7 Khasiat Tanaman Paliasa Atau Katimaha Untuk Kesehatan

Khasiat Paliasa atau Katimaha memang sudah dikenal secara turun-temurun. Manfaat utamanya ialah untuk menetralkan racun dalam tubuh yang juga berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam darah. Jadi tidak heran jika tanaman herbal ini banyak digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan herbal. Dan untuk melengkapi informasi serta wawasan mengenai tanaman obat, kali ini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit keterangan mengenai Manfaat dan Khasiat Paliasa Bagi kesehatan maupun kecantikan. Penasaran? Yuk lanjut saja membaca!

Khasiat Tanaman Paliasa Atau Katimaha Untuk Kesehatan

Paliasa atau Katimaha (Nama latin : Kleinhovia hospita L.) adalah sejenis tanaman perdu yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dan masih suku dari Malvaceae. Beberapa nama lokal dari tanaman ini diantaranya : katimahar, katimaha, bintangar, ngdedo, kauwasa, dan masih banyak lagi panggilan lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Lihat Juga : 6 Khasiat Kapas Hantu Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk daun yang menyerupai jantung, pohon kecil berketinggian sedang berkisar antara 5 hingga 20m, kelopak bunga berdaun mahkota 5 helai. Bunga berwana ungu dengan kelopak warna hijau. Sedangkan buahnya kotak menyerupai buah pir. Umumnya tanaman ini dipakai untuk tali pada bagian kulit, dan batangnya dijadikan pagar hidup karena mempunyai daun rindang.

Apa saja kandungan senyawa pada pohon Paliasa?
Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa zat yang terkandung pada tanaman ini. Senyawa tersebut berupa kumarin tepatnya 7-hidroksi-6-metoksi kumarin yaitu berupa kimia alami dari skopoletin. Dari kandungan inilah diperoleh manfaat yang bersifat anti-inflamasi, alergi, hipertensi dan lain sebagainya.

7 Khasiat Tanaman Paliasa Atau Katimaha Untuk Kesehatan :
  1. Daun dan kulit batang terdapat kandungan racun yang membunuh kutu kepala.
  2. Ekstrak daun terdapat antioksidan yang berkemampuan untuk menangkal radikal bebas.
  3. Antioksidan tersebut juga berkemampuan untuk melawan tumor dan kanker hati.
  4. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh yang berfungsi untuk mencegah hipertensi.
  5. Bersifat anti-inflamasi yang mampu mengatasi peradangan (pembengkakan).
  6. Mengatasi gejala alergi terhadap makanan, dll.
  7. Mencegah terkena serangan jantung koroner.
Bagaimana Resep dan Cara menggunakan tanaman paliasa sebagai obat?
Langkah yang dibutuhkan sangatlah sederhana, cukup dengan menyeduh daun paliasa yang sudah kering dengan porsi secukupnya. Minum layaknya mengkonsumsi teh.


Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Khasiat Tanaman Paliasa Atau Katimaha Untuk Kesehatan semoga bisa berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share jika tulisan ini bermanfaat! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel