8 Khasiat Rambusa Untuk Kesehatan

Khasiat Rambusa mungkin sudah umum dan banyak dikenal oleh beberapa kalangan. Namun dalam hal ini, tidak sedikit juga yang belum paham jika dibalik tanaman liar ini menyimpan jutaan manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa diantaranya ialah untuk mencegah kanker, mengatasi anemia, menjaga kesehatan tulang, mengobati gangguan ginjal dan masih banyak lagi yang lainnya. Kenapa manfaat rambusa begitu banyak? karena didalamnya terdapat kandungan antioksidan alami yang membantu tubuh dalam mempertahankan kinerja dan sistem kekebalan tubuh dimana kegunaan dan fungsi ini ada yang belum memaksimalkannnya. Jadi untuk menambah wawasan serta pengetahuan seputar tanaman obat, pada postingan kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman tentang rambusa sehingga anda lebih paham dan mungkin bisa berguna dikemudian hari ketika dibutuhkan.

Khasiat Rambusa Untuk Kesehatan

Rambusa adalah jenis tumbuhan liar yang tumbuh dipekarangan rumah, pagar dan tempat-tempat lain seperti ladang dan juga lokasi yang tidak dipakai. Nama latin atau ilmiah dari rambusa ialah Passiflora Foetida L dan beberapa nama lokal yang dikenal dengan sebutan rajutan, ceplukan bungsun, keceprek, permot, timun dendang, dan timun padang. Umumnya rambusa tumbuh dengan baik pada wilayah pantai, kebun, sawah serta tempat terbuka yang cukup akan asupan sinar matahari langsung.


Ciri dan deskripsi tanaman rambusa mungkin sudah bisa dikenali dengan melihat lampiran gambar diatas. Namun penampakan diatas hanyalah berupa bunga yang diselimuti dengan rambut dan mungkin masih kurang lengkap. Umumnya rambusa tumbuh liar dengan cara merambat pada media lain disekitarnya. Berdaun hijau agak lebar hampir menyerupai daun labu. Buahnya berukuran kecil dengan warna kuning agak terang. Dan jika sudah matang buah rambusa bisa dimakan dengan rasa asam manis menyegarkan. Buah ini dibungkus oleh selaput yang berupa rambut seperti jaring.

Nah beranjak pada manfaat rambusa, pastinya kita masih mempunyai tanda tanya yang perlu jawaban. Dibalik semua khasiat tersebut, pastinya ada kandungan sebagai pendukung dari kegunaan yang dimaksud. Jadi apa saja sih kandungan dari rambusa? Yuk kita lihat bersama..!
Jika dilansir dan dirangkum dari beberapa sumber, rambusa mempunyai nilai gizi berupa zat besi, kalsium, vitamin C, potassium, dan senyawa berupa flavonoid dimana kesemuanya ikut andil dalam menjaga dan memelihara kinerja beberapa organ tubuh.

8 Khasiat Rambusa Untuk Kesehatan :
  1. Menjaga kesehatan dan kepadatan tulang serta gigi. Dimana terdapat kandungan kalsium sehingga bisa diposisikan dalam pencegahan osteoporosis (pengeroposan tulang).
  2. Bersifat anti-kanker dimana rambusa ini kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan alami sehingga tubuh terhindar dari serangan kanker ataupun tumor. Terkait dalam mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker tersebut.
  3. Mencegah anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin). Karena kandungan zat besi pada rambusa cukup baik dalam mendukung produksi sel-sel darah merah baru sehingga anda akan terhindar dari anemia.
  4. Mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi) karena rambusa juga berperan penting dalam mengontrol tekanan darah sehingga pemompaan atau sirkulasi darah menjadi lebih normal. Dengan begitu jantung akan berdetak sebagaimana mestinya. Terkait juga dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah jantung berdebar kencang.
  5. Bersifat menenenangkan yang menjadikan otak bekerja ringan menjadikan tubuh lebih santai. Dalam hal ini rambusa berfungsi untuk mengatasi stres dan mengurangi pikiran yang terlalu berat.
  6. Menjaga kesehatan dan mencegah radang atau pembengkakan pada gusi. Terkait juga untuk pencegahan gusi berdarah, dll.
  7. Menjaga kesehatan ginjal sehingga terhindar dari gangguan, dll. Dalam hal ini rambusa juga bermanfaat untuk meluruhkan saluran kemih dan menangkal terjadinya infeksi pada saluran kemih (ISK).
  8. Kaya akan antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas sehingga daya tahan tubuh akan tetap terjaga.
Bagaimana cara mendapatkan manfaat dari buah rambusa?
Sebenarnya keterangan ini sudah kami lampirkan diatas yaitu dengan mengkonsumsi buah rambusa yang sudah matang. Memang sangat aneh dan kurang familiar karena bentuknya yang unik. Tapi anda jangan khawatir karena rasanya sangat enak.


Demikianlah artikel singkat untuk 8 Khasiat Rambusa Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan dengan teman-teman yang lain ya...! Terima kasih dan sampai jumpa pada tulisan kami selanjutnya!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel