8 Khasiat Daun Talok Atau Kersen Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Talok untuk saat ini mungkin belum dimaksimalkan. Sebab hanya sedikit orang yang tahu. Padahal jika dipelajari, ada banyak sekali kegunaan yang bisa kita dapat. Khususnya dalam dunia pengobatan herbal. Manfaat Daun Talok bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang diantaranya ialah sebagai obat diabetes, tumor, hipertensi dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah untuk mengetahui lebih detail, berikut ini kami sudah merangkum beberapa keterangan singkat terkait dengan fungsi daun kersen untuk obat.

8 Khasiat Daun Talok Atau Kersen Untuk Kesehatan

Talok atau kersen (nama latin atau ilmiah : Muntingia calabura L.) adalah sejenis tanaman peneduh yang mempunyai buah kecil namun manis. Diberbagai daerah, buah ini dikenal dengan panggilan berbeda, seperti baleci, ceri, kerukup siam, dan masih banyak lagi, tergantung dari wilayah dan habitat tempat hidupnya.


Ciri dan deskripsi tanaman ialah berupa pohon perdu dengan banyak ranting dan daun. Permukaan kulit atau pepagan mempunyai tekstur halus dan juga licin, daun hijau dengan sedikit bulu halus dan daunnya lembut. Sedangkan buah berbentuk buni bulat kecil warna hijau ketika muda dan berubah menjadi merah jika sudah matang. Rasa buah sangat manis sehingga banyak kalangan anak-anak yang menyukainya. Umumnya pohon talok ditanam dipinggiran jalan, halaman rumah sebagai peneduh namun juga mudah tumbuh pada tempat-tempat liar seperti pinggiran sungai, ladang dan lain-lainnya.

Nah, yang dipertanyakan ialah : Apa saja kandungan senyawa pada daun kersen? Sebenarnya tidak beda jauh dengan jenis tanaman obat lain. Yaitu mencakup flavonoid, saponin, dan juga tanin. Dari kandungan inilah diperoleh jutaan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

8 Khasiat Daun Talok Atau Kersen Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah dan mengatasi peradangan (pembengkakan).
  2. Bersifat anti-septik yang bisa membunuh kuman penyebab infeksi pada luka.
  3. Bersifat anti-kanker yang baik untuk menghambat pertumbuhan sel kenker dan juga tumor.
  4. Mengontrol kadar gula darah yang erat kaitannya dalam mengatasi diabetes (kencing manis).
  5. Mengontrol fungsi jantung sehingga bekerja lebih normal. Manfaat ini juga baik untuk mengatasi jantung berdebar.
  6. Menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Baik juga untuk menurunkan kadar koleterol darah yang tinggi.
  7. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh. Sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi (tekanan darah tinggi).
  8. Mencegah stroke dan gangguan lain yang masih terkait.

Bagaimana cara mengolah daun talok / kersen sebagai obat?
Sebenarnya sangatlah sederhana saja. Cukup sediakan 1 genggam daun kersen yang masih segar, cuci dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum 2x sehari secara rutin hingga benar-benar sembuh. Atau dengan cara yang lebih mudah yaitu menjemur daun kersen hingga kering, tumbuk hingga menjadi bubuk, kemudian seduh secukupnya sebagai minuman (teh).


Demikianlah artikel mengenai 8 Khasiat Daun Talok Atau Kersen Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna dan membantu anda yang sedang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel