18 Khasiat Daun Sembung Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Sembung Untuk Kesehatan memang sudah terbukti dan banyak digunakan untuk berbagai ramuan yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Manfaat Daun Sembung tersebut bisa menyembuhkan pilek, sakit tulang (nyeri), meringankan kembung, menghentikan diare, mengatasi rematik dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan kemampuan diuretik, daun tanaman sembung ini juga bisa melancarkan saluran kemih sehingga bisa mencegah pembentukan batu ginjal sehingga tubuh terhindar dari yang namanya kencing batu. Sedangkan untuk kegunaan lain, jamu dari daun sembung bisa mengatasi infeksi khususnya pada sistem pernafasan serta menyembuhkan jenis-jenis penyakit yang juga terkait dengan yang sudah kami sebutkan diatas. Nah, seperti apa dan bagaimana cara mengolah daun sembung sebagai obat? Mungkin beberapa rangkuman berikut ini bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

Khasiat Daun Sembung Untuk Kesehatan

# Deskripsi, Nama Ilmiah, Dan Daerah Daun Sembung
Daun Sembung (nama latin atau ilmiah : Blumea balsamifera L.) adalah sejenis tanaman perdu yang bisa dimanfaatkan sebagai obat dengan khasiat seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Diberbagai daerah tanaman ini dikenal dengan sembung ungu, sembung mingsa, deun kemandhin, sembung gula, sembung kuwuk, sembung langu, sembung lelet, capa, capo, mandikapu, apomase dan nga champora. Dari perbedaan nama panggilan diatas, mungkin saja pada tempat berbeda di wilayah anda juga tidak sama dengan yang sudah kami tulis. Maka dari itu mungkin bisa melihat atau mengecek lampiran gambar yang sudah kami sediakan.

==> Yuk Lihat Juga : 5 Khasiat Asam Belanda Untuk Kesehatan

# Ciri-Ciri Tanaman Daun Sembung
Seperti apa ciri daun sembung? Jika dirangkum dari Wikipedia, Ciri umum dari daun sembung ialah batang dan daunnya yang berbentuk perdu, sering dianggap gulma yang menggagu tanaman lain dan mempunyai habitat hidup pada tempat-tempat atau Negara yang mempunyai iklim Tropis. Salah satunya ialah di pematang sawah, padang rumput, pinggiran jalan, atau juga di pinggiran rumah yang tidak berpenghuni. Batangnya tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 4m serta mempunyai rambut halus pada bagian terluar kulit. Daunnya bertangkai pada bagian bawah dan berseling pada bagian atas dengan bentuk bulat (lonjong) seperti telur, berujung lancip, pinggiran daun bergerigi, serta terdapat sekitar 2 hingga 3 gelai daun pada setiap tangkai. Permukaan daun bagian atas sangat kasar dan berbanding terbalik pada bagian bawah yang boleh dibilang halus dan lembut. Bunga terbentuk malay yang muncul pada bagian ujung cabang serta warna bunganya kuning cerah dan berbuah longkah sedikit melengkung (mempunyai panjang sekitar 1mm). Daun sembung berkembang biak dengan biji dan sangat mudah tumbuh pada area-area kering sekalipun.

# Bagian Dan Kandungan Senyawa Daun Sembung
Apa saja kandungan senyawa alami pada daun sembung? Jika dilihat dari bagian tanaman yang digunakan, daun sembung sering ramu sebagai obat herbal yang dipakai pada bagian daun dan juga akar. Hal ini tidak sedikit juga yang merebus daun sembung ini dalam keadaan segar maupun kering. Nah dari segi kandungan, daun sembung mempunyai senyawa berupa alkoh0l sesquiterpen, borneol, flavanol, cineole, dimenthyl ether ploroacetophenone, glukosida, limonene, minyak atsiri, tanin, pirokatechin, myristin, asam palmitin, getah. Pada daun yang masih segar, daun sembung mengandung borneol dengan rasa asam, hangat, beraroma harum serta mempunyai rasa agak sedikit pahit.

Apa saja Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan? Nah, pertanyaan ini yang sering menjadi topik utama dan juga tertera pada judul. Sebenarnya hal ini sudah kami terangkan pada paragraf pertama artikel ini. Namun agar dirasa lebih lengkap, maka kami menyimpulkan masing-masing fungsi serta menambah sedikit keterangan mengenai penyakit terkait. Untuk selengkapnya, berikut beberapa kegunaan dari daun sembung sebagai obat.

18 Khasiat Daun Sembung Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat Anti-inflamasi : Seperti yang sudah kami bahas pada postingan-postingan kami sebelumnya. Anti-inflamasi berperan panting dalam mencegah yang namanya bengkak atau peradangan. Hal ini karena terdapat senyawa flavanol yang juga cukup baik dalam meringankan keseleo, radang jerawat diwajah, serta hal-hal lain yang masih terkait. 
  2. Bersifat Diuretik : Jika disadur dari berbagai sumber, diuretik ialah suatu sifat yang berfungsi untuk meluruhkan air seni atau yang juga dikenal dengan pelancar saluran kemih. Apabila anda merasa kesulitan dalam membuang air kecil, salah satu obat herbal yang bisa gunakan sebagai alternatif ialah ramuan daun sembung. 
  3. Bersifat Anti-bakteri, kuman, virus dan Mikroba : Boleh dibilang sifat ini sebagai antiseptik yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri atau kuman yang merugikan tubuh. Sebagai antioksidan alami, daun sembung juga sangat cocok untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.
  4. Mengatasi masuk Angin :  Sifat hangat yang terdapat pada olahan daun sembung juga sangat cocok untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi berbagai masalah yang disebabkan oleh masuk angin. Salah satunya ialah meriang, kembung, begah dan sering bersendawa.
  5. Melancarkan Sirkulasi Darah : Manfaat ini sangat pas jika anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Karena jika anda mengkonsumsi minuman sehat tradisional daun sembung akan berdampak baik bagi kesehatan khususnya dalam melancarkan peredaran darah dalam tubuh.
  6. Mengencerkan Dahak : Daun sembung sangat baik untuk mengobati batuk karena bisa mengencerkan dahak yang menempel pada tenggorokan. Sangat cocok juga bagi anda yang mempunyai masalah dengan sistem pernafasan.
  7. Menambah Selera Makan : Terkadang dalam kehidupan sehari-hari kondisi tubuh mengalami penurunan. Salah satunya ialah selera makan berkurang yang bisa juga karena pasca sakit serta sedang melalui proses penyembuhan. Nah, untuk mengembalikan selera makan keposisi normal, mungkin daun sembung bisa menjadi alternatifnya.
  8. Meluruhkan Keringat : Luruh artinya lancar yang intinya ialah untuk melancarkan keluarnya keringat dalam tubuh. Jika anda sering berkeringat, maka tubuh akan lebih sehat, wajah lebih berseri, serta mencegah penumpukan kotoran berupa debu yang terdapat sela-sela pori.
  9. Mempercepat penuaan bisul : Bagi anda yang mempunyai masalah dengan gangguan penyakit kulis seperti bisul, mungkin daun sembung bisa dijadikan alternatif pengobatan yang bisa membuat bisul cepat tua serta bisa mudah sembuh.
  10. Meringankan Gejala Flu : Biasanya penyakit ini sering muncul ketika terjadi infeksi pada saluran pernafasan serta muncul pada musim dingin khusunya penghujan. Disaat terjadi perubahan musim tersebut, terkadang daya tahan tubuh menurun sehingga membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Selain untuk meringankan gejala masuk angin, daun sembung ini juga baik untuk flu dan juga asma (sesak nafas).
  11. Mengatasi Penyakit Kulit : Adanya penyakit kulit karena infeksi jamur dan bakteri. Untuk itu, sifat anti-biotik pada daun sembung sangat ampuh sebagai pembunuh kuman sehingga berbagai jenis penyakit kulit seperti gatal-gatal, korengan, kadas, kurap dan lain sebagainya bisa segera diatasi.
  12. Mengurangi Nyeri Haid : Pada masa setiap siklusnya, kalangan wanita sering mengeluhkan rasa sakit ketika hendak datang bulan. Sebenarnya hal ini sudah umum, namun bagaimana cara meringankan gejala tersebut? Maka dari itu, salah satu bahan yang bisa anda konsumsi ialah jamu dari daun sembung.
  13. Mengobati Sakit Perut : Terasa melilit dan timbul rasa tidak nyaman pada lambung salah satu dampak dari sakit perut. Mungkin hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya ialah karena kelebihan gas ataupun hal-hal lain yang masih terkait. Maka dari itu, untuk membuat perut anda lebih nyaman, tidak ada salahnya jika mencoba ramuan herbal dari daun sembung ini.
  14. Obat Herbal Untuk Bronkitis : Masalah ini sangat erat hubungannya dengan sistem pernafasan seperti hidung dan tenggorokan. Sebab bronkitis merupakan tempat untuk bertukarnya udara yang anda hirup. Untuk menjaga kesehatan paru-paru secara maksimal, ada baiknya jika anda mencoba resep herbal dari daun sembung.
  15. Menghentikan Diare : Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan murus ini ialah salah satu gangguan sistem pencernaan. Bisa disebabkan oleh adanya kuman dalam lambung atau karena jenis makanan yang membuat sistem pencernaan tesebut terganggu. Untuk menormalkan kembali, anda mungkin membutuhkan obat khusus yang diberikan oleh dokter. Tapi jika masih dalam skala ringan, salah satu minuman alternatif ialah rebusan daun sembung.
  16. Meringankan Gejala Rematik : Rematik merupakan penyakit penuaan yang sering dirasakan dengan adanya nyeri pada sistem persendian. Jika tidak segera ditangani, maka mungkin juga akan menyebabkan kelumpuhan. Namun untuk menghindari penyakit yang dimaksud, ada baiknya jika anda melakukan pencegahan yang bisa anda terapkan dengan mengkonsumsi ramuan dari daun sembung.
  17. Meringankan Sakit Kepala : Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan pusing ini sering saja muncul atau dengan tidak terduga bisa anda alami. Pusing bisa mengganggu aktifitas harian anda jika tidak diobati. Maka dari itu, butuh pengobatan yang tepat agar sakit kepala yang anda derita cepat sembuh dan tidak berkepanjangan.
  18. Mencegah Penyakit Beri-beri : Jenis penyakit ini bisa timbul dikarenakan tubuh kekurangan vitamin B. Cara terapi pengobatan alami yang bisa anda lakukan ialah dengan mengkonsumsi ramuan dari daun sembung dan usahakan diminum secara rutin agar kesehatan tubuh anda kembali stabil.

Bagaimana Cara mengolah atau membuat jamu dari daun sembung? Jika melihat begitu banyaknya manfaat yang sudah kami sebutkan diatas. Tentunya anda juga akan bertanya-tanya mengenai langkah-langkah pengolahan untuk menjadikan daun sembung sebagai obat. Nah, oleh karena hal tersebut, dibawah ini kami juga sudah menyediakan beberapa resep sederhana yang mungkin bisa saja bisa sedikit membantu supaya anda bisa membuat jamu ini sendiri dirumah. Untuk lebih singkatnya, mari kita langsung saja pada topik.

==> Yuk Baca Juga : 17 Khasiat Daun Miana Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bagian tanaman yang sering digunakan ialah akar dan daun. Sedangkan untuk meramu dan cara pemakaian ialah (cocok untuk penyakit diare, sakit perut, masuk angin, kolera, dll.)
  • Siapkan sekitar 5 lembar daun sembung kemudian cuci bersih dan dipotong kecil-kecil.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya (paling tidak membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit).
  • Angkat dan didiamkan hingga dingin sebelum anda menyaringnya.
  • Langkah akhir ialah disaring dan diminum 3x sehari dengan porsi 1/2 gelas untuk 1x konsumsi.
  • Tambah 1sdm madu dan sedikit garam sebelum anda mengkonsumsinya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 18 Khasiat Daun Sembung Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare dengan teman-teman yang lain ya. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *