12 Khasiat Pucuk Cemumar Untuk Kesehatan

Khasiat Pucuk Cemumar mungkin kurang familiar pada kalangan masyarakat di Indonesia. Namun berbeda jauh dengan Negara tetangga Malaysia. Herba yang satu ini sudah sangat umum dan sering digunakan sebagai obat tradisional yang fungsinya cukup baik bagi dunia kesehatan. Manfaat Pucuk Cemamar dipercaya bisa menyembuhkan kolesterol, menjaga stamina tubuh, masuk angin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang penasaran dengan fungsi dan kegunaan secara menyeluruh, mungkin postingan singkat dibawah ini bisa membantu dalam menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Simak sampai selesai ya...!!!

12 Khasiat Pucuk Cemumar Untuk Kesehatan

Pucuk Cemumar (Micromelum Pubescens) juga dikenal dengan beberapa nama. Panggilan tersebut berbeda pada setiap wilayah sehingga mungkin saja bisa membuat anda sedikit kebingungan. Cemumar dikenal juga dengan cemamar, cumamar, seneru, cecerek, dan semeru. Herba ini termasuk dlaam sejenis tumbuhan yang tumbuh liar di Malaysia dan daun muda (pucuknya) sering dijadikan lalapan (ulam) dengan rasa yang cukup sedap serta sedikit pahit beraroma cukup kuat. Namun jika dilihat dari segi manfaat, tentunya rasa pahit tersebut tidak menjadi penghalang untuk anda mengkonsumsinya.


Seperti apa ciri dan bentuk pohon cemumar? Untuk menjelaskan pertanyaan ini, tentu anda bisa melihat lampiran gambar yang sudah kami lampirkan diatas. Namun untuk penjelasan lebih spesifik, tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 20m lebih, namun sangat jarang karena rata-rata cemumar ditemukan dengan tinggi batang berkisar antara 2 hingga 3m saja. Kulit batang berwarna cokelat dengan diameter batang berukuran 15cm. Batang dan daun mempunyai bulu halus dengan bentuk daun majemuk dan bertangkai mempunyai 9 sampai 15 helai. Pucuk daun yang sering dijadikan sayur berwarna kemerahan, terdapat pula bunga kecil berwarna kehijauan. Berbuah seperti buni bulat sedikit memanjang.

Apa saja kandungan pada pucuk cemumar? Tidak diketahui secara jelas mengenai penelitian yang dilakukan terkait dengan pucuk cemamar. Namun dilansir dari Wikipedia, daun tanaman ini mempunyai zat senyawa alami seperti air (mineral), karbohidrat, karbazol, vitamin A, Alkaloid, Vitamin C, Serat, Zink, dan Vitamin E. Dari kandungan inilah diperoleh jutaan manfaat yang kesemuanya baik untuk kesehatan tubuh.

12 Khasiat Pucuk Cemumar Untuk Kesehatan

#1. Mengembalikan Tenaga / Stamina Tubuh
Daun cemumar mempunyai peranan penting dalam menjaga stamina tubuh yang menurun. Hal ini karena terdapat kandungan Vitamin C yang fungsinya cukup baik ketahanan dan kekuatan tubuh yang terganggu. Terlebih lagi ada karbohidrat yang menunjang kebutuhan tenaga harian tubuh.

#2. Melancarkan Sirkulasi / Peredaran Darah
Bisa dibilang bahwa pucuk cemamar sangat baik dala menjaga sirkulasi darah tetap stabil. Dalam hal ini terkait pula dengan kesehatan jantung untuk menormalkan peredaran darah dan oksigen pada seluruh tubuh. Daun cemamar bisa dikategorikan sebagai obat herbal pencegah hipertensi (tekanan darah tinggi). Namun jika anda penderita hipertensi, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi karena ditakutkan berdampak buruk bagi kesehatan.

#3. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Seperti pada postingan-postingan kami sebelumnya, kolesterol merupakan jenis penyakit yang sangat umum diderita oleh semua orang. Lemak darah ini bisa memicu munculnya penyakit lain seperti stroke, sakit jantung, hipertensi dan lain sebagainya. Untuk mengurangi adanya kolesterol dalam darah, anda bisa memaksimalkan fungsi pucuk cemumar supaya kondisi kolesterol dan kembali stabil.

#4. Mengatasi Masuk Angin
Masuk angin menjadikan perut anda kembung dan mungkin tergolong sangat sering dialami oleh semua orang. Hal ini bisa dirasakan ketika anda sering bepergian dengan motor, begadang, mengkonsumsi makanan yang mengandung gas dan lain sebagainya. Untuk mengeluarkan angin tersebut ada begitu banyak alternatif yang bisa anda gunakan. Salah satu yang paling sederhana adalah pucuk cemumar. Selain mudah didapat, tentunya anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya.


#5. Menjaga Kesehatan Ibu Pasca Melahirkan
Dikarenakan mempunyai aroma yang cukup kuat, pucuk cemumar bisa digunakan untuk mandi yang sebelumnya direbus dengan air hingga mendidih. Cocok untuk kalangan ibu sehabis bersalin karena bisa membantu mengembalikan tenaga serta sebagai aroma terapi yang menyehatkan.

#6. Mengobati Berbagai Jenis Penyakit Kulit
Diperkaya kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan serta vitamin E yang baik untuk kulit, pucuk cemumar bisa mengatasi berbagai masalah terkait dengan penyakit kulit. Salah satunya yang disebabkan oleh jamur dan bakteri seperti panu, kadas, kurap, dan lain sebagainya. Penggunaan bisa dengan cara mandi dan dikonsumsi.

#7. Mencegah Kanker Darah (Leukimia)
Tidak anda penelitian pasti namun daun cemamar ini dipercaya bisa mengobati dan mencegah terjadinya leukimia. Hal ini bisa anda peroleh dengan cara mengkonsumsinya secara rutin namun dengan skala atau porsi yang sesuai kebutuhan.

#8. Menghangatkan Tubuh
Pucuk cemumar bersifat hangat sehingga berfungsi sebagai pencegah tubuh kedinginan. Terkait ini herba alami cemamar bisa mencgah masuk angin, meriang, menggigil, kembung, dan lain sebagainya. Konsumsi dengan porsi tepat maka tubuh anda tidak akan kedinginan.

#9. Menambah Selera Makan
Selain aroma dan rasa yang pahit, ternyata pucuk cemamar juga bisa menambah selera makan. Meski tidak sesuai dengan rasa, namun manfaat ini sangat nyata dan hampir persis dengan pete yang aromanya tidak enak, jengkol yang baunya menyengat, serta sayur lain yang pada dasarnya bisa menambah selera makan.

#10. Menangkal Radikal Bebas
Pada dasarnya pucuk cemumar mempunyai kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga pertahanan tubuh terhadap penyakit. Antioksidan berperan penting untuk menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun sehingga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit.

#11. Melancarkan Sistem Pencernaan
Vitamin C mempunyai khasiat yang dibilang tidak bisa dilukiskan. Didukung pula dengan adanya serat sehingga sedikit banyak bisa menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Mengkonsumsi pucuk cemumar akan melancarkan sistem pencernaan sehingga bisa mencegah sembelit, wair, disentri, diare dan masalah lain terkait dengan masalah usus, lambung, dan sistem pencernaan lainnya.

#12. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya infeksi seperti mata merah dan gatal. Jika dikonsumsi dengan baik bahkan bisa menjaga kejernihan pandangan dan mencegah masalah mata seperti rabun dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mengkonsumsi dan menggunakan pucuk cemumar sebagai obat? Tentu anda tidak usah khawatir. Karena kami juga sudah menyediakan resep sederhana yang siapa tahu bisa menjawab pertanyaan anda. Yuk simak baik-baik!
* Mandi : Daun Cemamar bisa direbus dengan air dan digunakan untuk mandi khususnya ibu melahirkan.
* Teh : Umumnya pucuk cemumar dikeringkan dan diseduh sebagai teh dengan air mendidih.
* Makan Langsung : Dikonsumsi sebagai lalapan (dimakan dengan sambel) namun sedikit pahit.

Himbauan!!!
Bagi orang yang mempunyai penyakit Hipertensi (Darah Tinggi) tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun cemumar. Sebab daun ini mempunyai sifat panas dan berkemungkinan menjadi penyebab pening, pusing atau sakit kepala.


Demikianlah artikel singkat tentang 12 Khasiat Pucuk Cemumar Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *