11 Khasiat Jung Rahab Atau Tanaman Ujung Atap Untuk Kesehatan

Khasiat Jung Rahab Atau Ujung Atap mungkin sudah sangat familiar pada beberapa kalangan masyarakat pedesaan. Sebab penggunaanya sebagai jamu tradisional sejak zaman nenek moyang serta merupakan ramuan tradisional yang kaya akan kegunaan dan kebaikan. Beberapa contoh manfaat jung rahab atau ujung atap diantaranya bisa menyembuhkan kaki bengkak, cacingan, sakit perut, demam, dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk sekedar melengkapi koleksi kami mengenai artikel tanaman obat, pada kesempatan kali ini disini kami akan mencoba memberikan rangkuman terkait dengan kandungan dan fungsi jung rahab bagi kesehatan. Yuk lanjut saja membacanya!

Khasiat Jung Rahab Atau Tanaman Ujung Atap Untuk Kesehatan

Jung Rahab / Ujung Atap (Nama Latin : Baeckea frutescens L.) adalah sejenis tanaman semak pagar yang tergolong dalam klasifikasi keluarga darimyrtaceae. Kulit batangnya banyak digunakan sebagai obat penghilang sakit perut. Beberapa nama lokal dari tanaman ini dikenal juga dengan sebutanaron, si-gamei-gamei, wile-wile, game-game, sawajale, jung-jung atap, sesapu, sasapu atap, dan tutur atap.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang yang berbentuk semak dengan ketinggian rata-rata 6m. Daun tunggal beraroma harum dengan betuk menyerupai jarum memanjang. Bunga berwarna putih dan merah muda dan termasuk bunga tunggal yang keluar dari ujung percabangan. Putik berbentuk galah dan buahnya berwarna hijau, merah dan cokelat. Untuk ciri sepintas mungkin bisa melihat cuplikan gambar yang sudah kami sediakan diatas.

Apa saja sih kandungan senyawa pada tanaman Jung Rahap?
Jika dilansir dan dirangkum dari beberapa sumber, Ujung atap ini mempunyai senyawa berupa Minyak atsiri, fenkhol, tanin, flavonoid, triterpenoid, baekeol, glikosida, dan beberapa minyak essensial yang diantaranya pinena, g-terpinena, p-sinmonena, limonena, dan linalol. Nah dari senyawa-senyawa inilah diperoleh sifat farmakologis yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

11 Khasiat Jung Rahab Atau Tanaman Ujung Atap Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan pembengkakan pada kaki dan tangan.
  2. Bersifat analgesik yang ampuh untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit.
  3. Meringankan gejala sakit perut dan gangguan lainnya yang terkait.
  4. Mengeluarkan cacing dalam tubuh, khususnya bagi anak yang terkena cacingan.
  5. Bersifat anti-piretik yang berkhasiat untuk mengobati demam khususnya pada ibu sehabis melahirkan.
  6. Mengembalikan stamina sekaligus penyegar alami bagi tubuh.
  7. Bersifat antispasmodik yang ampuh untuk mengurangi kejang pada otot dan usus.
  8. Bersifat diuretik yang melancarkan sistem urine (peluruh kemih).
  9. Mengembalikan selera makan yang hilang sehingga makan bisa lebih lahap.
  10. Digunakan untuk obat pengusir nyamuk alami.
  11. Mempunyai aktifitas sitotoksik yang berkemampuan untuk melawan sel leukimia (kanker darah).
Bagaimana resep dan cara penggunaan ujung atap untuk obat?
Untuk mengobati bengkak, cukup sediakan daun jung rahab secukupya kemudian dicampur dengan sedikit cuka apel. Remas daun dan hangatkan dengan menggunakan api. Selanjutnya bisa dioleskan pada kulit yang ingin diobati. Sedangkan untuk konsumsi bisa dengan merebus daun ujung atap secukupnya (jangan berlebihan). Kemudian minum air rebusan tersebut.


Demikianlah artikel singkat mengenai 11 Khasiat Jung Rahab Atau Tanaman Ujung Atap Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Sekeda himbauan, Ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi jamu ini. Sebab ujung atap bersifat abortivum yang ditakutkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada janin. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *