16 Khasiat Timun Suri Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Timun Suri mungkin sudah umum dan banyak diketahui oleh semua kalangan. Hal itu tentunya didukung dengan adanya kandungan nutrisi yang baik untuk dunia kesehatan ataupun kecantikan. Timun Suri juga dipercaya sangat ampuh untuk merawat wajah dan bahkan juga menyehatkan ibu hamil atau sedangkan mengandung. Manfaat Timun Suri ini memang sangat ampuh sehingga banyak dikonsumsi dalam perawatan kulit dan menu harian untuk treatmen diet. Nah oleh karena itu, untuk menambah wawasan dan pengetahuan seputar manfaat buah, maka pada kesempatan kali ini disini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit informasi terkait dengan fungsi dan kegunaan timun suri bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

16 Khasiat Timun Suri Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Timun Suri atau yang juga dikenal dengan Mentimun Suri adalah tumbuhan semusim penghasil buah yang tergolong dalam suku labu-labuan. Buah yang masih mengkal (setengah matang) sering dijual dan banyak didapat pada pasar tradisional secara musiman juga. Paling sering kita jumpai biasanya pada bulan puasa ramadhan karena tekstur daging buah yang lembut serta mempunyai banyak kandungan air sehingga sangat cocok dipadukan dengan minuman penyegar. Untuk ciri dan deskripsi, timun suri mempunyai bentuk batang yang sama persis dengan labu, blewah, semangka dan lain-lainnya. Perbedaannya ialah hanya pada buah yang lebih lonjong memanjang dan berwarna kuning pada bagian kulit luar.


Diberbagai daerah, timun suri mempunyai beberapa nama lokal berbeda. Salah satunya dikenal juga dengan barteh, timun betik, dan mentimun suri. Aroma yang harum dan menyegarkan menjadikan buah ini sangat pas untuk menyegarkan kembali tubuh yang sudah lemas sehabis puasa seharian.

Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan gizi pada buah timun suri?
Jika dirangkum dari berbagai sumber, buah ini mempunyai nutrisi berupa Asam Linoleat, vitamin C, kalium, Vitamin A serta senyawa berupa saponin yang baik untuk tubuh. Nah dari kandungan gizi inilah diperoleh jutaan manfaat yang tentunya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh khususnya bagi kalangan wanita yang ingin selalu tampil cantik. Untuk mengetahui secara detail mengenai manfaat timun suri, Yuk langsung saja simak rincian singkat berikut :

Khasiat Timun Suri Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Kaya antioksidan yang sangat baik untuk menjaga sistem imun serta menguatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai jenis penyakit. Intinya tubuh akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.
  2. Melancarkan sistem pencernaan dimana kegunaan ini mencakup beberapa manfaat diantaranya ialah mencegah sembelit atau susah BAB.
  3. Mencegah penumpukan racun dalam tubuh yang terkait juga dengan sistem pencernaan.
  4. Bersifat anti-kanker yang berfungsi untuk meminimalisir sel dan menghambat pertumbuhan kanker serta tumor dalam tubuh.
  5. Menjaga kesehatan mata yang juga ampuh untuk mengembalikan kejernihan pandangan dan juga mencegah terjadinya iritasi atau gangguan lainnya.
  6. Meremajakan dan menjaga kesehatan kulit sehingga tidak mudah rusak karena paparan sinar matahari atau efek dari polusi yang kurang baik.
  7. Mencegah penuaan dini dimana fungsi ini sangat cocok untuk mengurangi garis halus pada wajah dan menyamarkan kembali tanda-tanda penuaan seperti keriput dan lain sebagainya.
  8. Meningkatkan kecerdasan otak dan baik untuk menjaga kinerja dan daya ingat. Cocok juga untuk ibu hamil yang ingin perkembangan janinnya lebih sempurna.
  9. Menurunkan kadar gula darah yang sangat baik untuk penderita diabetes (kencing manis).
  10. Baik untuk diet karena timun suri mampu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas (kegemukan/kelebihan berat badan).
  11. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dalam tubuh.
  12. Menyehatkan organ jantung dan menurunkan resiko gangguan seperti gagal jantung serta penyakit lainnya.
  13. Memperbaiki atau meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak khususnya dalam masa pemulihan pasca mengalami sakit.
  14. Mencegah flu atau pilek karena mempunyai vitamin C cukup tinggi yang baik untuk daya tahan tubuh.
  15. Menjaga elastisitas kulit dan menja tetap lembut dan halus secara alami.
  16. Menjaga kebugaran tubuh dan tetap sehat dan stabil.

Bagaimana cara mengkonsumsi timun suri yang benar?
Sebenarnya tidak butuh  alangkah rumit dalam mengkonsumsi buah ini. Caranya bisa dimakan langsung atau dipadukan dengan minuman penyegar lainnya. Bisa juga dicampur dengan es atau sejenisnya.

==> Yuk Baca Juga : 8 Khasiat Daun Talok Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat terkait dengan 16 Khasiat Timun Suri Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel