18 Khasiat Kacang Gude Untuk Kesehatan

Khasiat Gude sangat berguna untuk tubuh kita. Selain salah satu alternatif bahan pangan, ternyata jenis tanaman kacang ini bermanfaat juga untuk kesehatan. Manfaat kacang gude tersebut dipercaya ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti batuk, liver, sariawan, diare, luka dan juga memar. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi khasiat lain yang akan kami rangkum disini. Maka dari itu, yuk baca sampai selesai..!

Khasiat Kacang Gude Untuk Kesehatan

Gude (Nama latin : Cajanus cajan L.) adalah sejenis tanaman dari keluarga kacang-kacangan. Bijinya dijadikan sumber pangan alternatif dengan dengan sifat tahunan yang hidup ditanah yang kering dan panas. Gude dikenal juga dengan kacang gude, kacang kayo, kacang bali, dan beberapa nama lokal yang disebut dengan kacang kayu, kacang kaju, binatung, fouhate, kacang hiris, kance, lebui, puwe jai, tulis, koloure, dan ritik lias. Atau masih banyak lagi panggilan berbeda pada wilayah anda.

Terkait biji berkhasiat obat :
* 18 Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
* 17 Khasiat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan pohonnya yang berbentuk perdu dengan ketinggian batang mencapai hingga 3m. Batang bercabang dan mempunyai rambut halus, bulat warna hijau kecokelatan. Berdaun ganda cabang tiga, bulat telur dan juga elips. Bunga seperti kupu-kupu berwarna kuning, kecokelatan, jingga dan ungu. Buahnya polong dengan biji hampir menyerupai kedelai.

Apa saja kandungan gizi dan senyawa pada kacang gude?
Dikutip dari berbagai sumber, kacang gude mempunyai bilai gizi seperti provitamin A, Vitamin B Kompleks, kalori, mineral, karbohidrat, serat, lemak dan potein. Serta senyawa berupa saponin, polifenol, flavonoid, tanin, da lebih lengkapnya berupa Asam fitat, Asam cajaninistilbene, Cajanin, Cajaminose, Alpha-copaene, lupeol, orientin, 2'-o-methylcajanone, 7-hydroxy-methoxyisolaflavone, Beta-himachalene, Cajaquinone, Pinostrobin, dan vitexin.

18 Khasiat Kacang Gude Untuk Kesehatan :
  1. Obat herbal untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit.
  2. Menyembuhkan penyakit kuning atau yang lebih dikenal dengan hepatitis.
  3. Melancarkan sistem pernafasan yang berguna untuk mengurangi sesak atau asma.
  4. Meringankan rasa sakit yang terjadi pada mulut.
  5. Mengatasi masalah penyakit yang berhubungan dengan perut.
  6. Bersifat diuretik yang ampuh untuk menurunkan demam.
  7. Obat alami untuk mengobati herpes.
  8. Mengeluarkan cacing dalam tubuh (Obat cacingan).
  9. Meringankan gejala batuk khususnya dalam mengeluarkan dahak.
  10. Mempercepat penyembuhan luka.
  11. Bersifat anti-inflamasi yang bisa mengobati memar pada kulit.
  12. Membersihkan dan memutihkan gigi.
  13. Bersifat anti-kanker yang menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh.
  14. Mengobati infeksi pada mata.
  15. Terapi obat pengobatan sipilis.
  16. Meringankan gejala sakit telinga.
  17. Menghentikan diare atau mencret.
  18. Obat herbal untuk meringankan gejala sariawan.
Manfaat diatas bsa didapat dengan memanfaatkan bagian batang, akar, daun dan bijinya. Nah yang jadi pertanyan disini adalah : Bagaimana resep dan cara mengolah tanaman gude untuk obat? Untuk lebih detailnya, dibawah ini kami sudah menyiapkan beberapa racikan yang mungkin bisa membantu!
  • Herpes : Balurkan daun gude yang sudah dihaluskan pada gelembung atau daerah yang ingin diobati. Kemudian balut dengan kain kasa. Untuk hasil maksimal bisa diganti 2 hingga 3x sehari.
  • Kurap / penyakit kulit : Ambil daun gude secukupnya, haluskan dan campurkan kapur sirih. Oleskan pada area kulit yang ingin diobati.
  • Memar / bengkak : Sediakan biji gude dan giling atau ditumbuk hingga halus. Tambah sedikit air hingga berubah menjadi bubur. Selanjutnya tinggal bubuhkan pada area kulit yang memar.
  • Sakit dan Gangguan pada mulut : Ambil daun gude kemudian cuci bersih. Selanjutnya kunyah dan diamkan sejenak didalam mulut kemudian ampasnya dibuang.
  • Batuk dan diare : Siapkan 2 genggam daun gude yang masih segar kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Selanjutnya saring dan diminum 3x sehari @1/2 gelas untuk sekali konsumsi.
  • Hepatitis (sakit kuning) : Sediakan daun gude secukupya. Cuci dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air hagat dan saring. Campurkan sedikit garam dapur kemudian minum 2x sehari.
Baca Juga : 8 Khasiat Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 18 Khasiat Kacang Gude Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya jika artikel ini membantu. Sekian dan Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel