17 Khasiat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Bunga Kamboja mungkin masih belum begitu familiar. Sebab sangat tidak laazim karena biasanya tanaman ini tumbuh di taman pemakaman umum. Namun untuk jaman sekarang ini, bunga kamboja malah sudah menjadi buruan karena bisa dilah menjadi berbagai ramuan herbal yang kaya akan kegunaan dan juga manfaat bagi kesehatan. Adapun rangkuman singkat mengenai fungsi bunga kamboja untuk obat ialah sebagai penurun demam, mengobati radang, melancarkan sistem pencernaan dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan terkait dengan tanaman obat, kali ini kami akan memberikan sedikit rincian yang membahas Manfaat Bunga Kamboja Bagi Kesehatan.

17 Khasiat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bunga Kamboja (Nama latin atau ilmiah : Plumeria) adalah sejenis tanaman bunga yang umum ditemukan di taman pemakaman atau tempat-tempat lain yang mempunyai asupan sinar matahari cukup. ada juga yang menjadikan jenis bunga ini sebagai tanaman hias yang ditanam dalam pot dengan cara dibonsai. Sedangkan untuk pemanfaatan, bunga kamboja kering sering diolah menjadi bahan minuman pengganti teh.


Diberbagai daerah kamboja mempunyai panggilan atau nama lokal yang berbeda. Contoh : Bunga Semboja pada daerah Jawa, Bunga Jebun Bali, Bunga Samoja Sunda, Bunga Lomilate Gorontalo, Kembheng Cempaka Madura, Bunga Pandam Minangkabau, Bunga Kolosusu Minahasa, Dan Bunga Capaka Kubu pada daerah Tidore.

Nah, yang dipertanyakan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa pada bunga kamboja? Dikutip dan dilansir dari berbagai sumber, bunga kamboja mempunyai beberapa senyawa yang diantaranya triterpenoid, lupeol, fulvopliemerin, dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya.

Khasiat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Bersifat analgesik yang cukup ampuh untuk meringankan rasa nyeri dan sakit.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi radang atau pembengkakan.
  3. Bersifat Anti-piretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam atau suhu tubuh yang tinggi.
  4. Mengurangi nyeri pada saat datang bulan (meminimalisir nyeri haid).
  5. Mencegah pingsan ketika udara terlalu panas pada lingkungan sekitar atau pada saat berjemur.
  6. Mengobati nyeri pada saat sakit gigi khususnya bagi gigi yang berlubang.
  7. Menyembuhkan penyakit disentri atau berak yang bercampur dengan nanah.
  8. Menyembuhkan kencing nanah.
  9. Mengobati radang gusi, sakit tenggorokan serta gejala-gejala sariawan.
  10. Menambah selera makan khususnya bagi anda yang masih dalam masa pemulihan pasca sakit.
  11. Melancarkan sistem pencernaan terkait pencegahan sembelit dan penumpukan racun dalam usus.
  12. Mempercepat penuaan dan penyembuhan bisul.
  13. Menghilangkan kutil dan juga tahi lalat.
  14. Mempercepat penyembuhan luka atau borok yang berkepanjangan.
  15. Menghilangkan jamur pada kulit khususnya panu, kadas dan kurap.
  16. Bersifat anti-biotik yang mencegah pertumbuhan mikroba dalam atau luar tubuh.
  17. Mencegah obesitas atau kelebihan berat badan. Sangat cocok untuk anda yang ingin selalu tampil langsing dan mencegah kegemukan.

Bagaimana cara mengolah kamboja sebagai obat?
Sebenarnya sangat sederhana saja dan penggunaan dari kamboja bisa dipakai keseluruhan bagian tanamannya. Seperti sakit gigi yaitu menggunakan getahnya yang dioleskan pada gigi yang sakit, rebus akar untuk menyembuhkan kencing nanah, haluskan daun dan bubuhkan pada bisul, getahnya juga baik untuk penyakit kulit yaitu dengan cara mengoleskannya pada kutil, panu, dan jenis jamur kulit lainnya. Sedangkan untuk konsumsi lainnya bisa menggunakan bunga kamboja kering sebagai minuman pengganti teh.


Demikianlah artikel singkat mengenai 17 Khasiat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *