar dan lain sebagainya bisa ditangani dengan mengkonsumsi obat, ramuan herbal serta beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan nutrisi tepat. Sawi putih bersifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi dampak dari peradangan.


#7. Mengontrol Kadar Gula Darah
Meski mempunyai rasa sedikit manis, sawi putih tidak mempunyai kandungan kalori (gula) yang tinggi. Hal ini sangat sesuai bagi anda yang memiliki keluhan terkait dengan penyakit diabetes. Meski tidak mampu mengobati secara signifikan, namun dengan adanya sayur ini penyakit gula darah bisa dicegah.

#8. Meringankan Gejala Sariawan
Seperti yang sudah kami sebut diatas, Vit.C pada sawi putih sangat baik dalam mengatasi masalah sistem imun. Sariawan merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan oleh melemahnya daya tahan. Dengan mengkonsumsi sawi putih, tentu masalah sariawan anda akan sembuh secara bertahap.

#9. Mengatasi Insomnia
Mungkin pola hidup yang kurang sehat ini terbilang bukan jenis penyakit. Namun jika berangsur dan bertahan lama, maka tidak menutup kemungkinan bahwa akan menimbulkan keluhan penyakit lain. Dikarenakan sawi putih juga mempunyai sifat menenangkan, kandungan didalamnya akan membuat pikiran lebih rileks dan secara tidak langsung akan mengurangi gejala-gejala susah tidur.

#10. Melancarkan Sistem Pencernaan
Selain mempunyai vitamin yang cukup lengkap, sawi putih juga diperkaya dengan mineral yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dalam hal ini sawi putih berperan untuk mencegah sembelit (susah BAB), diare, disentri, dan lain sebagainya. Dengan kata lain sistem-sistem pencernaan terkait dengan usus dan lambung akan lebih sehat.

#11. Mencegah Infeksi Pada Tubuh
Manfaat ini didapat dengan adanya sifat anti-bakteri dan mikroba yang cukup penting bagi tubuh. Sifat ini pula yang mampu mengatasi dan bahkan mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh kuman atau bakteri yang merugikan.

#12. Menjaga Kesehatan Kulit
Sangat digemari oleh kalangan wanita, sayur ini berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Mineral pada sawi putih mampu menjaga kelembapan kulit sehinga meminimalisir munculnya tanda-tanda penuaan. Seperti halnya garis halus dan keriput pada wajah, mengurangi kulit bersisik, dan cocok untuk mencegah penuaan dini.

#13. Mencegah Obesitas
Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh kalangan wanita. Dengan postur tubuh yang kurang ideal seperti kegemukan dan perut buncit, maka menjadikan penampilan kurang menarik dan kurang percaya diri. Bagaimana supaya tubuh berat badan tetap stabil? Tentu dengan rajin berolahraga serta memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

#14. Menurunkan Kolesterol
Lemak darah ini sering menjadi pemicu beberapa masalah terkait dengan kesehatan. Dengan adanya kandungan kolesterol tinggi, metabolisme tubuh tidak bisa berjalan secara optimal. Ada beberapa jenis bahan pangan yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Salah satunya ialah sawi putih.

#15. Baik Untuk Ibu Hamil
Asam folat pada sawi putih mampu mendukung perkembangan janin bagi ibu yang sedang hamil. Kandungan ini pula yang bisa mengurangi resiko bayi cacat bawaan lahir. Jadi bayi anda akan sehat dan pertumbuhannya lebih optimal.

#16. Melancarkan Sirkulasi Darah
Khasiat ini yang juga mendukung kinerja dari jantung. Dengan kemampuan untuk menjaga peredaran aliran darah, maka masalah terkait dengan hipertensi akan segera teratasi. Konsumsi secara rutin akan menjadikan tubuh terbebas dari masalah tekanan darah tinggi.

#17. Mencegah Gondok (Gondongan)
Nutrisi yang lengkap dan antioksidan pada sawi putih sangat baik dalam mencegah beberapa jenis penyakit. Salah satunya ialah gondongan yang sering terjadi pada kalangan anak-anak. Selain berkonsultasi dengan dokter,sawi putih juga dijadikan alternatif.

Tambahan !!!
Meski sangat baik untuk perkembangan janin, namun bagi kalangan ibu yang masih hamil muda juga ada yang melarang untuk mengkonsumsi sayur ini. Sebab beberapa kandungan didalamnya dipercaya mampu menyebabkan keguguran karena mampu memicu datangnya menstruasi.


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami tulis mengenai 17 Khasiat Sawi Putih Dan Kandungannya. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jadikan artikel ini sebagai salah satu referensi dari beberapa artikel yang anda baca di internet. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *