15 Khasiat Tapak Kuda Untuk Kesehatan

Khasiat Tapak Kuda memang sudah umum dan banyak dipergunakan sebagai ramuan herbal yang kaya akan manfaat. Beberapa manfaat tapak kuda tersebut diantaranya berguna sebagai laksatif, obat bisul, diuretik, pencahar alami dan antioksidan. Nah karena kegunaan inilah tidak heran jika kalangan masyarakat menjadikan tapak kuda atau yang lebih dikenal dengan katang-katang ini sebagai obat tradisional ampuh untuk berbagai jenis penyakit. Maka dari itu, untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat, pada postingan kali ini kami akan mencoba menulis secara lengkap apa itu tapak kuda, kandungan senyawa atau kimia didalamnya serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Tapak Kuda Untuk Kesehatan

Tapak Kuda Atau Katang-katang (Nama latin : Ipomoea pes-caprae L.) adalah salah satu jenis tanaman merambat atau menjalar yang banyak ditemukan pada lingkungan berpasir seperti pinggiran pantai. Berbentuk terna dengan klasifikasi kerajaan plantae dan masih satu famili dengan Convovulaceae. Beberapa nama lokal dari tanaman ini dikenal dengan tang-katang, katang-katang, daun katang, batata pantai, andali arana, tiladede, dalere, watata luruan, dolodoi, bulalingo, leleri, mari-mari, laklaku, loloro, wedol, wemir gamir, watata dan masih banyak lagi sejenisnya.


Mengenai ciri dan deskripsi, tanaman ini berbentuk terna berbatang basah dengan panjang mencapai hingga 30m, merambat atau memanjang diatas tanah dengan warna batang hijau agak kecokelatan. Mempunyai akar pada setiap ruasnya dan mengeluarkan getah putih. Berdaun tunggal dengan panjang tangkai rata-rata 3cm, akan mengeluarkan getah putih juga dipatahkan. Daun juga berbentuk bulat telur, lonjong dan memanjang dengan permukaan licin mengkilap terdapat gerigi pada pangkal. Sedangkan tepi daun rata. Terdiri dari satu bunga dan berbentuk majemuk corong dengan warna ungu. Kelopaknya memanjat tidak sama, mahkota mencorong ungu kemerahan dan mempunyai tangkai sepanjang 3 hingga 16cm. Buahnya memecah berbentuk kapsul bulat dan agak datar mempunyai empat biji berwarna hitam. Berambut rapat, terang warna cokelat. Sedangkan ukuran buah berkisar antara 12 hingga 17mm dengan panjang biji 6 hingga 10mm.

Apa saja kandungan senyawa kimia dari tapak kuda?
Diambil dari berbagai sumber, kami merangkum beberapa senyawa yang terkandung pada tanaman katang-katang ini. Senyawa tersebut diantaranya : Asam melissik acid, Asam behenik, asam miristik, dan antistine. Nah dari zat inilah diperoleh manfaat yang cukup besar bagi kinerja organ tubuh kita.

15 Khasiat Tapak Kuda Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat sebagai laxative yang bisa digunakan untuk obat pencahar atau cuci perut alami.
  2. Bersifat konstipasi yang bisa mengurangi kram pada perut.
  3. Bersifat analgesik yang ampuh meredam rasa nyeri dan sakit.
  4. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan atau pembengkakan khususnya oleh sengatan ubur-ubur.
  5. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan atau meluruhkan saluran kemih.
  6. Mempercepat penuaan bisul.
  7. Mengatasi rasa letih, lelah atau capek sehingga stamina kembali bugar.
  8. Sebagai antioksidan yang menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari serangan radikal bebas.
  9. Mencegah terjadinya oedema atau bengkak air pada kulit.
  10. Mengatasi masalah dan gangguan pada organ ginjal.
  11. Bersifat menyejukkan yang bisa digunakan untuk sariawan dan panas dalam.
  12. Meringankan gejala gatal-gatal, eksim, abses dan jenis penyakit yang berhubungan dengan kulit.
  13. Bersifat anti-rematik yang berguna untuk mengurangi rasa nyeri pada persendian.
  14. Melancarkan sistem pencernaan khususnya untuk mencegah wasir (ambeien).
  15. Mengurangi nyeri dan ngilu pada saat sakit gigi.
Bagaimana resep dan cara menggunakan tapak kuda sebagai obat?
  • Konsumsi : Siapkan 45gr akar tapak kuda kering kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Diamkan sejenak, saring dan minum sekaligus.
  • Obat luar : Sediakan daun tapak kuda secukupnya, haluskan kemudian balurkan atau bubuhkan pada area kulit yang ingin diobati.
Terkait : 15 Khasiat Daun Kaki Kuda Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat tentang 15 Khasiat Tapak Kuda Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share jika artikel ini membantu! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel