6 Khasiat Bunga Kitolod Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Bunga Kitolod mungkin tidak kita sadari jika melihat bentuk dari tanaman tersebut. Sebab tidak ada daya tarik selain bentuk bunga yang kadang masyarakat menjadikannya tanaman hias. Padahal jika kita ketahui, ada beberapa Manfaat bunga kitolod yang bisa kita gunakan sebagai obat tetes mata dimana kemampuannya cukup ampuh untuk menyembuhkan katarak, rabun, serta gangguan atau iritasi pada mata lainnya. Nah oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan terkait dengan fungsi bunga kitolod sebagai obat, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit rangkuman terkait dengan kegunaan bunga kitolod sebagai obat tetes mata.

6 Khasiat Bunga Kitolod Untuk Kesehatan Mata

Bunga Kitolod atau yang juga dikenal dengan kembang jangar merupakan sejenis tanaman yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dan merupakan suku dari tanaman campanuceae. Nama latin atau ilmiah dari kembang kitolod disebut Isotoma Longiflora atau sinonimnya Laurentia Longiflora. Sebenarnya pada post sebelumnya kami sudah membahas mengenai 8 Khasiat Daun Kitolod, namun untuk menjabarkan dan mengetahui lebih detail, maka kami menuliskan kembali dengan rangkuman yang lebih lengkap.


Apa saja kandungan senyawa pada bunga kitolod?
Jika dicek secara keseluruhan, tanaman ini mempunyai kandungan berupa alkaloid, flavonoid, saponin, dan polifenol. Beberapa manfaatnya ialah untuk mengobati gangguan mata seperti hipermetropi, miopi, silinder, dll. Seperti kita ketahui, mata mempunyai peran penting dalam kehidupan sehingga butuh perawatan dan penyelesaian khusus jika terjadi gangguan. Apa saja manfaat bunga kitolod untuk kesehatan mata? mungkin jawaban singkat berikut bisa menjawabnya.

6 Khasiat Bunga Kitolod Untuk Kesehatan Mata :
  1. Mengobati mata merah, bisa karena iritasi atau hal lain yang masih terkait.
  2. Mengurangi rasa gatal pada mata.
  3. Obat herbal untuk terapi penyembuhan mata minus dan sebaliknya.
  4. Meringankan gejala katarak pada mata.
  5. Menghilangkan nyeri dan juga rasa perih pada mata.
  6. Mengatasi infeksi mata.
Bagaimana Cara menggunakan bunga kitolod untuk obat tetes mata?
Sebenarnya langkah yang perlu dilakukan sangatlah sederhana, cukup siapkan dan pilih bunga kitolod yang baru merekah. Pisahkan bunga dari pangkal dan tangkai kemudian celupkan pada air bersih dan teteskan air menggunakan ujung dari kelopak bunga tersebut. Usahakan setiap mata diberi dengan 1 tetes saja, atau bisa digunakan pada mata yang sakit saja jika anda mengalami sakit mata sebelah.

Untuk hasil maksimal, tetes mata ini bisa digunakan secara rutin sebanyak 2x sehari selama masa penyembuhan. Sedagkan untuk perawatan bisa dilakukan sebanyak 1 munggu sekali. Namun anda harus berhati-hati dalam mengambil bunga kitolod, sebab getah dari bunga ini mengandung racun yang lumayan tinggi.


Demikianlah artikel singkat mengenai 6 Khasiat Bunga Kitolod Untuk Kesehatan Mata. Semoga bisa membantu dan memberikan sedikit informasi terkait dengan pengobatan mata. Jika anda kurang paham, alangkah baiknya juga jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli herbal dilingkungan anda. Sekian dan jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *