10 Tumbuhan Berkhasiat Untuk Penyakit Gatal-Gatal

Tumbuhan Untuk Penyakit Gatal-gatal terbilang sangat banyak sekali. Namun kita saja yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu, seharusnya kita lebih banyak mencari informasi sehingga tidak ketinggalan update serta bisa memperoleh ilmu atau pengetahuan baru khsusnya tanaman obat yang bisa kita dapat pada lingkungan sekitar. Beberapa diantaranya dialah berupa bumbu seperti bawang putih, lengkuas dan jenis daun-daunan lain yang tentunya mudah didapat pada daerah kita.

10 Tumbuhan Berkhasiat Untuk Penyakit Gatal-Gatal

Seperti kita ketahui, gatal-gatal pada kulit tidak bisa kita anggap remeh, sebab jika dibiarkan malah akan menambah parah atau berakibat infeksi, ruam dan juga luka pada permukaan kulit. Jadi sedari dini alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan atau setidaknya pengobatan sederhana yang salah satunya ialah dengan menggunakan ramuan herbal yang bisa kita dapat dari daerah sekitar.


Jenis gatal pada kulit terbilang sangatlah banyak. Salah satu penyebabnya ialah jamur pada keringat, memakai baju kotor (tidak dicuci), lingungan yang kurang bersih serta menggunakan air mandi yang tidak higenis. Namun selain itu masih banyak lagi penyebab lain yang tentunya tidak jauh dari kebersihan lingkungan yang kita tinggali. Adapun penyebab lain tersebut seperti gigitan serangga, terkena bulu ulat, dan lain sebagainya. Apa saja sih tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengatasi gatal pada kulit? Mungkin rincian berikut bisa menjawab pertanyaan tersebut.

10 Tumbuhan Berkhasiat Untuk Penyakit Gatal-Gatal :
  1. Menggunakan kulit pisang. Bahan ini untuk sekarang ini sudah sangat mudah sekali didapat. Mungkin sebagian orang membuangnya sia-sia, namun jika dimaksimalkan kulit pisang juga bisa dipakai sebagai masker wajah dan penghilang rasa gatal pada kulit. Cara penerapan sangatlah sederhana, cukup tempelkan bagian dalam kulit pisang pada kulit yang terasa gatal dan diamkan hingga bereaksi dengan sendirinya.
  2. Menghilangkan gatal dengan buah mentimun. Kadang sebagian orang menjadikan buah jenis sayur ini untuk menyegarkan mata. Namun kemampuan lainnya juga ampuh untuk menyembuhkan gatal pada kulit. Cukup haluskan timun dengan cara diulek atau ditumbuk kemudian dibubuhkan pada daerah kulit yang terasa gatal.
  3. Memakai Jeruk Nipis Dan Jeruk Lemon. Kedua buah ini mempunyai kemampuan untuk membersihkan dan mengangkat racun pada tubuh. Penerapan bisa dengan mengoleskan perasan air jeruk lemon Atau Jeruk nipis kemudian dioleskan pada kulit yang gatal.
  4. Menyembuhkan gatal dengan Lidah Buaya. Tanaman hias yang satu ini juga mempunyai kemampuan mengatasi gatal-gatal pada kulit. Meski fungsinya sering digunakan untuk dunia kecantikan, namun kegunaan lainnya juga ampuh untuk menghilangkan gatal pada kulit. Cara menggunakan cukup dengan mengoleskan lendir pada bagian kulit yang gatal, diamkan hingga mengering dan bilas dengan air mengalir.
  5. Mengatasi gatal kulit dengan kunyit. Rimpang yang satu ini sering dipakai sebagai bumbu dapur. Pemanfaatan untuk gatal ialah dengan memadukan rimpang kunyit secukupnya dan sedikit daun sambiloto. Haluskan dengan cara ditumbuk kemudian dibubuhkan pada kulit yang gatal.
  6. Menggunakan petai cina dan Daun Sirih. Kedua bahan ini sangat mudah didapat didaerah pedesaan. Cukup siapkan 60gr petai cina dengan 10 lembar daun siri. Tumbuk bahan dan rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, kemudian oleskan air rebusan pada bagian tubuh yang gatal.
  7. Mengobati gatal kulit dengan jahe. Rimpang jahe mempunyai sifat hangat yang bisa mencegah masuk angin, menghilangkan bau badan dan lain sebagainya. Namun dalam hal ini jahe juga bisa digunakan sebagai penghilang rasa gatal pada kulit. Cara menggunakan ialah dengan menyiapkan 30gr jahe, gula aren secukupnya, beras putih dan 60ml cuka. Tumbuk semua bahan dan rebus dengan 800cc air hingga tersisa separuhnya. Minum 2x sehari hingga gatal-gatal pada kulit benar-benar sembuh.
  8. Mengatasi gatal kulit dengan bawang putih. Cara penerapan ialah dengan mengiris bawang putih hingga mengeluarkan air kemudian dioleskan pada kulit yang gatal. Bawang putih mengandung anti-septik yang baik untuk membunuh kuman.
  9. Menggunakan Daun Salam. Daun rempah yang satu ini ternyata juga mempunyai kemampuan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Cukup tumbuk kemudian ditapalkan pada kulit yang gatal.
  10. Tanaman lain bisa menggunakan daun mimba, pacing, daun cabai, daun kentutan, urang-aring dan juga rimpang temugiring. Bisa juga diminum sebagai jamu atau dioleskan langsung pada kulit yang terasa gatal.

Bagaimana cara membuat ramuan jamu untuk gatal-gatal?
Sebenarnya untuk jaman sekarang ini sudah banyak dijual jamu kemasan yang bisa kita dapat pada gerai, warung atau toko jamu terdekat. Namun rasanya kurang afdol karena pembuatannya tidak dilakukan secara alami dan menggunakan bahan yang sudah tidak segar. Oleh karena itu, ada baiknya jika membuat sendiri jamu sehat tersebut dengan menyiapkan : 1 genggam daun mimba, 2 ruas temulawak, 2 ruas temu ireng, dan 1 genggam daun sambiloto. Cuci dan tumbuk semua bahan hingga halus kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Diamkan hingga hangat, saring dan diminum secara rutin 2x sehari sampai sembuh.


Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Tumbuhan Berkhasiat Untuk Penyakit Gatal-Gatal. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel