11 Khasiat Daun Vanili Untuk Kesehatan Dan Kehidupan Sehari-hari

Khasiat Daun Vanili mungkin sudah banyak yang paham dan tahu akan kegunaannya. Manfaat Daun Vanili tersebut mencakup beberapa fungsi dalam dunia kuliner yang salah satunya sebagai campuran makanan dan juga minuman. Hal ini karena vanili mempunyai aroma cukup khas dan menjadikan makanan atau minuman tersebut sangat menarik untuk dikonsumsi. Jadi tidak heran jika sampai saat ini daun yang berasal dari tanaman kebun ini masih tetap eksis dan sering dijadikan salah satu bahan baku dalam pembuatan kue.

11 Khasiat Daun Vanili Untuk Kesehatan Dan Kehidupan Sehari-hari

Vanili (nama latin atau ilmiah : V Planifolia) adalah sejenis tanaman merambat yang masih dalam keluarga anggrek. Habitat hidupnya bisa ditemukan disegala musim serta Negara-negara yang mempunyai iklim tropis. Tanaman ini mempunyai ciri yang bisa dikenali dengan bentuk batang kecil, merambat, warna daun hijau, dan juga berbunga. Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja Manfaat Daun Vanili Bagi Kesehatan? Untuk menjawabnya, kami sudah merangkum beberapa jawaban yang mungkin saja bisa berguna. Untuk lebih detail, berikut rincian selengkapnya!


Jika digunakan sebagai bahan pangan, tanaman vanili cukup berguna dalam berbagai dunia kesehatan. Tapi tidak hanya itu saja, melainkan masih banyak lagi kegunaan yang bisa kita dapat. Apa saja khasiat tersebut? Yuk langsung saja anda lihat pada rincian berikut :

Khasiat Daun Vanili Untuk Kesehatan Dan Kehidupan Sehari-hari :
  1. Sebagai antioksidan alami yang erat kaitannya dalam menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh dalam mencegah berbagai jenis penyakit.
  2. Melancarkan sistem pencernaan, dimana fungsi ini sangat terkait dengan pencegahan sembelit, disentri dan juga mengatasi beberapa masalah yang terkait dengan usus dan lambung.
  3. Sebagai aroma terapi yang berfungsi dalam menurunkan stres. Hal ini karena daun vanili mempunyai aroma khas dan bersifat menenangkan. Manfaat lain ialah mencegah depresi.
  4. Sebagai pewangi ruangan yang sekaligus bisa membersihkan udara dalam ruangan. Untuk manfaat selanjutnya, terkait dengan aroma terapi yang sudah kami tulis diatas.
  5. Sebagai pewangi alami pada makanan dan minuman. Manfaat ini hampir serupa dengan daun pandan, namun untuk penggunaan daun vanili tidak begitu berpengaruh dalam perubahan warna makanan yang diolah.
  6. Bersifat Anti-inflamasi yang bermanfaat baik dalam mengatasi peradangan atau bengkak pada tubuh.
  7. Sebagai bahan alami untuk diet dan penurunan berat badan. Terkait dengan sistem pencernaan yang juga ada hubungannya dengan penyerapan sari makanan. Mencegah penumpukan racun dan juga obesitas (kelebihan berat badan).
  8. Menambah selera makan karena aroma makanan atau minuman akan semakin menarik dan menaikkan selera atau keinginan makan.
  9. Memperbaiki sistem syaraf karena kegunaan ini juga terkait dengan aroma terapi, bersifat menenangkan dan melenturkan sistem syaraf yang tegang.
  10. Meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak dalam bekerja. Sehinga secara tidak langsung otak akan lebih tahan dan lebih kuat dalam mengingat sesuatu.
  11. Mengurangi rasa mual atau eneg khususnya bagi anda kalangan ibu hamil. Caranya sangatlah mudah, cukup dengan menghirup aroma dari daun atau biji vanili.

Bagaimana? Cukup sangat menarik kan? jadi untuk ringkasan yang sudah kami berikan diatas, apa anda masih ragu akan segala kegunaan dari tanaman yang dimaksud. Jadi, yuk kita maksimalkan tanaman obat yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar.


Demikianlah artikel singkat tentang 11 Khasiat Daun Vanili Untuk Kesehatan Dan Kehidupan Sehari-hari. Semoga bisa memberi sedikit referensi dalam menambah ilmu pengetahuan bagi anda. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel