11 Khasiat Jengger Ayam Untuk Kesehatan

Khasiat Jengger Ayam memang sudah dikenal cukup baik bagi kesehatan. Meski sebagian orang tidak memaksimalkan dan hanya menganggap tumbuhan ini sebagai tanaman hias. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, Tanaman Jengger ayam berfungsi sebagai obat herbal yang bisa dijadikan alternatif untuk pengobatan tradisional. Beberapa Manfaat Jengger ayam diantaranya sebagai Anti radang, Menghentikan pendarahan, menjaga sistem pencernaan dan juga mengatasi keputihan jika digunakan oleh kalangan wanita. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan mengenai apotik hidup, kali ini kami akan merangkum sedikit informasi yang mungkin saja dibutuhkan.

Khasiat Jengger Ayam Untuk Kesehatan

Jengger Ayam (Nama latin : Celosia cristata L.) adalah tanaman bunga yang tergolong dalam family Amaranthaceae. Beberapa nama lokal yang bisa dikenali dengan tanaman ini diantaranya : Sapiri manu, bunga api-api, tatara manuk, kaputi ayam, rangrang jangang, ali manu, langgelo, laya, puwa ri sawito, jawer ayam, jawer kotok, jhanggar ayam, rebhe mangsor, bayem cenggeng, celala, bunga tali, banda ulu, janggar siap, ndae ana sina, sule-sule, manula larit, kolak, wire, dan toko. Nama tersebut diambil dari berbagai daerah seperti Jawa, Sunda, Sulawesi, maluku dan Madura.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenal dengan melihat bunganya yang menyerupai jengger ayam. Merupakan tanaman semusim yang bisa tumbuh secara liar ditaman, halaman dan juga tempat-tempat terbuka lain yang cukup dengan asupan sinar matahari. Sering juga dijadikan tanaman hias karena mempunyai warna bunga dan bentuk daun yang cukup indah. Tinggi pohon rata-rata mencapai hingga 1m, batangnya tebal dan kuat dengan daun tunggal berseling. Bentuk daun bulat telur dan memanjang kira-kira hingga 12cm serta meruncing pada bagian ujung dengan lebar 7cm. Daunnya berwarna hijau dengan sedikit garis merah ditengah daun dan bunganya halus warna merah muda dengan perbijian lumayan banyak. Untuk ciri lebih detail, mungkin anda bisa lihat lampiran gambar diatas.

Apa saja kandungan senyawa pada tanaman bunga jengger ayam?
Dikutip dari berbagai sumber, jengger ayam mempunyai kandungan berupa : Minyak lemak, amaranthin, pinitol, dan kaempferitrin pada bagian bunga. Serta Saponin, flavonoida dan polifenol pada bagian daun. Dari kandungan inilah diperoleh khasiat yang cukup banyak bagi kesehatan dan kecantikan.

11 Khasiat Jengger Ayam Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untu mencegah peradangan atau pembengkakan.
  2. Melancarkan sistem pencernaan yang mencakup diare dan juga sembelit.
  3. Meningkatkan kinerja organ tubuh dan menjaga stamina tetap bugar.
  4. Menghilangkan keputihan khususnya bagi kalangan wanita sehabis menstruasi.
  5. Mengembalikan kejernihan pandangan dan kesehatan mata yang terkena iritasi (mata merah).
  6. Mengobati batuk dan muntah darah.
  7. Mengatasi wasir atau ambeien (berak darah).
  8. Menghentikan mimisan atau keluarnya darah dari hidung.
  9. Mencegah dan menyembuhkan infeksi saluran kencing (ISK).
  10. Mengobati kencing darah dan nanah.
  11. Mengatasi disentri.

Bagaimana Resep dan Cara menggunakan jengger ayam sebagai obat?
  • Disentri : Rebus 5gr daun dan bunga jengger ayam dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan bisa diminum 2x sehari @1 gelas untuk 1x konsumsi.
  • Wasir / Ambeien : Siapkan 15gr bunga jengger ayam, 15gr rumput urang-aring, dan 30gr akar bunga teratai. Cuci bersih semua bahan dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum 2x sehari @1/2 gelas untuk satu kali minum.
  • Infeksi Saluran Kemih (ISK) : Siapkan 15gr daun dan bunga jengger ayam kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa separuh. Minum 2x sehari @1 gelas.
  • Gangguan Penglihatan : Sediakan sekitar 30gr daun dan bunga jengger ayam. Tumbuk hingga halus dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum secara rutin 1x sehari.
  • Pendarahan Rahim : Siapkan 15gr bunga jengger ayam dan 30gr rimpang daun dewa. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah dan minum secara rutin sehari sekali.
  • Batuk, Mimisan dan Muntah Darah : Ambil 15gr bunga jengger ayam, 30gr rimpang terate, dan 15gr urang-aring. Tumbuk kasar dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2x sehari @1/2 gelas.
  • Keputihan : Sediakan 15gr bunga jengger ayam, 10gr daun iler, dan 15gr daun sambiloto. Tumbuk hingga halus yang kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring dan minum 1x sehari secara rutin.
Jika dilihat dari banyaknya manfaat diatas, sangat rugi sekali jika kita tidak memaksimalkan kegunaan serta fungsi tersebut. Jadi alangkah baiknya jika kita menanam bunga jengger ayam sebagai apotik hidup yang bisa kita manfaatkan jika lagi butuh.


Demikianlah artikel singkat mengenai 11 Khasiat Jengger Ayam Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu. Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *