Khasiat Biji Rambutan Untuk Atasi Kencing Manis

Khasiat Biji Rambutan mungkin belum umum dan belum diketahui oleh khalayak ramai. Padahal jika kita pelajari, ada banyak sekali manfaat biji rambutan yang akan membuat kita terkagum. Khususnya bagi orang yang mengalami ganguan gula darah (diabetes). Meski terasa pahit, biji rambutan menyimpan kegunaan serta fungsi besar untuk mengembalikan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita manfaatkan agar tidak terbuang sia-sia. Jadi untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, mungkin rangkuman kami berikut ini bisa membantu dan memberi sedikit pencerahan supaya pengetahuan kita lebih luas.

Khasiat Biji Rambutan Untuk Atasi Kencing Manis

Tentunya kita sudah tahu mengenai buah rambutan. Buah yang luarnya berambut dan berkulit merah. Mempunyai daging putih kenyal rasanya amat manis. Bijinya sedikit putih lonjong memanjang. Nah dari biji inilah diperoleh jutaan khasiat yang salah satunya sebagai terapi penyembuhan diabetes. Sebenarnya tidak hanya pada biji saja, melainkan daun, kulit dan buah rambutan juga ampuh untuk perawatan kesehatan maupun kecantikan. Namun untuk bahasan kali ini, disini kami hanya fokuskan pada bijinya saja.


Membahas sepintas mengenai rambutan, buah ini merupakan tanaman buah musiman yang hanya bisa didapat pada waktu tertentu saja. Sedangkan untuk habitat hidup, rambutan bisa tumbuh dan berbuah pada dataran tinggi, tepatnya di daerah yang mempunyai suhu dingin atau pegunungan. Sedangkan untuk dataran rendah, sangat jarang bisa berbuah.

Nah beranjak pada topik, manfaat biji rambutan karena didukung dengan adanya kandungan senyawa kimia alami didalamnya. Kandungan tersebut berupa polifenol, flavonoid, dan juga methanol. Dari zat inilah biji rambutan bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes. Bagaimana resep dan cara mengolah biji rambutan untuk jamu?

Sebenarnya ada 2 metode yang bisa dilakukan. Yaitu dengan cara mengkonsumsi sebagai jamu (buah rambutan dalam keadaan segar) dan bubuk (melalui proses penjemuran dan sangrai). Sedangkan untuk langkah-langkah, berikut ini sudah kami siapkan tata cara yang bisa diikuti.

1. Metode dibuat jamu
Langkah pertama ialah dengan menyiapkan sekitar 7 butir biji rambutan yang sudah dipisahkan dengan dagingnya. Untuk hasil lebih maksimal, mungkin bisa juga dipadukan dengan 5 ruas rimpang temulawak. Cuci bersih semua bahan kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan tiriskan. Tambahkan juga sedikit garam dapur. Untuk konsumsi bisa dilakukan 2x sehari masing-masing 1 gelas selagi hangat.

2. Dijadikan Bubuk
Siapkan biji rambutan yang sudah dimakan dagingnya. Iris tipis kemudian dijemur hingga kering agar proses sangrai tidak memakan waktu lama. Setelah kering kemudian disangrai dengan api sedang hingga berubah warna kehitaman (sama persis seperti menyangrai kopi). Diamkan sejenak hingga agak dingin kemudian ditumbuk dan diayak hingga halus. Untuk kebutuhan konsumsi, cukup siapkan 1 sdt bubuk biji rambutan dan diseduh dengan 50cc (seperempat gelas) air mendidih. Minum 2x sehari siang dan malam hari sebelum tidur.


Bagi anda penderita diabatese mellitus (kencing manis), apa masih ragu? Silahkan dicoba dan buktikan sendiri hasilnya. Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Biji Rambutan Untuk Atasi Kencing Manis. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare juga ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *