7 Khasiat Daun Dandang Gendis Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Dandang Gendis dipercaya ukup ampuh untuk mengatasi diabetes. Sebab beberapa kendungan senyawa didalamnya mampu mengontrol kadar gula darah yang baik dikonsumsi oleh penderita kencing manis. Tidak hanya itu saja, Manfaat daun dandang gendis juga berguna sebagai obat peluruh kencing dan penambah stamina yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Maka dari itu, untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat yang bisa didapat pada lingkungan sekitar, kali ini kami akan mencoba untuk merangkum keterangan singkat yang membahas tentang kandungan serta kegunaan daun dandang gendis untuk dunia pengobatan.

7 Khasiat Daun Dandang Gendis Untuk Kesehatan

Dandang Gendis (Nama latin : Clinacanthus Nutans L.) adalah sejenis tanaman terna yang bisa ditemukan pada pagar-pagar pinggir rumah. Dandang gendis memang sudah populer dikalangan masyarakat jawa karena sudah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatn herbal yang kaya akan manfaat serta khasiat didalamnya. Sehingga tidak heran juga jika daun dari tanaman ini tidak asing lagi untuk dijadikan jamu atau ramuan tradisional.

Ciri atau deskripsi dandang gendis terletak pada daunnya yang mempunyai bentuk tunggal berhadapan. Sering ddijadikan tanaman pagar dan bisa tumbuh dengan liar pada area ladang, pekarangan atau tanah kosong di pinggir-pinggir jalan. Tumbuhan ini perdu tahunan yang tingginya mencapai hingga 2,5m. Panjang daun berkisar antara 8 hingga 12cm dengan lebar antara 4 sampai 6cm. Bunga terletak pada ketiak daun dan ujung tangkai batang dengan warna merah muda dan mahkotanya berbentuk tabung. Buah berwarna cokelat bulat memanjang.

Nah jika ada pertanyaan mengenai manfaat, tentunya kita juga akan bertanya mengenai apa saja kandungan senyawa pada daun dandang gendis ini. Dan ternyata, dandang gendis memiliki beberapa zat senyawa seperti : Minyak atsiri, alkaloid, saponin, dan polifenol.

7 Khasiat Daun Dandang Gendis Untuk Kesehatan :
  1. Meningkatkan stamina tubuh dan menghilangkan rasa capek akibat kerja seperti pegal linu, nyeri dan lain-lainnya.
  2. Mengatasi disentri atau penyakit yang diakibatkan saluran pencernaan yang tidak normal.
  3. Megontrol kadar gula darah yang baik untuk pengobatan dan pencegahan kencing manis.
  4. Bersifat diuretik yang berfungsi untuk melancarkan saluran kemih atau masalah kencing yang tidak lancar.
  5. Meningkatkan fungsi kelenjar dalam tubuh.
  6. Bersifat antipiretik yang berguna untuk menurunkan demam atau panas tubuh.
  7. Menghentikan diare atau mencret.
Bagaimana resep dan cara menggunakan daun dandang gendis untuk obat?
  • Diabetes Mellitus (kencing manis) : Siapkan sekitar 7 hingga 21 lembar daun dandang gendis segar. Cuci bersih dan rebus dengan 800cc air atau setara dengan 4 gelas hingga tersisa setengahnya. Minum 2x sehari dengan porsi 1 gelas perkonsumsi.
  • Diare dan Disentri : Sediakan 7 lembar daun dandang gendis, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa separuh. Minum 2x sehari selagi hangat.
  • Diuretik (peluruh kencing) : Siapkan 5 lembar daun kemudian direbus dengan 1 gelas air. Minum 1x sehari hingga sembuh.
Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Khasiat Daun Dandang Gendis Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Untuk sekedar himbauan, ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi ramuan ini, sebab masih belum diketahui efek yang mungkin bisa disebabkan! Sekian dan salam sehat selalu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *