8 Khasiat Daun Ki Tolod Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Ki Tolod memang banyak sekali bagi kesehatan. Pada umumnya tanaman ini digunakan sebagai obat mata dan peradangan. Namun dibalik semua itu kita juga harus hati-hati dalam menggunakannya karena juga terdapat racun yang mungkin saja berdampak buruk jika tidak digunakan dengan tepat dan benar. Maka dari itu, untuk sekedar memberi informasi dan menambah wawasan, pada kesempatan ini kami akan berbagi sedikit rangkuman yang membahas apa itu tanaman ki tolod serta apa saja manfaat ki tolod tersebut untuk kesehatan.

Khasiat Daun Ki Tolod Untuk Kesehatan

Ki Tolod (Nama Latin : Isotoma longiflora Sinonim Launrentia longiflora L.) adalah sejenis tanaman semak yang banyak kita temukan pada pinggiran selokan (pematang sawah), pingiran rumah, dan juga kebun atau ladang yang tidak terpakai. Nama panggilan lokal untuk tanaman ini dikenal dengan sangkobak, daun tolod, dan kendali.

Lihat Juga : 16 Khasiat Ketul Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan batangnya yang berbentuk terna dengan ketinggian batang mencapai 60cm, mempunyai percabangan dari pangkal serta mempunyai getah putih yang beracun. Daun tunggal berujung runcing, tepi daun bergerigi warna hijau. Sedangkan bunga tunggal dengan mahkota berbentuk bintang warna putih. Untuk perkembangbiakan biasanya menggunakan sistem stek, anakan dan penanaman kembali biji yang sudah kering.

Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada Ki Tolod?
Jika dirangkum dari berbagai sumber, pada bagian daun ki tolod mempunya zat berupa alkaloid, flavonoid, saponin, dan polifenol. Sedangkan getahnya mempunyai sifat racun yang sangat tinggi sehinga boleh dibilang cukup berbahaya.

8 Khasiat Daun Ki Tolod Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-kanker yang berguna untuk mencegah dan menyembuhkan kanker serta tumor.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berkemampuan untuk mengatasi radang atau pembengkakan.
  3. Bersifat analgesik yang ampuh untuk meredam rasa nyeri.
  4. Menghentikan pendarahan seperti pada luka dan menstruasi berlebih.
  5. Terapi herbal untuk menyembuhkan katarak.
  6. Mengobati infeksi mata dan mata merah.
  7. Mengurangi gatal pada saat sakit mata.
  8. Menyembuhkan mata minus ataupun plus.
Bagaimana resep dan cara menggunakan daun kitolod sebagai obat?
  • Obat Mata : Ambil bunga yang masih segar kemudian direndam sekitar 5 menit. Selanjutnya gunakan air tersebut untuk mencuci mata (melek dalam air tersebut). Atau juga bisa dengan menggunakan daun pucuk yang masih segar, cuci dan potong kecil-kecil. Celupkan pada air dan gunakan air tersebut sebagai obat tetes.
  • Kanker : Siapkan 7 batang kitolod lengkap dengan akar, daun dan bunga, 7 batang lempuyang, 7 lembar daun benalu teh, 7 lembar daun benalu cengkeh, 7 lembar daun benalu cokelat, dan 7 lembar pucuk daun kesambi. Cuci bersih semua bahan kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Saring dan bisa diminum 3x sehari masing-masing 1 gelas.
Baca Juga : Khasiat Pohon Trembesi Atau Ki Hujan

Demikianlah artikel singkat mengenai 8 Khasiat Daun Ki Tolod Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel