6 Khasiat Buah Kulim Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Kulim memang sudah umum dan banyak digunakan sebagai salah satu bahan rempah untuk pelengkap beberapa jenis masakan. Selain itu, kulim atau yang juga dikenal dengan kayu bawang hutan ini juga mempunyai sifat farmakologi yang bisa menyembuhkan penyakit. Manfaat kulim bagi kesehatan diantaranya sebagai anti-bakteri, anti-racun, anti-piretik dan lain sebagainya. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, pada postingan kali ini kami akan membahas apa itu pohon kulim serta kegunaan serta fungsi bagi kehidupan sehari-hari.

6 Khasiat Buah Kulim Untuk Kesehatan

Kulim (Nama latin : Scorodocarpus borneensis) adalah sejenis tumbuhan yang serung juga disebut dengan bawang hutan. Sebab aroma dan rasa dari daging biji terasa seperti bawang, tidak hanya pada bijinya saja melainkan kulit atau pepagan tanaman juga beraroma seperti bawang. Tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae, suku olacaceae dan satu-satunya marga dari scorodocarpus.

Lihat Juga : Khasiat Ki Sariawan Atau Jirak Gunung Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenal dengan melihat ukuran batang pohon yang mayoritas besar dengan ketinggian rata-rata berkisar antara 20 hingga 40m. Pertumbuhan batang lurus dengan daun-daun tunggal tersusun spiral. Bentuk perawakan daun lonjong tanpa penumpu. Sedangkan bunga tandan pendek terletak pada ketiak daun. Buah buni hampir bulat, berkulit keras dan berdaging tipis.

6 Khasiat Buah Kulim Untuk Kesehatan :
  1. Meringankan gejala masuk angin seperti kembung, mual dan meriang.
  2. Mengatasi dan mengeluarkan racun dalam tubuh khususnya keracunan makanan.
  3. Bersifat anti-mikroba yang juga terkait dengan penyakit yang yang berhubungan dengan bakteri dan virus.
  4. Menjaga kinerja dan kesehatan jantung yang juga berguna untuk mencegah stroke dan serangan jantung.
  5. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh yang ampuh untuk menyembuhkan hipertensi.
  6. Bersifat anti-piretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam atau suhu tubuh yang tinggi.
Bagaimana resep dan cara menggunakan kulim untuk obat?
Sebenarnya langkah yang harus ditempuh sangat lah mudah saja. Cukup merebus buah dan juga kulit batang (pepagan) dengan air hingga mendidih kemudian minum secara rutin 2x sehari. Resep ini sangat cocok untuk mengatasi keracunan dan juga sebagai anti-mikroba.

Baca Juga : 7 Khasiat Komak Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 6 Khasiat Buah Kulim Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Sekian dan jangan lupa cek juga artikel terkait dengan melihat related post dibawah! Sampai jumpa...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel