22 Khasiat Buah Plum Untuk Kesehatan

Ada begitu banyak khasiat buah plum bagi kesehatan. Hal ini bisa anda lihat sendiri dengan menyimak beberapa kandungan yang terdapat didalamnya. Manfaat buah plum jika dibahas secara singkat ialah melancarkan sistem pencernaan, sumber antioksidan, mengontrol kadar gula darah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang penasaran dengan apa saja yang terkait dengan buah plum, mungkin rincian singkat dibawah ini akan sangat membantu.


Apa itu buah plum? Nah masih tidak banyak masyarakat Indonesia yang tahu mengenai buah ini. Sebab buah plum merupakan salah satu komoditi impor yang didatangkan dari negara lain. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa masih sedikit yang paham atau bahkan mencicipi rasanya. Padahal jika dilihat dari segi nilai nutrisi, buah ini mempunyai vitamin dan mineral cukup lengkap sehingga sangat baik untuk menjaga proses metabolisme tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit.

22 Khasiat Buah Plum Untuk Kesehatan

Apa saja kandungan gizi yang terdapat pada buah plum? Buah yang sudah banyak dibudidayakan di Negara Tiongkok ini mempunyai kandungan yang sangat lengkap dan baik untuk kesehatan. Bahkan buah plum sering dikaitkan dengan menu diet yang dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Dilansir dari berbagai sumber, buah plu diperkaya dengan antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, dan beberapa senyawa alami lain yang tentunya mendukung dalam mengatasi berbagai jenis penyakit.

Dalam 100g daging buah plum terdapat kandungan gizi berupa karbohidrat 11,42g (8%), energi 46Kcal(2,3%), Lemak 0,28g(1%), Protein 0,70g(1%), Serat (1,40g(3,5%), Asam Folat 5mcg(1%), Asam pantothenat 0,135mg(3%), Niacin 0,417mg(3(%), Piridoksin 0,029mg (2%), Riboflavin 0,026mg(2%), Vitamin A 345IU (11%), Thiamine 0,028mg (2%), Kalium 157mg (3%), Kalsium 6mg(0,6%), Vitamin C 9,5mg (16%), Vitamin K 6,4mcg (5%), Vitamin E 0,26mg (2%), Sodium 1mg, Tembaga 0,057mg (6%), Magnesium 7mg (2%), Zat besi 0,17mg 2%), Mangan 0,052mg (2%), Selenium 1 mcg (2%), Fosfor 16mg (2%), Seng 0,1 mg (1%), Crypto-xanthin-ß 35mcg, dan Phyto-nutrient Carotene-ß 190mcg. Kandungan ini dilihat dari RDA (Recommended Daily Allowance) yang memang direkomendasikan guna untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

22 Khasiat Buah Plum Untuk Kesehatan

1. Penangkal Radikal Bebas
Buah plum ini mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan buah plum sebagai salah satu buah yang sangat baik bagi kesehatan. Jika anda ketahui, peranan antioksidan sangat penting karena bisa melawan dan menangkal radikal bebas yang merugikan tubuh. Manfaat lain ialah untuk menguatkan sistem imun (daya tahan tubuh) supaya tidak mudah sakit dan kebal terhadap serangan penyakit. Entah itu virus, kuman, dan sejenisnya.

2. Menambah Stamina
Manfaat ini diperoleh dengan adanya gula dan karbohidrat alami yang dibutuhkan tubuh. Dengan begitu kebutuhan nutrisi harian tubuh tersebut akan terpenuhi. Bisa dikategorikan pula buah ini sebagai penunda lapar bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Selain untuk menambah stamina, buah ini cukup baik dalam menjaga berat badan tetap ideal.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah
Kemampuan ini didukung dengan adanya kandungan flavonoid yang mampu menangkal penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan buah plum mempunyai efek anti-hiperglikemik yang cukup efektif dalam memerangi penyakit diabetes. Dengan kadar gula darah yang terkontrol, maka keluhan penyakit terkait dengan kencing manis yang anda alami akan sedikit teratasi.

4. Mencegah Obesitas
Pada skala kecil atau standar mungkin tubuh gemuk akan kelihatan lucu. Namun bagaimana jika level berat badan anda melebihi kapasitas? Tentu hal tersebut sangat mengganggu kesehatan dan mengurangi rasa percaya diri anda terhadap penampilan. Sebagai salah satu alternatif menu diet, buah plum bisa menjadi solusi sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi berat badan berlebih pada tubuh anda.

5. Mempunyai Sifat Anti-Radang
Sifat ini lebih dikenal dengan sebutan anti-inflamasi dimana fungsinya terbilang baik dalam mengatasi peradangan pada tubuh. Tidak terkecuali radang tenggorokan, sendi, dan lain sebagainya. Bahkan anti-inflamasi ini berfungsi pada semua sel dalam tubuh yang tidak luput juga dari sel-sel lemak.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan
Buah plum juga sangat baik untuk sistem pencernaan karena mempunyai sedikit sifat pencahar. Hal ini akan sangat membantu dalam meminimalisir adanya penumpukan racun berlebih pada tubuh. Dengan begitu anda tidak akan mengalami sembelit (susah BAB), penyerapan sari makanan lebih stabil, dan tentunya baik untuk menjaga berat badan tetap langsing.

7. Menjaga Kepadatan Tulang
Buah plum diperkaya dengan kalsium serta fosfor yang mempunyai peranan penting dalam mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang). Meski kalsium bisa juga didapat dari susu, namun dengan adanya buah plum tersebut, tentu akan menjamin terpenuhinya kebutuhan nutrisi harian yang berkaitan dengan kepadatan tulang dan gigi tersebut. Meski beriringan dengan bertambahnya usia, namun tulang dan gigi anda akan tetap kuat.

8. Meringankan Gejala Flu
Adanya antioksidan yang berperan sebagai penangkal radikal bebas, buah plum juga bisa menjadi obat alami yang bisa menyembuhkan flu. Hal ini juga dikarenakan buah ini kaya akan vitamin C sehingga daya tahan tubuh terhadap penyakit lebih kuat. Dengan begitu anda akan lebih kebal meski mengalami dampak dari perubahan musim.


9. Menjaga Fungsi Kognitif Tubuh
Seiring dengan bertambahnya usia, manusia mengalami adanya gangguan pada fungsi kognitif. Senyawa berupa flavonoid mampu mencegah gangguan neurologi seperti penyakit alzheimer dan parkinson (berkenaan dengan fungsi otak). Dengan begitu anda juga akan tercegah dari masalah kepikunan dini. Dan yang terpenting ialah bisa mendukung dan mengoptimalkan fungsi memori dalam belajar.

10. Membantu Proses Pembekuan Darah
Dengan adanya kandungan vitamin K, buah plum berperan penting dalam proses pembekuan darah dalam tubuh. Hal ini sangat diperlukan ketika anda mengalami luka atau goresan pada kulit. Jika darah tidak membeku, tentu darah akan mengalir dan keluar terus-menerus. Nah disini peranan vitamin K akan sangat berpengaruh pada proses pembekuan darah. Meski ada banyak alternatif jenis pangan yang bisa anda konsumsi, namun buah plum terbilang sangat ampuh dalam mengatasi masalah ini.

11. Menjaga Kesehatan Jantung
Dengan adanya zat besi yang baik untuk sistem darah dalam tubuh, buah plum yang dikonsumsi secara rutin mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan buah ini ialah stroke, gagal jantung, aterosklerosis, serangan jantung dan lain sebagainya. Selain itu kandungan potassium pada buah ini juga mampu menjaga detak jantung tetap stabil.

12. Melancarkan Sirkulasi Darah
Berkaitan dengan fungsi dan kinerja jantung, buah plum juga mampu menjadikan sistem peredaran darah tetap normal. Baik pula dikonsumsi bagi anda yang menderita hipertensi guna menjaga penyakit anda supaya tidak kambuh. Tekanan darah tinggi bisa berakibat buruk bagi kesehatan dan perlu diwaspadai segala kegiatan, jenis makanan, dan lain-lainya supaya tekanan darah tetap stabil.

13. Menjaga Kesehatan Syaraf
Dengan kandungan vitamin B6 didalamnya, buah plum terbilang sangat penting fungsinya untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Terkait dengan pertumbuhan otak dan terbentuknya hormon dalam tubuh. Terdapat pula kandungan triptofan yang memproduksi serotonin sehingga berhubungan dengan kualitas tidur (mengatasi insomnia), selera makan, dan konsentrasi otak.

14. Menurunkan Kolesterol Jahat
Kolesterol atau yang dikenal dengan lemak darah bisa menjadi masalah kesehatan jika anda tidak memperhatikan pola makan yang sehat. Dengan perlindungan yang lebih kuat terhadap organ jantung, hal ini didukung karena buah plum bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Berbanding terbalik dengan kolesterol baik yang semakin naik. Intinya kolesterol tubuh anda akan tetap stabil dengan mengkonsumsi buah plum ini.

15. Baik Untuk Ibu Hamil
Buah plum diperkaya dengan serat dan vitamin yang cukup lengkap. Didalamnya terdapat flavonoid, vitamin C, vitamin B6, zat besi, sorbitol, isatin, serat yang tinggi dan berbagai senyawa lainnya sehingga bisa mendukung pemenuhan gizi serta mengurangi resiko cacat pada bayi. Intinya perkembangan janin anda akan lebih maksimal dan tubuh anda akan lebih sehat bugar.

16. Menguatkan Sistem Imun
Seperti yang sudah kami bahas pada poin satu, buah plum kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu daya tahan atau sistem imun tubuh anda akan lebih kuat. Sehingga akan lebih kebal dan tidak mudah terserang penyakit. Dengan daya tahan tubuh tetap terjaga, maka tubuh anda akan lebih sehat secara maksimal.

17. Mengatasi Anemia
Manfaat ini didukung dengan adanya kandungan zat besi yang mampu mengatasi masalah kekurangan sel darah merah. Selain baik untuk pembekuan, zat besi ini juga akan menopang dan memperbarui sel-sel darah yang rusak sehingga anda tidak akan mengalami yang namanya anemia. Dengan kata lain buah plum berperan sebagai pemurni darah dan menjaga sirkulasi tetap lancar.

18. Mencegah Sel Kanker
Antioksidan mempunyai peranan penting dalam mencegah sel kanker dan tumor dalam tubuh. Adapula kandungan epicatechin (salah satu senyawa turunan flavonoid) yang membantu untuk menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Dengan mengkonsumsi buah plum secara rutin, maka anda sudah melakukan perlawanan terhadap pembentukan penyakit berbahaya tersebut.

19. Mempunyai Sifat Menenangkan
Buah plum yang anda konsumsi akan sangat membantu dalam mengatasi kecemasan. Hal ini dikarenakan adanya efek anxiolytic dan antioksidan yang mampu mengurangi gangguan kecemasan khususnya yang disebabkan oleh stres oksidatif. Sifat menenangkan ini pula yang nantinya akan memperbaiki kualitas tidur anda menjadi lebih baik.

20. Mencegah Degenerasi Makula
Sama halnya dengan sayur wortel, buah plum juga diperkaya dengan kandungan vitamin A dan beta-karoten yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Buah ini cukup ampuh dalam mencegah degenerasi makula dan melindungi makula retina dari kerusakan oksidatif yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari (UVA dan UVB).

21. Menyeimbangkan Asam Basa
Hal ini dikukung oleh kandungan kalium cukup tinggi yang merupakan salah satu elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh khususnya sistem saraf dan otot. Elektrolit ini bisa didapat dari beberapa jenis buah dan minuman dalam kehidupan sehari-hari. Namun dengan mengkonsumsi buah plum saja dirasa sudah cukup dan memberikan pengaruh terhadap kontraksi otot serta mengatur keseimbangan asam basa tubuh.

22. Menjaga Kesehatan Kulit
Bagi kaum hawa yang gemar melakukan perawatan kulit, mungkin buah plum bisa menjadi salah satu alternatif untuk dikonsumsi. Sebab buah ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk semua sistem metabolisme tubuh. Tidak terkecuali vitamin C yang berperan sebagai penangkal tanda-tanda penuaan dini khususnya yang disebabkan radikal bebas. Selain itu vitamin da mineral ini juga mampu menjaga kulit dari paparan sinar UV sehingga kulit tetap lembab, halus, bercahaya dan cantik secara alami.


Demikianlah ulasan singkat mengenai 22 Khasiat Buah Plum Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menjadi salah satu referensi yang memang benar-benar dibutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel