Khasiat Kembang Torong Untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Torong mungkin hanya diketahui sebagai tanaman hias. Karena memang bentuknya yang indah dan mempunyai warna bunga cukup cantik sehingga tidak menyangka bahwa tanaman yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai obat. Jadi untuk menambah pengetahuan, mungkin artikel kami kali ini bisa membantu sobat dalam mencari wawasan lebih luas seputar obat herbal yang bisa didapat dari lingkungan sekitar rumah kita.
Khasiat Kembang Torong Untuk Kesehatan
Kembang Torong (Nama Latin : Hippeastrum sp.) adalah sejenis bunga dalam klasifikasi kerajaan plantae (tanaman). Mempunyai ciri pohon yang berupa terna dengan ketinggian mencapai 1/2m. Daun tunggal sejajar dan berbunga majemuk dengan akar umbi berlapis. Sedangkan buah berbentuk kotak berbiji banyak. Bagian yang paling banyak digunakan untuk obat ialah umbi, daun dan bunganya.

Manfaat baik pada tanaman tentunya tidak luput dengan adanya senyawa kimia alami didalamnya. Sedangkan pada kembang torong terdapat zat berupa Flavonoid, Polifenol dan saponin. Dari itu, ada beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan kembang torong diantaranya :
  1. Mengurangi pembengkakan pada leher dengan cara menapalkan umbi kembang torong yang sudah duhaluskan ada leher yang bengkak.
  2. Menyembuhkan sakit tenggorokan. Untuk cara yang digunakan sama persis dengan cara diatas.
Bagaimana cara membuat obat dari kembang torong? Pertanyaan sederhana ini mungkin juga muncul pada pikiran kita. Jadi untuk melengkapi keterangan yang kami berikan, maka tidak ada salahnya jika sobat juga mengetahui resep sederhana yang bisa diikuti dan dibuat sendiri dirumah.

Bahan dan cara menggunakan :
Siapkan sekitar 1/4 ons atau setara dengan 25gr umbi kembang torong. Tumbuk atau haluskan kemudian ditapalkan pada area leher yang sakit. Guna hasil yang maksimal, maka sobat bisa menggunakan handuk atau kain halus untuk membalutnya!

Demikianlah artikel mengenai Khasiat Kembang Torong Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *