8 Khasiat Akar Pepaya Untuk Kesehatan

Khasiat Akar Pepaya dipercaya cukup ampuh untuk mengatasi radang ginjal, ISK, cacingan, dan jenis penyakit lain yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Tidak hanya pada akarnya saja, pepaya juga berkhasiat obat pada bunga, daun dan bijinya. Karena sejak dulu tanaman penghasil buah ini memang sudah sering digunakan sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat serta kegunaan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

8 Khasiat Akar Pepaya Untuk Kesehatan

Pada bijinya, pepaya mempunyai fungsi cukup baik untuk menjaga kesehatan hati sehingga mendukung dalam penetralan racun dalam tubuh dan saluran pencernaan. Dan postingan yang kami tulis kali ini, bertujuan untuk menjawab salah satu pertanyaan yang sering saja muncul sehingga selalu menjadi topik hangat yang tidak usang diperbincangkan. Pertanyaan tersebut adalah : Apa saja sih manfaat akar pepaya bagi kesehatan? Untuk menjawabnya, maka dibawah ini kami sudah merangkum beberapa jawaban singkat yang siapa tahu bisa membantu dan memberi sedikit pencerahan mengenai kumpulan khasiat yang bisa didapat dari akar pepaya selaku salah satu tanaman apotik hidup yang bisa didapat dengan mudah pada lingkungan sekitar.

Semua manfaat pada akar pepaya didukung dengan adanya kandungan yang tersimpan didalamnya. Senyawa tersebut berupa : kalsium maleat, asam malat, papain, fitokinase, kimopapain, karpain dan glikosida sianogenetik.

Baca Juga : 10 Khasiat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Beranjak pada topik bahasan, ada sekumpulan kegunaan akar pepaya yang mungkin saja belum kita ketahui. Beberapa fungsi tersebut mencakup beberapa kinerja organ yang berdampak buruk jika tidak segera diatasi. Penasaran? Berikut rincian singkatnya :
  1. Mengeluarkan cacing dalam tubuh.
  2. Meringankan gejala penas dalam dan sariawan.
  3. Menetralkan racun dan mempercepat penyembuhan luka akibat gigitan ular.
  4. Mengatasi gejala rematik.
  5. Menjaga kesehatan ginjal.
  6. Menyembuhkan gejala diare, disentri dan Ambeien.
  7. Menurunkan koleterol jahat.
  8. Mencegah radang ginjal, batu ginjal (kencing batu).
Lihat Juga : 17 Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan.

Bagaimana resep dan cara menggunakan akar pepaya sebagai obat?
  • Obat Cacingan : Siapkan sekitar 15gr akar pepaya segar dan 1 siung bawang putih. Tumbuk kasar dan direbus dengan 250cc hingga tersisa 200cc (1 gelas). Minum secara rutin 1x sehari sampai sembuh.
  • Penyegar / Panas Dalam : Sediakan 2 genggam akar pepaya dan 1 lembar daun pepaya muda. Cuci bersih kemudian ditumbuk dan direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Tambahkan sedikit garam dapur dan minum 2x sehari dengan porsi 1 gelas perkonsumsi.
  • Kesehatan Ginjal, Gagal Hinjal, Batu Ginjal : Siapkan beberapa potong akar pepaya kemudian direbus hingga mendidih. Saring dan minum dengan mencampurkan madu. Bisa juga dengan mengeringkan akar dan dihaluskan hingga menjadi bubuk. Seduh 1sdm bubuk akar pepaya dan 1 sdm madu dengan 1 cangkir air mendidih. Aduk dan minum 1x sehari.
  • Rematik : Siapkan 1 genggam akar pepaya, 1 ibu jari jahe, dan 1 genggam daun cabe jawa. cuci bersih semua bahan kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring dan tambah sedikit garam dapur. Minum 2x sehari dengan porsi 1 gelas perminum.
  • Ambeien dan Kolesterol : Siapkan 1 genggam akar pepaya, 2 genggam daun sambiloto, dan 2 ruas rimpang temulawak. Cuci semua bahan dan ditumbuk kasar. Selanjutnya tidanggal direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dapur, saring dan minum selagi hangat dengan porsi 1 gelas untuk satu kali konsumsi.
Cek Juga : 13 Khasiat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 8 Khasiat Akar Pepaya Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *