9 Khasiat Akar Valerian Untuk Kesehatan

Khasiat Akar Valerian mungkin mash belum begitu familar bagi anda kalangan masyarakat. Hal ini karena tidak begitu banyak orang yang tahu dengan penggunaan jenis bunga ini sebagai obat. Jika dibahas secara singkat, Manfaat akar valerian berperan penting dalam mengatasi anemia, menenangkan pikiran, menurunkan tekanan darah serta masih banyak lagi yang lainnya. Dan bagi anda yang penasaran akan berbagai fungsi dan kegunaan akar valerian sebagai obat, mungkin rincian dibawah ini bisa membantu.


Akar Valerian dengan nama latin Valeriana Officinalis adalah sejenis akar cabang beserta pangkal batang dari bagian batang dibawah tanah. Tumbuhan ini tergolong dalam keluarga Valerianaceae yang mempunyai kegunaan sebagai obat herbal dengan fungsi sebagai sedatif. Akar Valerian ini diduga tanaman asli dari Inggris. Dengan ciri tanaman yang berukuran kecil, berbunga merah muda dan juga putih. Bunga ini biasanya muncul pada bulan Juni hingga September. Aroma dari bunga ini sangat menyengat dan mempunyai rasa manis sangat khas.

9 Khasiat Akar Valerian Untuk Kesehatan

Ada pula yang mempertanyakan tentang apa saja kandungan senyawa kimia alami pada tanaman akar valerian. Dan jika kami rangkum dari beberapa sumber, herba ini mempunyai kandungan alkoloid, minyak atisiri, ester epoksivalerianat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Senyawa-senyawa ini yang tentunya akan memberikan sifat farmakologi sehingga mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit dalam tubuh. Apa saja jenis penyakit yang bisa diatasi dengan akar valerian? Yuk baca artikel ini sampai selesai!

9 Khasiat Akar Valerian Untuk Kesehatan

#1. Menenangkan Pikiran
Sifat sedatif pada akar valerian cukup ampuh dalam mengatasi pikiran anda yang kalut. Terkait pula dalam mencegah stres dan hal-hal yang memakan pikiran. Entah itu karena aktifitas harian, pekerjaan, lingkungan sekitar dan lain sebagainya. Akar valerian juga ampuh untuk mengurangi kegelisahan dan pikiran tidak tenang.

#2. Mengatasi Insomnia
Insomnia sebenarnya terbilang bukan penyakit. Namun kebiasaan buruk ini sangat tidak baik bagi tubuh dan bahkan bisa menganggu kesehatan. Insomnia merupakan gejala atau dampak tubuh yang kesulitan untuk terlelap dimalam hari. Terjadi karena kebiasaan serta bisa dikurangi dengan menghindari tidur siang serta melakukan aktifitas berat di siang hari supaya tubuh capek dan bisa beristrahat secara total dimalam hari. Namun jika masih gagal, mungkin anda bisa mencoba ramuan dari akar valerian.

#3. Mencegah Mual dan Muntah
Jika merupakan suatu kebiasaan anda mual di pagi hari, mungkin gejala tersebut disebabkan oleh maag atau hal lain. Mual dan muntah bisa dipicu oleh beberapa faktor yang diantaranya ialah bau tidak sedap, lingkungan kotor, atau jenis makanan / minuman yang tidak anda suka. Untuk mengurangi perasaan tersebut, akar valerian berfungsi cukup baik dalam mengatasi mual dan mencegah muntah-muntah.


#4. Menguatkan Sistem Daya Tahan Tubuh
Sebagai antioksidan alami, akar valerian mampu menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Dengan begitu tubuh anda akan lebih kebal, tidak mudah sakit dan siap menjalani aktifitas harian (rutinitas) anda secara optimal.

#5. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Terkait dengan sistem daya tahan tubuh, manfaat tersebut terhubung dengan sistem pencernaan. Dengan adanya ramuan dari akar valerian, maka sistem pencernaan anda khususnya lambung, usus dan sistem pembuangan akan lebih lancar. Bisa diambil kesimpulan pula bahwa fungsi ini sangat cocok untuk mencegah penumpukan toksin (racun dalam tubuh), obesitas, sembelit dan lain sebagainya.

#6. Menurunkan Tekanan Darah
Jika anda mempunyai masalah dengan sistem sirkulasi darah, mungkin ramuan dari akar valerian akan sangat membantu anda dalam mengatasinya. Herba ini terbilang cukup ampuh dalam melancarkan peredaran darah yang berimbas baik untuk mencegah hipertensi. Dengan begitu, bisa diambil kesimpulan juga bahwa jamu ini cocok untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah stroke, dan lain sebagainya.

#7. Menghilangkan Kram Menstruasi
Akar Valerian ini juga menjadi pilihan terbaik bagi anda yang mengalami masalah kram pada saat menjalani masa menstruasi. Dengan kemampuan untuk mengurangi rasa nyeri dan perasaan tidak nyaman pada saat datang bulan. Akar ini juga mempunyai sifat sebagai penenang, pereda nyeri dan antipasmodik alami yang baik untuk merelaksasi sistem otot secara alami.

#8. Menjaga Kinerja Sistem Syaraf
Minyak atsiri pada akar valerian cukup membantu dalam menekan seluruh sistem saraf sentral pada tubuh. Hal ini cukup mendukung dalam mengobati histeria, hipokondriasis dan ketegangan saraf. Jadi dengan begitu kinerja dari saraf anda akan lebih maksimal dan berjalan sebagaimana mestinya.

#9. Megobati Epilepsi (Ayan)
Manfaat ini juga diperoleh karena adanya minyak atsiri pada akar valerian. Sebagai obat herbal untuk mencegah kejang dan serangan epilepsi, akar valerian terbilang paling ampuh dan sangat sederhana untuk anda terapkan.

Bagaimana cara menggunakan akar valerian sebagai obat? Jawaban sederhana yang anda perlukan ialah dengan merebus keseluruhan bagian tanaman yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Selanjutnya anda bisa meminum air rebusan dalam keadaan hangat.


Demikianlah artikel singkat yang mampu kami tulis terkait 9 Khasiat Akar Valerian Untuk Kesehatan. Semoga keterangan diatas bisa menjadi salah satu referensi yang sedang anda butuhkan. Jangan lupa dishare juga dengan teman-teman yang lain ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *