6 Khasiat Kulit Melinjo Untuk Kesehatan

Khasiat Kulit Melinjo mungkin belum dikenal secara umum karena belum pernah dipublikasikan dan diterangkan secara massal. Padahal jika kita ketahui, ada banyak sekali Manfaat Kulit Melinjo untuk kesehatan tubuh khususnya dalam mengatasi asam urat. Beberapa fungsi obat yang bisa diperoleh dari kulit melinjo diantaranya ialah untuk mencegah batu ginjal, nyeri pada persendian, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan terkait dengan fungsi dan kegunaan kulit melinjo, berikut ini kami sudah menyediakan sedikit rangkuman terkait dengan apa yang sudah tertera pada judul diatas.

6 Khasiat Kulit Melinjo Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu dengan buah melinjo, daging buahnya sering sekali kita jumpai dalam  bentuk kerupuk, emping atau dimakan secara langsung dengan cara dikukus. Memang pada daging bijinya dipercaya bisa meningkatkan asam urat, namun pada kulitnya malah menyimpan manfaat sebaliknya yaitu untuk mengatasi asam urat tersebut.


Apa saja kandungan gizi yang terdapat pada kulit melinjo?
Jika kami rangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa nutrisi yang tersimpan dalam kulit biji melinjo ini. Adapun kandungan tersebut berupa energi atau kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, Vitamin A, B1, dan C. Dalam takaran 100mg, terdapat : Energi = 111 kkal, Protein = 4,5 gr, Lemak = 1,1 gr, Karbohidrat = 20,7 gr, Kalsium = 117 mg, Fosfor = 179 mg, Zat Besi = 2,6 mg, Vitamin A = 0 IU, Vitamin B1 = 0,07 mg, dan Vitamin C = 7 m.

6 Khasiat Kulit Melinjo Untuk Kesehatan :
  1. Mengatasi asam urat dan segala gejala yang disebabkan seperti nyeri pada otot dan persendian.
  2. Menambah tenaga dan mengurangi rasa lelah akibat capek kerja.
  3. Menjaga kinerja otot dan ampuh untuk menjaga daya ingat (mencegah kepikunan dini).
  4. Menjaga kepadatan tulang dan gigi sehingga tidak mudah osteoporosis.
  5. Melancarkan sistem peredaran darah yang mampu mencegah hipertensi.
  6. Menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kejernihan pandangan.
Berdasar penelitian yang dilakukan, buah melinjo merupakan musuh berat bagi penderita asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun dibalik itu kulit melinjo justru bisa dipakai untuk menyembuhkannya. Menurut Prof. Dr. H. Subandi, MSi dari Jurusan Kimia, Universitas Negeri Malang, beliau menuturkan bahwa melinjo merupakan obat anti asam urat yang ampuh. Namun manfaatnya bukan pada daging, melainkan terletak pada kulitnya.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Sri Wulandari selaku Mahasiswa bimbingan Prof. Subandi menyatakan bahwa senyawa yang terkandung dalam kulit melinjo (Gnetum gnemon) mampu menghambat kinerja xantin oksidase-enzim pensintesis asam urat sehingga bisa mencegah penyakit asam urat (gout).

Sedangkan untuk mengolah biasanya kalangan masyarakat tertentu menjadikannya sayur dengan cara ditumis, diolah sebagai cemilan, Atau bisa juga dipadukan dengan bahan herbal lain sebagai jamu tradisional.


Demikianlah artikel singkat terkait dengan 6 Khasiat Kulit Melinjo Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *