13 Khasiat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

Khasiat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan | Sedikit sekali yang mengetahui bahwa bunga pepaya ini mempunyai manfaat cukup baik bagi kesehatan terutama jika dijadikan jamu atau obat tradisional. Pada kalangan umum dan khususnya didaerah pedesaan yang lebih mudah mendapatkan bunga pepaya ini, banyak yang menjadikan bunga yang memiliki buah cukup manis ini sebagai sayur yang kaya akan kandungan serat serta gizi didalamnya. Sehingga tidak heran jika masyarakat desa lebih sehat hidupnya dibanding masyarakat kota yang lebih rentan akan penyakit.

Jika dipelajari dari tanaman buah, Pepaya mempunyai sebutan nama latin (Carica Papaya), dengan penggunaan hampir seluruh anggota tanaman, mulai dari akar, daun muda, buah serta bunganya. Obat herbal ini sudah digunakan secara turun-temurun, dan banyak juga yang menjadikan daun muda sebagai sayur lalapan dengan sedikit rasa pahit didalamnya.
13 Khasiat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan
Nah yang menjadi pokok bahasan disini adalah : Apa saja Kandungan Gizi pada bunga pepaya? Dan Bagaimana cara mengolah bunga pepaya sebagai obat? Maka dari itu, yuk lanjut saja membaca agar pengetahuan yang anda dapat tidak setengah-setengah.

Kandungan Gizi atau Nutrisi yang bisa kita dapat dari bunga pepaya boleh dibilang relatif banyak. Beberapa diantaranya berupa : Energi berupa gula, Lemak, Protein, Fosfor, Kalsium, Karbohidrat, Zat Besi, Vitamin A, B1 dan Vitamin C.

13 Khasiat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan :
  • Bersifat Sebagai Antioksidan : Hal ini sangat berguna untuk membunuh serta mencegah bakteri serta kuman berkembang dalam tubuh. Dengan adanya antioksidan ini, maka sistem kekebalan tubuh atau sistem imun akan menjadi lebih kuat.
  • Mengatasi Anemia : Sudah tahu anemia kan? Yait salah satu gejala tubuh yang kekurangan darah yang mampu memicu kepala menjadi pusing, tubuh lemas atau lebih dikenal dengan 4 L (Lemah, Letih, Lesu, Lunglai dan mudah capek).
  • Menambah selera Makan : Sama halnya dengan temulawak dan Cabe, bunga pepaya juga dapat memancing selera makan menjadi lebih tinggi. Meski rasa pahit, namun khasiat tersebut terbukti dan mampu mengembalikan selera makan.
  • Melancarkan Sirkulasi / peredaran Darah : Tubuh menjadi terasa sakit semua (pegal) jika darah tidak mengalir secara lancar. Dengan Zat besi yang mengatasi anemia dan menjaga peredaran darah, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dikarenakan asupan oksigen pada seluruh tubuh terpenuhi.
  • Dan mampu mengatasi keluhan penyakit lain seperti : Kanker, osteoporosis, Obesitas, Sembelit (melancarkan sistem pencernaan), Menurunkan diabetes, Mencegah serangan jantung, terapi untuk stroke, dll.
Cara pembuatan dan peracikan jamu dari bunga pepaya :
Sediakan beberapa bahan pelengkap seperti : 50g bunga pepaya segar, 50g daun mimba, 7 rimpang temulawak, 1 sdm garam. Jika semua bahan sudah terkumpul, maka selanjutnya tinggal dihaluskan dan direbus dengan 400cc air hingga mendidih. Saring jamu dan minum secara rutin tiap sore hari.

Demikianlah Artikel singkat mengenai 13 Khasiat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan. Semoga bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *