28 Khasiat Akar Alang-alang Untuk Dunia Pengobatan

Khasiat Akar Alang-alang dipercaya cukup ampuh untuk mengatasi sariawan, panas dalam, batu ginjal, dan pengobatan penyakit lain yang tentunya juga terkait dengan beberapa sistem organ tubuh kita. Jika dilihat dari beberapa manfaat alang-alang diatas, maka diambil kesimpulan bahwa ilalang juga dikategorikan dalam salah satu tanaman obat yang berkhasiat obat sehingga bisa dijadikan apotik hidup yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar.

Alang-alang (Nama Latin : Imperata cylindrica) sering juga dikenal dengan sebutan ilalang dan lalang adalah sejenis rumput berdaun tajam yang biasanya ditemukan dipematang sawah. Untuk nama lokal, rumput liar ini hampir sama pada setiap wilayahnya dan dianggap gulma karena menggangu pertumbuhan tanaman yang dirawat oleh petani. Namun sedikit yang tahu bahwa dibalik akar alang tersebut tersimpan juga kumpulan manfaat yang membantu dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

28 Khasiat Akar Alang-alang Untuk Dunia Pengobatan

Ciri dan deskripsi ilalang terdapat pada bagian daun yang hampir sama dengan rumput gajah dan tanaman serai. Helaian daun memanjang dengan permukaan kasar agak sedikit tajam berwarna hijau. Termasuk jenis rumput menahun dengan akar atau rimpang lumayan keras dan bisa hidup meski pada habitat yang kering dan tandus.

Dipetik dari beberapa postingan kami sebelumnya bahwa setiap ada manfaat pasti ada kandungan senyawa kimia alami dibalik bahan tersebut. Dan untuk akar alang ini menyimpan zat seperti : Gulkosa, Sukrosa, Citric Acid, Malic acid, manitol, Simiarenol, damar, asam kersik, logam alkali, cylindrin, coixol, fernenol, arundin, dan anemonin.

Nah pertanyaannya disini adalah : Apa saja sih manfaat akar alang-alang untuk kesehatan? Karena pertanyaan inilah kami merangkum beberapa jawaban singkat yang mungkin saja bisa membantu. Untuk lebih singkatnya, Berikut 28 Khasiat Akar Alang-alang Untuk Dunia Pengobatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan pada hati.
  2. Menyembuhkan dan meringankan gejala muntah darah.
  3. Ampuh untuk menghentikan diare atau mencret yang terus menerus.
  4. Mengobati batuk yang disertai darah.
  5. Mengobati dan mencegah terbentuknya batu ginjal atau kencing batu.
  6. Meringankan gejala sesak nafas atau asma.
  7. Bersifat anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau panas tubuh.
  8. Bersifat diuretik yang berfungsi sebagai peluruh kencing atau melancarkan saluran kemih.
  9. Bersifat hemostatik yang berguna untuk menghentikan pendarahan.
  10. Mencegah dan mengatasi ISK atau infeksi saluran kemih (kencing).
  11. Menghancurkan batu empedu.
  12. Menghentikan mimisan dan gejala lain yang disebabkan.
  13. Mengatasi gejala penyakit prostat.
  14. Mengatasi penyakit hepatitis atau penyakit kuning.
  15. Bersifat anti-hipertensi yang berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.
  16. Meregenerasi urat saraf yang lemah.
  17. Melancarkan sistem pencernaan utamanya dalam pencegahan disentri.
  18. Menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jantung koroner.
  19. Meringankan penyakit campak.
  20. Obat herbal untuk keputihan.
  21. Menormalkan haid yang berlebihan pada kalangan ladies.
  22. Meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan pada luka dalam mulut.
  23. Mencegah bibir mengelupas akibat sariawan.
  24. Mengatasi kencing yang disertai darah.
  25. Mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.
  26. Mengembalikan kelembapan kulit yang terkait untuk mencegah penuaan dini.
  27. Menjaga stamina tubuh agar tetap bugar.
  28. Menyembuhkan wasir atau ambeien.
Bagaimana resep dan cara menggunakan alang-alang untuk obat?
  • Sariawan dan Panas Dalam : Siapkan sekitar 60gr rimpang ilalang dan 2 ruas rimpang kunyit. Cuci bersih dan potong akar hingga berukuran kecil. Iris tipis kunyit kemudian siram atau seduh bahan dengan 2 gelas air mendidih. Diamkan hingga dingin, saring kemudian minum.
  • Mimisan : Sediakan 60gr akar alang-alang, tumbuk kasar dan rebus dengan 600cc air hingga tersisa separuh. Minum secara rutin 2x sehari hingga sembuh.
  • Kencing Berdarah dan kencing nanah : Rebus akar ilalang secukupnya dengan mencampurkan buah beligo yang sudah dipotong. Minum air rebusan tersebut dan tambahkan sedikit garam dapur. Untuk porsi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.
  • Muntah Darah : Siapkan sekitar 30gr rimpang alang, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa separuh. Tambahkan 1 sdm madu dan kalau ada bisa juga dengan 1 butir kuning telur ayam kampung. Aduk kemudian diminum secara rutin hingga sembuh.
  • Radang Ginjal : Ambil akar alang secukupnya, cuci kemudian dijemur. Haluskan akar kering hingga menjadi bubuk dan seduh sekitar 25gr atau 2sdt dengan 1 cangkir air mendidih. Minum secara rutin 2x sehari. Atau juga dengan merebus sekitar 60gr akar alang dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan minum selagi hangat.
Demikianlah artikel singkat mengenai 28 Khasiat Akar Alang-alang Untuk Dunia Pengobatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *