9 Khasiat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan

Khasiat tanaman Putri malu memang tidak main-main bagi kesehatan tubuh kita. Kenapa demikian? Karena kandungan Asam Pipekolinat, Mimosin, dan tanin didalamnya mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang mungkin saja menyerang tubuh kita.

Apa itu tanaman putri malu? Mungkin sobat sudah mengetahui mengenai slah satu tumbuhan yang sangat unik ini. Selain mempunyai respon yang cepat pada saat disentuh, kemungkinan untuk untuk mengatupkan daunnya bisa dilakukan dalam jangka waktu sekitar 15 detik. Namun untuk mengembalikannya, tumbuhan ini butuh sekitar setengah jam. Kenapa daunnya menutup? Sebab itu merupakan bentuk respon terhadap ancaman serta perlindungan diri dari hewan pemakan tanaman. Jadi daun akan menutup dan terlihat pucat seperti layu.

Untuk ciri serta deskripsi, Tanaman putri malu mempunyai daun hampir sama persis dengan meniran. Namun pohon terdapat duri sebagai bentuk pertahanan diri lainnya. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat dan Khasiat Tanaman putri malu untuk kesehatan? Mari kita bahas bersama!
9 Khasiat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan

9 Khasiat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan :
>> Sebagai obat anti batuk (Antitusif).
>> Bersifat sebagai obat penenang.
>> Menurunkan panas atau demam.
>> Mengencerkan dan mengeluarkan dahak.
>> Anti inflamasi atau peradangan.
>> Diuretik / meluruhkan air seni.
>> Mengurangi gejala rematik dan nyeri sendi.
>> Mengatasi penyakit susah tidur / insomnia.
>> Hepatitis dan bronkitis.

Bagaimana cara membuat dan menggunakan ramuan dari tanaman putri malu? Bagian tanaman yang bisa digunakan sebagai obat diantaranya ialah daun, akar, bunga dan juga batangnya. Untuk cara pembuatan, Berikut resep sederhana yang mungkin bisa membantu!

Untuk Batuk Yang Disertai Dahak
Rebus akar putri malu sekitar 15-20gr atau setara dengan 1 genggam hingga mendidih dengan air 300cc/1 setengah gelas. Diamkan sejenak hingga hangat kemudian diminum selagi hangat.

Untuk Insomnia / susah tidur.
Rebus 2 genggam daun putri malu dengan air 300cc. Minumselagi hangat dengan menambah sedikit garam dapur.

Untuk Rematik
Siapkan daun dari putri malu secukupnya. Haluskan daun kemudian ditapalkan pada area yang sakit. Tunggu hingga kering atau paling tidak didiamkan selama 30 menit.

Untuk Hepatitis dan Bronkitis.
Rebus daun beserta akar dari putri malu(masing 30gr) dengan air 500cc. Ramuan ini diminum dua kali sehari dengan porsi 1 gelas perkonsumsi.

Demikianlah 9 Khasiat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan. Selamat mencoba!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel