22 Khasiat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Alpukat mungkin sudah sangat umum bagi kalangan tertentu yang gemar dengan pengobatan tradisional. Namun tidak sedikit juga yang belum paham akan Manfaat Daun Alpukat dikarenakan semakin maraknya jenis-jenis obat baru yang lebih mudah didapat dan lebih efesien khususnya dari segi cara mengkonsumsi. Tapi, apa anda tidak berpikir akan efek samping yang bisa ditimbulkan? Yang jelas, jamu herbal lebih baik dibanding dengan obat kimia yang banyak terjual dipasaran. Nah, oleh karena itu disini kami akan memberikan sedikit rangkuman terkait dengan fungsi dan kegunaan daun alpukat bagi kesehatan maupun kecantikan. Agar lebih menyingkat waktu, yuk langsung saja simak rincian berikut!

22 Khasiat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun alpukat, siapa yang tidak tahu dengan tanaman penghasil buah ini. Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak digemari oleh kalangan orang. Hal tersebut karena buah ini mempunyai tekstur daging yang lembut, rasa yang unik dan juga mengandung lemak tak jenuh sehingga mungkin akan sangat cocok bagi anda yang sedang diet. Tidak hanya pada buah alpukat saja, tumbuhan obat ini bisa digunakan pada bagian akar, kulit buah, dan bahkan diekstrak menjadi minyak yang fungsinya cukup baik dalam kehidupan sehari-hari. Tapi pada kesempatan ini kami hanya akan memfokuskan pada manfaat daunnya saja. Apa manfaat daun alpukat? Terdapat kandungan apa saja didalamnya? Berikut jawaban singkat dari semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

==> Yuk Lihat Juga : 7 Khasiat Bulu Perindu Untuk Pengasih Dan Pemikat

Membahas mengenai kandungan, daun alpukat mempunyai senyawa berupa Querstin, Antioksidan dan juga Polifenol. Dalam hal ini fungsi dari kandungan tersebut sangat bervariasi. Untuk mengetahui lebih lanjut, mungkin rangkuman berikut bisa menjadi referensi bagi anda.
  • Antioksidan : Mempunyai peranan penting untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit. Manfaat dari zat ini terbilang sangat dibutuhkan sehingga metabolisme dan kinerja organ dalam tubuh berjalan secara optimal. Tidak hanya itu saja, antioksidan juga akan mmebuat tubuh lebih kebal dan kuat terhadap serangan virus, kuman, serta radikal bebas.
  • Polifenol : Zat ini juga bisa ditemukan pada teh, anggur, kacang-kacangan, dan bawang karena merupakan sub-fitonutrien yang fungsinya ialah untuk melindungi atau melawan patogen, parasit dan juga parasit dari hama tanaman itu sendiri. Dari sisi lain, polifenol juga ikut berkontribusi dalam pembentukan rasa serta warna pada buah ataupun sayuran yang didalamnya terdapat kandungan senyawa yang dimaksud.
  • Querstin : Hampir serupa dengan antioksidan, querstin juga mempunyai peranan sebagai pelindung tubuh dari beberapa serangan penyakit degenerative. Cara kerjanya ialah dengan mengangkap radikal bebas kemudian menghelat ion logam transisi pada makanan. Senyawa alami ini juga berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri pada tubuh sehingga tubuh lebih sehat dan terhindar dari yang namanya penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
Nah, jika dibahas secara singkat, manfaat daun alpukat (biasanya melalui proses perebusan) ialah sebagai obat diuretik alami, anti-inflamasi, batu ginjal, sakit kepala, hipertensi, nyeri sayaraf, nyeri lambung, haid tidak lancar, dan mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan sistem pernafasan. Namun, untuk pengetahuan yang lebih luas dan bisa menambah wawasan anda terkait dengan tanaman obat, maka dibawah ini kami juga sudah mnyediakan daftar singkat tentang apa saja manfaat dan khasiat daun alpukat bagi tubuh. Yuk simak selengkapnya!

22 Khasiat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

#1. Bersifat Anti-Inflamasi
Anti-inflamasi ialah suatu zat yang bisa mencegah atau juga mengatasi adanya gejala radang (pembengkakan pada tubuh). Entah itu pada bagian luar ataupun dalam tubuh sehingga bengkak yang terjadi bisa mengalami proses pengempisan lebih cepat dibanding dengan dibiarkan begitu saja.

#2. Mengatasi Batu Ginjal
Batu ginjal yang yang juga dikenal dengan kencing batu merupakan suatu jenis penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Terbentuknya batu ginjal bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang diantaranya ialah sering menahan pipis, mengkonsumsi air mentah (umum dikalangan masyarakat desa), dan juga hal lain yang pada akhirnya terdapat pengendapan batu pada ginjal. Jika dikonsumsi secara teratur, rebusan daun alpukat bisa menghancurkan batu tersebut dan mengeluarkannya dari tubuh.

#3. Mempunyai Sifat Antioksidan
Antioksidan banyak ditemukan pada jenis makanan, entah itu buah, sayur dan juga minuman. Disini antioksidan mempunyai manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh. Salah satunya ialah untuk menangkal radikal bebas dan juga menguatkan sistem imun sehingga anda lebih kebal dan tidak mudah terserang penyakit.

#4. Meringankan Gejala Hipertensi
Tekanan darah tinggi merupakan gejala dari saluran darah pada tubuh yang sedang tidak normal. Biasanya penyakit ini juga dibarengi dengan seringnya sakit kepala, emosi mudah naik, dan beberapa hal yang masih terkait. Namun disini daun alpukat bisa menjadi salah satu solusi sederhana yang bisa anda gunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

#5. Mengurangi Sakit Kepala (Pusing)
Pusing atau sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor. Namun salah satu pemicu tersebut bisa berupa banyaknya pikiran, keadaan tubuh sedang tidak fit, atau juga karena kegiatan sehari-hari yang menjadikan kepala anda pusing. Dikarenakan terdapat flavonoid yang juga berfungsi sebagai antioksidan, daun alpukat terbilang sangat ampuh untuk mengatasi sakit kepala yang anda derita.

#6. Mengatasi Sakit Perut & Nyeri Lambung
Penyakit yang satu ini bisa disebabkan oleh gangguan maag yang intinya anda sering telat makan. Namun bisa juga karena jenis makanan yang anda konsumsi. Timbulnya rasa nyeri pada lambung menyebabkan perasaan yang sangat tidak enak sehingga bisa mengganggu aktifitas harian. Bagaimana untuk mengurangi gejala yang disebabkan? Anda bisa mencoba ramuan dari daun alpukat sehingga nyeri pada lambung anda bisa segera teratasi.

#7. Menyehatkan Sistem Pernafasan
Dalam hal ini terkait pula dengan pencegahan radang, asma (sesak nafas) dan juga terbentuknya jaringan atau sel kanker pada nasofaring (hidung). Dengan begitu saluran nafas anda akan lebih sehat, tidak terjadi gangguan dan berimbas pula pada sistem metabolisme tubuh yang lain pada tubuh. Salah satunya ialah kinerja tenggorokan dan organ paru-paru.

#8. Melancarkan Haid (Menstruasi)
Bagi kalangan wanita khususnya, mengalami datang bulan yang telat sudah menjadi permasahan yang umum dan sering terjadi dalam kehidupan setiap individu masing-masing. Masalah ini bisa jadi dikarenakan gangguan hormon dan juga pola pikir yang mengakibatkan stres dan lain sebagainya. Untuk menormalkan kembali siklus bulanan anda (menstruasi), sebenarnya ada begitu banyak ramuan herbal yang anda gunakan. Salah satunya ialah daun alpukat yang pengolahan dan penggunaannya sangatlah sederhana.

==> Yuk Simak Juga : 17 Khasiat D-Collagen Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

#9. Meringankan Nyeri Syaraf
Sistem syaraf tubuh terkadang juga mengalami gangguan karena aktifitas atau gerak tubuh yang salah. Pemicunya seperti syaraf terjepit, atau karena memang terdapat gangguan lain yang penyebabnya tidak bisa diketahui secara pasti. Penyakit syaraf bisa diringankan dengan daun alpukat. Selain mneyehatkan, daun alpukat juga mempunyai sistem syaraf anda lebih rileks.

#10. Menghaluskan Kulit
Antioksidan pada daun alpukat juga ikut anda dalam menjaga proses regenerasi kulit sehingga terhindar dari beberapa tanda penuaan. Dalam hal ini kulit anda akan tetap lembab (tidak mudah kering), dan juga membuat kulit tetap halus dan lembut secara alami. Cara penerapan cukup dengan menghaluskan daun alpukat secukupnya kemudian campur dengan sedikit air agar berbentuk pasta. Oleskan pada area kulit anda secara merata hingga kering dan langkah akhir tinggal dibersihkan dengan air.

#11. Meringankan Sakit Pinggang
Bagi kalangan orang yang mempunyai aktifitas kerja berat, mungkin daun alpukat akan sangat membantu dalam meringankan sakit pinggang yang umum terjadi ketika tubuh kelelahan. Sakit pinggang sendiri bisa dipicu oleh begitu banyak sekali faktor. Salah satunya kecapekan, syaraf terjepit, otot kaku dan lain sebagainya. Nah, daun alpukat bisa anda pakai untuk alternatif herbal yang ampuh untuk mengobati sakit pinggang.

#12. Mengobati Sariawan
Sariawan sering muncul karena panas dalam atau disebabkan oleh jenis makanan yang anda konsumsi. Sedangkan untuk menggunakan daun alpukat sebagai obat sariawan, langkah yang perlu anda ambil terbilang sangatlah sederhana. Cukup gigit daun alpukat yang masih muda dan dibiarkan paling tidak selama 5 hingga 10 menit. Agar hasil lebih maksimal, lakukan kegiatan ini sebanyak 3x sehari.

#13. Menjaga Berat Badan
Sama halnya dengan buah, daun alpukat juga mempunyai kandungan Lemak tak jenuh yang sangat baik dikonsumsi karena tidak menyebabkan kegemukan. Boleh dibilang bahwa jamu dari daun alpukat bisa menjaga tubuh tetap langsing, mencegah obesitas (kegemukan) dan juga berat tubuh anda tetap terjaga dalam tingkat normal.

#14. Mencegah Pengeroposan Tulang (Osteoporosis)
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan osteoporosis, mungkin daun alpukat akan sangat membantu dalam meringankan gejala yang disebabkan. Salah satunya ialah sulit bergerak, tubuh terasa sakit semua, dan lain sebagainya. Hal ini karena daun alpukat juga mempunyai kandungan fosfor serta kalsium yang manfaatnya baik untuk pembentukan tulang.

#15. Mengembalikan Kehitaman Rambut
Anda mempunyai masalah dengan rambut? Apa rambut anda beruban? Tentunya anda wajib mencoba ramuan dari daun alpukat ini. Sebab, daun alpukat dipercaya bisa menjaga kesehatan rambut dan juga mengembalikan kehitaman rambut secara alami. Cara penerapan cukup dengan menghaluskan daun alpukat hingga berbentuk pasta, campur dengan sedikit air kemudian dibilaskan pada seluruh area rambut yang anda kehendaki. Diamkan sejenak baru bisa anda bilas. Cocok juga digunakan sebelum anda keramas.

#16. Mencegah Kulit Wajah Kering
Sebenarnya hal ini ada kaitannya dengan kesehatan kulit yang sudah kami sebutkan diatas. Namun guna lebih spesifik, mungkin wajah merupakan bagian tubuh yang menjadi fokus untuk perawatan kecantikan. Dan disini daun alpukat bisa dijadikan masker alami yang fungsi dan kegunaannya tidaklah rumit. Pertama anda haluskan daun alpukat yang masih muda (bisa ditumbuk atau di blender). Aplikasikan pada wajah dan diamkan sekitar 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

#17. Mempunyai Sifat Antibiotik
Dikarenakan sifat yang satu ini, tubuh anda akan lebih sehat karena bisa mencegah biotik atau hampir serupa dengan antioksidan yang bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit. Seyawa alami inii banyak didapat pada jamu, jenis makanan tertentu, buah, sayur yang salah satunya ialah daun alpukat.

Selain 17 manfaat yang sudah kami jelaskan diatas, terdapat pula khasiat lain yang mencakup pencegahan gigi berlubang (bisa dikategorikan untuk menjaga kesehatan gigi), sebagai pelindung sel-sel tubuh (bisa meregenerasi sel tubuh yang rusak), mengobati disentri, meringankan gejala diabetes mellitus (kencing manis), dan baik untuk meningkatkan kesuburan bagi kalangan wanita.

Bagaimana cara mengolah atau menggunakan daun alpukat sebagai jamu? Nah, tentunya masih ada pertanyaan tentang bagaimana cara yang tepat agar jamu dari daun alpukat ini berfungsi secara maksimal. Meski salah satunya sudah kami sebutkan diatas, namun tidak lengkap rasanya jika kami juga tidak melampirkan secara lengkap resep-sederhana yang bisa anda terapkan. Untuk itu, yuk simak rincian sederhana dibawah ini!
  • Batu Ginjal : Siapkan sekitar 5 hingga 8 lembar daun alpukat yang sudah tua (berwarna hijau pekat). Cuci dan rebus dengan 1 gelas air (200cc) hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum setiap hari pagi dan sore hingga 10 hari berturut-turut. Efektifitas jamu bisa dirasakan dengan keluarnya kerikil melalui saluran kemih, dan jika sudah bersih maka ada baiknya konsumsi jamu ini dihentikan.
  • Sakit Pinggang : Siapkan 5 lembar daun alpukat dan 1 ruas kunyit. Cuci dan tumbuk keduanya hingga halus yang kemudian disusul dengan proses perebusan. Didihkan dengan 1 gelas air hingga tersisa separuhnya. Saring dan minum 1x sehari selama 5 hari atau hingga sakit pinggang anda hilang.
Namun perlu diperhatikan pula, daun alpukat mempunyai sedikit efek samping karena beberapa dari penelitian menyebutkan bahwa daun alpukat berpotensi menghasilkan toksik (racun). Salah satu contohnya ialah terdapat pada alpukat jenis Guatemala. Namun pada jenis lain seperti Alpukat Meksiko terbilang masih aman. Tapi ada pula dari beberapa ahli yang menyatakan bahwa toksisitas ini hanya bisa terjadi pada konsumsi dalam jumlah besar.

==> Yuk Baca Juga : 13 Khasiat B Complex Bagi Kesehatan Tubuh

Demikianlah ulasan singkat mengenai 22 Khasiat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan memberikan sedikit referensi bagi anda yang membutuhkan. Dan jika artikel ini memang bermanfaat, jangan lupa pula untuk dishare pada teman-teman yang lain agar pengetahuan ini tidak putus pada anda. Sekian dan terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *