16 Khasiat Ketul Untuk Kesehatan

Khasiat Ketul memang sudah familiar dan umum digunakan sebagai obat tradisional oleh kalangan masyarakat di pedesaan. Manfaat ketul dipercaya bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang diantaranya ialah sesak nafas, batuk, menetralkan racun, diare, diabetes dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit keterangan yang membahas mengenai apa itu ketul serta kagunaannya bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Ketul Untuk Kesehatan

Ketul (Nama Latin : ) Adalah sejenis rumput yang tumbuh secara liar dipinggiran jalan dan pematang sawah sehingga tidak urung dianggap juga sebagai gulma atau hama tanaman. Beberapa nama lokal untuk tumbuhan ini dikenal dengan sebutan ketulan, ketul kebo, petul, ajeran, hareuga, caringan, acerang, jaringan, lancing thuwa, cing-lancingan, ketul sapi dan mungkin masih banyak lagi panggilan berbeda pda setiap wilayahnya.

Lihat Juga : 6 Khasiat Kesambi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan batangnya yang berbentuk terna bercabang dengan ketinggian pohon hingga 4m. Batang bersegi empat sedikit ditumbuhi rambut halus berwarna putih. Daun warna hijau berhadapan bulat telur dengan ujung meruncing. Sedangkan bunga bongkol dengan warna putih, kuning, serta berbuah keras. Biasanya rumput ini bergerombol dan membentuk semak.

16 Khasiat Ketul Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat diuretik yang ampuh untuk menurunkan demam (suhu tubuh tinggi).
  2. Obat herbal untuk penyakit kulit seperti kudis, gatal-gatal, dll.
  3. Meringankan gejala sakit kepala seperti pusing dan migrain.
  4. Menyembuhkan batuk yang juga baik untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak.
  5. Mengontrol dan menurunkan kadar gula darah yang tinggi sehingga baik untuk penderita diabetes.
  6. Melancarkan sistem pernafasan yang terkait dengan penyembuhan sesak nafas dan angina atau nyeri dada.
  7. Menghentikan diare atau mencret.
  8. Mampu melancarkan sistem pencernaan khususnya sembelit atau susah BAB.
  9. Mempercepat pematangan bisul.
  10. Mengembalikan stamina yang baik untuk mengatasi pegal linu dan capek kerja.
  11. Bersifat analgesik yang ampuh untuk meredam rasa nyeri.
  12. Meringankan gejala rematik dan nyeri pada persendian.
  13. Mengeluarkan cacing dalam tubuh yang baik untuk anak cacingan.
  14. Mengatasi gangguan pada perut.
  15. Menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh.
  16. Mengurangi nyeri pada saat sakit gigi.
Bagaimana resep dan cara menggunakan ketul sebagai obat?
Sebenarnya dengan mengkonsumsi daun ketul sebagai lalapan saja sudah bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Namun alternatif lain juga bisa dilakukan. Langkah tersebut diantaranya :
  • Sakit Gigi : Siapkan beberapa lembar daun ketul yang masih segar kemudian dikunyah.
  • Gatal dan penyakit kulit : Siapkan daun ketul secukupnya dan direbus dengan air. Gunakan air tersebut untuk mandi, paling bagus jika digunakan pada saat masih hangat.
  • Bisul : Ambil pucuk daun yang masih muda kemudian dilayukan dengan cara ditaruh pada atas api atau bisa juga menggunakan lilin. Selanjutnya bisa ditapalkan pada bisul ketika daun masih hangat.
  • Penggunaan Umum (Jamu) : Siapkan sekitar 2 genggam daun ketul yang masih segar. Tumbuk kasar kemudian direbus dengan 6 gelas air hingga tersisa setengah. Tambah sedikit garam dapur selanjutnya disaring. Minum air rebusan tersebut 2x sehari masing-masing 1 gelas untuk 1x minum.
Bagaimana? Cukup mudah bukan? Sangat banyak sekali jenis tanaman obat yang bisa kita dapat pada lingkungan sekitar. Maka dari itu, kita dituntut untuk cari tahu agar pemanfaatan lebih maksimal dan juga sekaligus bisa menambah pengetahuan yang mungkin saja dibutuhkan dikemudian hari.

Baca Juga : 12 Khasiat Ketapang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah artikel singkat mengenai 16 Khasiat Ketul Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa berguna bagi orang banyak khususnya yang membutuhkan. Sekian dan jangan lupa dibagikan dengan teman yang lain ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *