12 Khasiat Pucuk Bebuas Untuk Kesehatan

Khasiat Pucuk Bebuas sudah sangat familiar dikalangan masyarakat melayu karena sering digunakan sebagai alternatif pengobatan herbal. Jika dipelajari lebih singkat, Manfaat Pucuk Bebuas ini bisa menyembuhkan penyakit masuk angin (meriang), melancarkan ASI, cacingan dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan bagi anda yang penasaran dengan bahasan lengkap tentang pucuk bebuas, mungkin rangkuman singkat yang akan kami sediakan dibawah ini bisa cukup membantu untuk menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Mari kita baca artikel ini sampai selesai!

12 Khasiat Pucuk Bebuas Untuk Kesehatan

Pucuk Bebuas merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang juga dikenal dengan beberapa nama panggilan. Nama tersebut sering disebut dengan buas-buas, beruas, ambong-ambong laut, pecah piring, limau pantai, singkil dan juga mempunyai nama latin (binomial) dengan sebutan Premna Foetida Reinw (Premna Spp).


Terbilang sangat mudah untuk mendapat daun atau pucuk dari bebuas ini. Sebab sudah banyak dijual dipasar sebagai salah satu jenis sayur yang menyimpan jutaan manfaat bagi kesehatan. Dalam pengolahan cukup sederhana yaitu dengan cara dikukus, direbus sebagai kuah, atau juga makan langsung sebagai lalapan. Dengan citarasa yang khas manis pedas dan sedikit pahit, mungkin anda akan merasa lebih bersemangat untuk makan karena aroma yang ditimbulkan terbilang cukup unik.

Bagaimana ciri dan bentuk dari tanaman bebuas? Sebenarnya anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan hanya melihat lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas. Namun untuk lebih terperinci, mungkin ciri khususnya ialah daun sedikit lebar dengan pinggiran bergerigi, permukaan batang mengkilat, serta bisa tumbuh dengan ketinggian batang hingga 7m. Buah berukuran kecil berawarna hijau kemudian akan berubah menjadi ungu jika sudah matang. Yang menjadi kelebihan dari tanaman ini ialah sudah sejak lama bebuas ini digunakan sebagai obat oleh orang Cina dan melayu khususnya untuk menambah tenaga.

Apa saja kandungan senyawa alami pada tanaman pucuk bebuas? Pasti anda menyimpan tanda tanya dibalik begitu banyaknya manfaat pada tanaman ini. Sebab serasa tidak mungkin ada begitu banyak khasiat namun anda tidak mengetahui kandungan dibalik kegunaan tersebut. Dan jika dilansir dari Wikipedia, Pucuk bebuas mempunyai kandungan berupa vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Kandungan tersebut terdiri dari karbohidrat, air, alkaloid, serat, kalium, zink, kalsium, zat besi, vitamin A, Fosfor, Vitamin C, Dan Vitamin E. Dari kandungan tersebutlah diperoleh beberapa khasiat yang kesemuanya sangat baik untuk metabolisme tubuh.

12 Khasiat Pucuk Bebuas Untuk Kesehatan

#1. Menambah Selera Makan
Pada kondisi tertentu tubuh akan kehilangan selera karena sedang dalam keadaan tidak fit. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor yaitu tubuh terlalu capek, terlalu banyak minum, atau memang sedang dalam kondisi sakit. Selera makan yang seharusnya patut dijaga supaya tubuh tidak kekurangan asupan makanan serta tenaga harian yang dibutuhkan bisa terpenuhi. Untuk mengembalikan selera makan tersebut anda bisa mengkonsumsi ramuan herbal seperti temulawak atau bisa juga dengan daun singkil ini.

#2. Melancarkan Produksi ASI
Bagi kalangan ini yang sedang menyusui, tentu sangat penting jika menjaga pola makan supaya pertumbuhan bayi berjalan dengan normal. Tidak luput juga untuk memperhatikan produksi ASI yang sering menjadi kendala bagi ibu yang baru pertama kali menjalani proses melahirkan. Keluarnya ASI kadang mempunyai kendala yang kadang keluarnya tidak lancar. Untuk menjaga agar asupan nutrisi pada bayi tetap optimal, bisa juga mengkonsumsi daun buas-buas supaya Produksi ASI tetap lancar.


#3. Mengobati Masuk Angin
Jika anda mengalami yang namanya kembung dan meriang, mungkin daun bebuas bisa menjadi solusi sederhana untuk menguranig dampak yang akan timbul. Jika dikonsumsi dengan cara yang baik dan benar, daun ambong-ambong ini bisa mengatasi kembung, mual, dan kelebihan angin dalam lambung. Intinya angin berlebih tersebut akan dikeluarkan sehingga tubuh lebih fit dan sehat secara maksimal.

#4. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Daun beruas juga mengandung vitamin C yang peranannya cukup penting dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Vitamin C tersebut berguna sebagai antioksidan yang menguatkan sistem imun sehingga tubuh anda akan terbebas dari gangguan radikal bebas. Dengan begitu anda tidak akan mudah sakit dan lebih kebal terhadap perubahan cuaca atau serangan virus.

#5. Menyembuhkan Cacingan
Manfaat ini tergolong umum dan sangat cocok bagi kalangan anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Cacingan bisa menyerang siapa saja, namun cacing tersebut bisa dikeluarkan jika anda kreatif dan mencari referensi yang benar meskipun menggunakan bahan alami yang terdapat pada lingkungan sekitar. Jika anak anda mengkonsumsi pucuk bebuas, maka banyak kemungkinan bahwa anak anda akan terbebas dari yang namanya cacingan.

#6. Menjaga Stamina Tubuh
Pada kondisi tertentu tubuh akan merasa lemas dan kehilangan tenaga. Hal tersebut bisa terjadi karena aktfitas harian yang melelahkan atau juga tubuh anda sedang mengalami penurunan daya tahan. Untuk mengembalikan tenaga dan menjaga stamina tetap fit, ada baiknya jika anda mencoba makan sayur dari bebuas supaya semangat anda kembali terdongkrak.

#7. Mengurangi Bau Tidak Sedap Pada Tubuh
Pada pucuk bebuas terdapat suatu zat seperti minyak atsiri yang aroma dan rasanya sangat khas. Kelebihan dari zat ini bisa membantu anda untuk mengurangi bau yang tidak sedap pada tubuh. Entah itu yang disebabkan oleh keringat atau karena hal lain yang umumnya terjadi pada kalangan wanita. Konsumsi daun bebuas secara rutin maka aroma tubuh anda akan harum secara alami.

#8. Mengatasi Pusing Atau Sakit Kepala
Diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap, daun bebuas ini juga ikut andil dalam meeringankan gejala pusing atau sakit kepala. Sebab aroma khas yang terdapat pada pucuk ini bersifat menenangkan yang juga sangat cocok sebagai aroma terapi penyembuhan pening. Mengkonsumsi daun singkil sebagai sayur akan menjadikan anda lebih tenang dan santai.

#9. Mengurangi Gejala Maag
Meski tidak bisa menyembuhkan maag secara maksimal, namun daun buas-buas bisa menjadi terapi herbal yang bisa mengurangi gejala yang ditimbulkan. Maag yang parah bisa menyebabkan mual, ingin muntah, berkurangnya selera makan dan lain sebagainya. Namun masalah tersebut bisa diatasi atau bahkan bisa disembuhkan secara spontan.

#10. Mencegah Anemia
Terdapat zat besi yang tinggi pada daun bebuas yang merupakan salah satu zat penting dalam pembentukan sel darah merah. Tidak hanya baik untuk mencegah anemia, namun daun singkil ini juga cocok untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi), dan membuat wajah lebih cantik berseri tanpa pucat.

#11. Mencegah Osteoporosis (pengeroposan tulang)
Kandungan fosfor dan kalsium pada daun singkil menjadikan tubuh terbebas dari ancaman osteoporosis. Kedua zat tersebut akan menjadikan tulang dan gigi lebih padat sehingga akan tercegah dari pengeroposan. Tidak terhenti disitu saja, daun ini juga memaksimalkan pertumbuhan bagi kalangan anak-anak.

#12. Melancarkan Sistem Pencernaan
Diperkaya dengan kandungan vitamin C dan serat yang tinggi, pucuk bebuas juga berperan penting dalam menjaga proses metabolisme tubuh secara optimal. Fungsi ini mencakup maksimalnya penyerapan sari makanan, mencegah penumpukan racun dalam tubuh, mencegah penyakit usus, serta mencegah disentri, wasir dan lain sebagainya.


Demikianlah sedikit ulasan terkait dengan 12 Khasiat Pucuk Bebuas Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa sedikit membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa share dengan teman-teman yang lain ya...!!! Agar pengetahuan sederhana ini tidak berhenti di anda. Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel