4 Khasiat Biji Asam Jawa Untuk Kesehatan

Khasiat Biji Asam Jawa mungkin masih jarang diketahui karena kebanyakan hanya menggunakan daging buahnya saja. Umumnya Daging buah asam jawa digunakan sebagai rempah atau bumbu dapur, sedangkan pucuk daun dijadikan jamu sinom dengan paduan kunyit dalam peracikannya. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa Manfaat Biji Asam Jawa Bagi Kesehatan? nah, pada kesempatan kali ini, disini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan fungsi dan kegunaan dari biji asam jawa tersebut. Untuk lebih singkat, berikut rincian selengkapnya!

4 Khasiat Biji Asam Jawa Untuk Kesehatan

Asam Jawa adalah sejenis buah yang mempunyai rasa masam dengan habitat hidup tropis sehingga juga banyak ditemukan di Indonesia. Sedangkan ciri dari tanaman bisa dikenali dengan bentuk daun kecil berhadapan warna hijau, pohon berkulit kasar warna cokelat ketinggian mencapai hingga kurang lebih 15 meter. Buahnya memanjang berupa polong dan keras karena terbungkus cangkang. Jika sudah matang, daging buah berwarna hitam kecokelatan dan rasanya sungguh asam dengan tekstur lembut agak sedikit lengket. Biji buah berwarna hitam keras, biasanya dikenal dengan sebutang klungsu (jawa) dan Maghi' (madura).


Sebelumnya kami sudah membahas mengenai 12 Khasiat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Dan untuk melengkapi, berikut ini kami sudah menyiapkan beberapa cara mengolah dan menggunakan biji asam jawa sebagai obat.

Khasiat Biji Asam Jawa Untuk Kesehatan :
  1. Menyembuhkan luka atau borok yang berkepanjangan. Cara menggunkan ialah cukup dengan menghaslukan beberapa biji asam jawa dan diberi sedikit air hingga berbentuk pasta. Bubuhkan pada luka kemudian dibalut atau diperban dengan kain halus.
  2. Mengatasi radang atau bengkak yang disebabkan oleh sengatan serangga seperti lian, kalajengking, dan juga sengatan lebah. Cara penerapan yaitu menghaluskan biji asam jawa yang sudah kering hingga berbentuk serbuk, bersihkan luka (bekas gigitan) dengan minyak kayu putih kemudian taburi dengan bubuk biji asam jawa yang sudah dihaluskan tersebut.
  3. Mengatasi gigitan ular berbisa yaitu dengan membelah biji asam jawa yang masih basa kemudian ditempelkan pada luka.
  4. Mengatasi dan mencegah rambut rontok. Caranya cukup dengan memijat kulit kepala dengan biji asam jawa yang sudah ditumbuk halus (biji yang masih segar).

Tidak hanya itu saja, pada wilayah tertentu, biji asam jawa juga dijadikan tepung sebagai alternatif bahan pangan. Namun bisa juga dikonsumsi langsung. Namun sebelum dikonsumsi harus dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Cara mengolah ialah dengan menjemur biji asam jawa hingga kering, selanjutnya disangrai hingga kulit bagian luar akan menglupas. Untuk langkah akhir kemudian biji yang sudah disangrai direbus hingga mendidih dan bertekstur lembut. Padukan juga dengan sedikit garam dapur agar rasa olahan menjadi lebih nikmat.


Demikianlah sepintas mengenai 4 Khasiat Biji Asam Jawa Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan memberi sedikit referensi atau pengetahuan akan manfaat tersembunyi dari biji asam jawa. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *