9 Khasiat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan

9 Khasiat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan | Ada beberapa rahasia yang tersimpan dibalik wanginya bunga kenanga ini untuk tubuh kita. Manfaat bunga kenanga bagi kesehatan boleh dibilang cukup unik dan terbukti bisa menyembuhkan beberapa penyakit ringan yang dialami oleh tubuh. Bunga dengan nama latin (Canangium odoratum) ini banyak digunakan sebagai tanaman peneduh yang bisa ditanam pada pekarangan rumah, halaman (menggunakan media pot dan donsai) serta juga bisa ditemukan dipinggir-pinggir jalan.

Bentuk dan perawakan memang kurang menarik, namun aroma yang keluar dari bunga ini menjadikan sebagai pelengkap dalam pekuburan (taman pemakaman pada kuburan yang masih baru. Selain untuk wewangian, bunga kenanga mempunyai efek farmakologi yang berguna untuk jamu tradisional atau pengobatan herbal dengan bahan alami.
9 Khasiat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan
Nah yang jadi pokok permasalahan disini ialah : Apa saja sih Khasiat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan? Mungkin ringkasan berikut bisa menjawabnya!
  1. Mengobati Bronkitis : Racikan yang dibutuhkan yaitu anda harus menyiapkan 2 kuntum kenanga kemudian direbus dengan 200cc air hingga mendidih. Minum selagi hangat pada saat pagi dan sore hari.
  2. Menyembuhkan Malaria : Bahan yang dibutuhkan ialah bunga kenanga yang sudah dikeringkan. Siapkan 3 tangkai bunga kering dan diseduh dengan segelas air mendidih. Tunggu hingga hangat kemudian diminum.
  3. Meringankan Asma / sesak nafas : Caranya yaitu dengan merebus 4-5 kuntum bunga kenanga segar. Untuk menghilangkan kesan eneg, anda bisa menambahkan sedikit gula (sesuai selera).
  4. Jamu Setelah Melahirkan : Bahan Yang dibutuhkan ialah : Bunga kenang segar, Kunyit, Temu kunci, jongrahab, kayu rapet, jakeling dan pegatsih. Untuk mengolah cukup haluskan semua bahan kemudian diseduh dengan air mendidih. Saring kemudian diminum selagi hangat.
  5. Menghitamkan dan Menyuburkan rambut : Pengolahan membutuhkan paduan daun pandan dan bunga kenanga yang masih segar. Haluskan kemudian dibalurkan pada seluruh area rambut secara merata.
Semua Manfaat dan Juga Khasiat Bunga Kenanga diatas didukung oleh kandungan senyawa didalamnya. Jika anda penasaran apa saja kandungan zat tersebut, berikut beberapa kimia alami dari bunga kenanga yang berupa : Asam bensoat, Farnesol, Safrol, Eugenol, Geraniol, Kadinen, Linalool, Pinen dan Bensin asetat.

Selain semua manfaat diatas, banyak juga kalangan wanita menjadikan bunga ini sebagai pengharum rambut dengan cara menyelipkan bunga pada gelungan. Serta bunga kenanga juga dipercaya mengeluarkan penyakit dalam seperti panas yang berlebihan serta lain-lainnya.

Demikian bahasan singkat artikel tentang 9 Khasiat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel