9 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Fonio Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Fonio kurang begitu familiar di kalangan masyarakat Indonesia karena namanya masih sangat asing didengar. Sedangkan untuk kegunaan yang sebenarnya, Manfaat Fonio berperan sebagai pengganti atau alteratif karbohidrat sehingga sangat baik untuk dijadikan bahan pangan. Namun dikarenakan budidaya dan pemenuhan kebutuhan, kini jenis tanaman fonio juga di alih fungsikan sebagai pakan ternak serta beberapa jenis burung. Seperti apa fungsi dan kegunaan secara detail? Nah untuk menjawab pertanyaan ini maka disini kami akan mencoba untuk memberikan rangkuman yang mungkin saja bisa menjawab semua hal terkait tanaman fonio. Berikut mengenai kurang lebihnya!


Dirangkum dari Id.Wikipedia.Org, Fonio merupakan salah satu jenis tanaman yang tergolong dalam jenis serealia. Serealia dikenal juga sebagai sereal atau biji-bijian yang memang dipanen bulirnya sebagai sumber karbohidrat. Pada dasarnya atau secara umum serealia merupakan anggota dari suku padi-padian dan disebut sebagai serealia sejati. Dan diantara jenis yang paling bernilai ekonomi tinggi ialah padi, jagung, gandum, jelai, haver, dan masih banyak lagi yang lainnya.

9 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Fonio Untuk Kesehatan

Fonio sendiri merupakan sereal yang banyak dibudidayakan di Afrika Barat khususnya pada sekitar daerah aliran Sungai Niger dan Volta. Dikarenakan bentuk bulirnya yang kecil, tidak heran jika fonio ini masih digolongkan juga pada kelompok milet. Terdapat sekitar 2 jenis fonio yang umum dibudidayakan yaitu Digitaria Exilis dan D. Iburua. Meski keduanya mempunyai kemiripan dari segi fisik, namun masih dibedakan karena bentuk atau susunan malainya.

Secara umum milet mempunyai begitu banyak kandungan nutrisi begitu pula fonio. Kandungan tersebut berupa vitamin dan mineral yang mencakup Kalsium, Zat besi, Vitamin B, Niasin, Kalium, Magnesium, Seng, Asam Folat, dan seng. Dari kandungan inilah yang nantinya akan memberikan manfaat bagi tubuh sehingga beberapa nutrisi yang dibutuhkan bisa terpenuhi.

9 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Fonio Untuk Kesehatan

#1. Mencegah Osteoporosis
Manfaat ini diperoleh dengan adanya kalsium yang cukup tinggi. Kandungan ini akan menjaga kepadatan tulang serta gigi sehingga tidak mudah keropos atau mengalami osteoporosis. Dengan begitu tulang anda akan tetap sehat meskipun usia terus bertambah.

#2. Mencegah Anemia
Ada kalanya tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Dari mulai mudah lelah, tubuh lemas, pucat, pusing dan lain sebagainya. Meski bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau, tapi fonio disini juga berperan cukup baik karena kandungan zat besi didalamnya.


#3. Melancarkan Sirkulasi Darah
Selain bermanfaat untuk mencegah anemia, zat besi pada fonio juga cukup baik dalam menjaga sistem peredaran darah dalam tubuh. Hal ini juga akan sangat terkait dalam pencegahan hipertensi (tekanan darah tinggi).

#4. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf
Khasiat ini didukung dengan adanya Niasin (Vit.B3) yang cukup berperan sangat baik dalam menjaga kinerja dan fungsi-fungsi sistem saraf dalam tubuh. Dengan kebutuhan vit.B3 yang berbeda pada setiap individu, fonio membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

#5. Menjaga Kesehatan Kulit
Masih tergolong manfaat dari Niasin, kulit tubuh akan menjadi lebih sehat dan halus. Karena seiring dengan bertambahnya usia kulit akan mengalami perubahan. Disini niacin pada fonio ikut andil dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

#6. Memenuhi Kebutuhan Energi
Karbohidrat pada fonio turut ikut andil dalam memenuhi kebutuhan energi harian tubuh. Sebagai sumber pangan alterntif, fonio juga tidak kalah dengan fungsi jagung, padi, dan gandum. Dengan begitu tubuh tidak akan lemah dan siap untuk bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

#7. Menjaga Kesehatan Jantung
Terkait dengan kandungan zat besi dan juga kalium, semua sistem aliran darah akan berjalan dengan normal. Dalam hal ini sangat erat juga dengan kinerja jantung yang mempunyai fungsi sebagai pemompa dan mengalirkan darah dalam tubuh. Secara tidak langsung fonio sangat baik untuk menjaga kinerja dan kesehatan jantung.

#8. Melancarkan Metabolisme Tubuh
Manfaat ini didukung dengan adanya magnesium yang sangat membantu dalam menjaga beberapa kinerja organ dalam tubuh. Manfaat ini mencakup untuk mencegah sakit pinggang, melancarkan sistem pencernaan (mencegah sembelit), mengendalikan tekanan darah, mencegah asma, dan mengurangi resiko terserang diabetes.

#9. Baik Untuk Ibu Hamil
Dengan adanya beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, kandungan magnesium, asam folat dan lainnya sangat membantu dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam rahim. Dengan begitu perkembangan bayi akan berjalan secara optimal dan meminimalisir adanya gangguan atau cacat.


Mungkin hanya itu saja yang bisa kami rangkum terkait 9 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Fonio Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan memberikan tambahan referensi bagi anda yang sedang mencari infomasi. Manfaat diatas kami rinci sesuai sumber di internet dan juga kandungan yang terdapat didalamnya. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel