Khasiat Bunga Senggani Bagi Kesehatan

Khasiat bunga senggani bagi kesehatan memang boleh dibilang sangat banyak. Hal itu karena senyawa alami yang terdapat pada bunga ini bersifat sebagai diuretik dan juga analgetik yang keduanya mempunyai fungsi cukup baik untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Jadi tidak heran jika banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakan bunga senggani sebagai salah satu obat alternatif herbal yang tidak membutuhkan biaya mahal.

Senggani adalah sejenis bunga atau tanaman hias yang sekaligus berkhasiat sebagai obat. Pada beberapa daerah, senggani dikenal dengan sebutan yang berbeda. Contoh, Sunda (Harendong), Jawa (kluruk), Madura (Kemanden), Melayu (Senduduk), dan China (Yeh Mu Tan). Dari klasifikasinya, senggani tergolong dalam kerajaan plantae dan keluarga dari Melastomataceae dengan nama latin (Melastoma). Bunga senggani banyak dibudidayakan karena mempunyai berntuk dan warna bunga sangat cantik.
Khasiat Bunga Senggani Bagi Kesehatan
Deskripsi singkat mengenai senggani. Habitat hidup baik pada dareah yang cukup paparan sinar matahari. Contoh seperti pada lereng gunung, ladang serta permukaan tanah yang tidak begitu tandus. Pohon berbentuk perdu dengan ketinggian hingga 4m, Daun lancip tunggal berhadapan yang permukaanya berambut halus. Bunga muncul pada bagian ujung cabang dengan warna mencolok ungu kemerahan.

Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat bunga senggani? Bagaimana cara mengolah dan menggunakan senggani sebagai obat? Nah untuk menjawab pertanyaan ini, maka kami merangkum sedikit keterangan yang mungkin saja bisa membantu dalam menambah infromasi yang sedang sobat butuhkan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya :
  1. Bunga senggani bersifat sebagai Alagetik, dimana fugsinya ialah untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit. Umum sekali untuk sakit kepala, sakit perut, pegal linu dan lain-lainnya.
  2. Bunga senggani juga bersifat diuretik, nah bagi sobat yang belum paham, diuretik adalah suatu zat yang membuat kita akan lebih lancar dalam membuang air seni. Dengan begitu saluran kemih seperti ginjal dan yang terkait akan lebih sehat.
  3. Bunga senggani juga bersifat sebagai Anti-Inflamasi, Manfaat ini berguna untuk mencegah dan mengatasi pembengkakan. Pada kaum ladies, sangat cocok untuk mengatasi jerawat pada wajah, sebab jerawat juga suatu ruam / bengkak yang diakibatkan oleh kotoran dan kuman.
  4. Menghentikan pendarahan, nah dalam hal ini banyak sekali penjabarannya. Contoh dalam hal menstruasi berlebih dan juga darah yang diakibatkan oleh luka. Jadi diambil kesimpulan bahwa bunga senggani merupakan salah satu solusi untuk menghentikan pendarahan tersebut.
Bagaimana cara menggunakan dan mengolahnya? Untuk masalah ini butuh proses pengekstrakan. Jadi mungkin sebagian orang tidak akan mengerti mengenai hal ini. Untuk lebih pahamnya silahkan sobat cari di internet mengenai cara ekstrak tersebut.

Demikianlah artikel mengenai Khasiat Bunga Senggani Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel