10 Khasiat Daun Encok Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Khasiat Daun Encok memang sudah digunakan sejak turun-temurun sebagai obat herbal yang kaya akan kegunaan. Salah satu manfaat daun encok ialah mengatasi sakit kepala, masalah pencernaan, flu, demam, dan sebagai anti-bakteri. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi kegunaan lain yang kali ini kami rangkum dalam sebuah artikel sederhana. Mungkin saja ringkasan ini bisa membantu dan bisa berguna bagi orang yang membutuhkan.

10 Khasiat Daun Encok Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Daun Encok (Nama latin : Plumbago zeylanica L.) adalah sejenis tanaman liar yang tergolong dalam klasifikasi keluarga plumbaginaceae. Salah satu familinya adalah Akar Binasa yang perawakan serta bentuk hampir sama persis. Keduanya hanya dibedakan oleh warna daun dan bunga yang sedikit tidak mirip. Diberbagai daerah, daun encok mempunyai beberapa nama panggilan lokal yang dikenal dengan godong encok, oporio, bama, ki encok, dan kareka.

Terkait Tanaman berkhasiat obat :
* 16 Khasiat Tanaman Cakar Ayam Untuk Kesehatan
* 20 Khasiat Cabe Jawa Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Ciri dan deskripsi bisa dikenali dengan daun yang agak tebal, pohon kecil dengan ketinggian mencapai 50cm. Bunga berwarna putih dan agak sedikit lengket. Untuk lebih detailnya, mungkin lampiran gambar diatas bisa membantu!

Apa saja sih kandungan senyawa kimia pada daun encok?
Pada tanaman encok ini diperoleh kandungan racun yang cukup tinggi. Serta didapat zat berupa droseron, plumbagin, khitranon, chitranone, 3-3biplumpagin, komarin seselin, 5-metoksisilin, suberosin, dan 3-chloro plumbagin. Dari senyawa inilah tubuh diuntungkan bisa sembuh dari berbagai jenis penyakit. Penasaran? Berikut rinciannya!

10 Khasiat Daun Encok Untuk Dunia Pengobatan Herbal :
  1. Bersifat analgetik yang ampuh untuk meredam rasa nyeri dan sakit.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah radang.
  3. Mengatasi lebam atau memar akibat benturan.
  4. Mengurangi nyeri pada perut dan lambung.
  5. Bersifat diuretik yang memperlancar saluran kemih.
  6. Menghilangkan nyeri dan menyembuhkan rematik.
  7. Mengobati keseleo dan salah urat.
  8. Bersifat anti-bakteri yang membunuh kuman dan mikroba atau virus.
  9. Bersifat anti-oksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas.
  10. Bersifat anti-piretik yang berguna untuk menurunkan demam.

Bagaimana resep dan cara menggunakan daun encok sebagai obat?
Kebanyakan penggunaan tanaman ini adalah sebagai obat luar. Sebab kandungan racun yang tinggi tidak memungkinkan jika untuk konsumsi. Terus bagaimana resep membuat obat dari daun encok ini?
  • Rematik : Siapkan sekitar 1 genggam daun segar kemudian cuci dan tumbuk hingga menjadi gumpalan (gel). Selanjutnya oleskan atau tapalkan pada daerah yang ingin diobati.
  • Pusing / sakit kepala : Sediakan 1 genggam daun encok muda, tumbuk dan tambahkan sedikit minyak kelapa. Aduk kemudian tapalkan pada kening untuk kompres.
  • Sakit Pinggang : Siapkan 1 genggam daun encok segar, tumbuk hingga halus dan campurkan kapur sirih secukupnya. Bubuhkan pada pinggang yang sakit.
  • Kencing tidak lancar : Haluskan daun encok yang dicampur dengan daun adas pulosari. Tapalkan pada perut bagian bawah. Diamkan sekitar 30 menit lalu angkat (penggunaan terlalu lama bisa menyebabkan lepuh pada kulit).
Baca Juga : 11 Khasiat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Demikian bahasan singkat mengenai 10 Khasiat Daun Encok Untuk Dunia Pengobatan Herbal. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *