11 Khasiat Tanaman Akar Angin Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Akar Angin dipercaya cukup ampuh untuk menyembuhkan diare, sakit perut dan sariawan. Apa itu kayu angin? Dibawah ini kami akan mencoba untuk merangkum beberapa keterangan singkat yang membahas sepintas mengenai Manfaat kayu angin dan kandungan senyawa yang terdapat didalamnya. Sehingga sedikit banyak bisa menambah wawasan kita tentang tanaman obat yang bisa kita dapat pada lingkungan sekitar. Jadi secara tidak langsung mungkin bisa membantu dan menjadikan salah satu alternatif yang bisa diterapkan sebagai obat herbal alami.

11 Khasiat Tanaman Akar Angin Untuk Kesehatan

Kayu Angin (Nama Latin : Usnea Barbata Fries) adalah sejenis lumut yang habitat hidupnya menempel pada pohon lain. Akar angin bukan benalu, hidupnya cuma menumpang dan tidak merugikan bagi pohon yang menopangnya. Hanya untuk tumbuh dengan baik, akar jenggot ini butuh tempat atau lokasi dengan kelembapan yang lumayan tinggi. Beberapa nama lokal untuk kayu angin ini sering juga dikenal dengan sebutan : Jenggot resi, janggut rabion, tain urap, rasuk angin dan lain-lainnya.

Ciri dan Deskripsi terletak pada pertumbuhannya yang menggelantung, bentunya seperti jenggot dengan warna hijau putih keabu-abuan. Hidup pada ketinggian 1000m lebih diatas permukaan laut dan banyak ditemukan pada pedalaman hutan yang memiliki kelembapan tingkat tinggi.

Kandungan senyawa pada akar angin ialah : Asam usneat, Asam barbotolat, Hidrat arang, asam usnetin, asam barbatin, zat pahit, likuin, dan vitamin C.

10 Khasiat Tanaman Akar Angin Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat antibiotik dan anti jamur yang berfungsi untuk menghalau dan mengeluarkan virus dari dalam tubuh.
  2. Bersifat diuretik yang ampuh untuk melancarkan saluran kemih. Terkait dengan pencegahan batu ginjal.
  3. Mengobati infeksi pada saluran pernafasan.
  4. Menyembuhkan pegal, linu dan nyeri pada otot.
  5. Menghentikan diare atau mencret.
  6. Mengatasi masalah saluran pencernaan seperti disentri.
  7. Menyembuhkan penyakit TBC.
  8. Mempercepat penuaan bisul dan mengatasi berbagai jenis jamur pada kulit.
  9. Meringankan gejala sariawan serta dampak yang bisa disebabkan.
  10. Mengeluarkan angin dan menyebuhkan meriang dan masuk angin.
  11. Obat herbal untuk menyembuhkan batuk.
Bagaimana resep dan cara menggunakan akar kayu angin untuk obat?
  • Obat batuk : Siapkan 1/2 genggam akar angin, 11 biji kapulaga, 1 ibu jari rimpang jahe, 11 biji kemukus, 11 biji cengkeh, 1/4 sdt adas, 1/2 telunjuk kayu manis, dan 20gr gula aren. Bakar terlebih dahulu rimpang jahe, kemudian rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Minum 3x sehari dengan porsi 1 sdm untuk satu kali minum.
  • Unversal (semua penyakit diatas) : Sediakan 10gr akar angin, 10gr daun pegagan, dan 5gr kayu manis. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum 2x sehari selagi hangat.
Demikianlah artikel singkat mengenai 11 Khasiat Tanaman Akar Angin Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *