10 Khasiat Daun Lemon Balm

Khasiat Lemon Balm mungkin masih kurang begitu familiar bagi sebagian orang. Hal ini karena masih sangat jarang yang memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tapi pernahkah anda mendengar namanya? Atau apa juga ada yang pernah mengkonsumsinya? Tentu hal ini menjadi topik menarik untuk kita bahas karena daun dengan bentuk hampir serupa dengan daun mint ini mempunyai manfaat yang cukup baik untuk kesehatan. Seperti apa saja fungsi dan kegunaan tersebut? Dibawah ini kami akan memberikan rangkumannya untuk anda.


Lemon Balm merupakan salah satu jenis tanaman yang bentuknya menyerupai daun mint. Jadi anda harus tahu betul supaya bisa membedakan antara keduanya. Jika daun mint mempunyai aroma yang khas seperti mentol, lomon balm ini baunya seperti lemon. Jadi anda sudah bisa menebak dengan hanya membaca namanya. Dilansir dari website About.Com, tanaman yang mempunyai nama latin Melissa Officinalis ini mempunyai berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi anda yang mempunyai keluhan terkait dengan gangguan kesehatan.

10 Khasiat Daun Lemon Balm

Apa saja manfaat daun lemon balm untuk kesehatan? Nah, jika dibahas secara singkat, daun ini mempunyai sifat-sifat farmakologi yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Adapun penyakit yang bisa disembuhkan ialah : Cold sores (lepuh), kecemasan, insomnia, anti-radang dan masih banyak lagi yang lainnya. Agar anda mengenal lebih jelas tentang apa saja khasiat yang bisa diperoleh, berikut rincian selengkapnya!

10 Khasiat Daun Lemon Balm

1. Bersifat Menenangkan
Daun lemon balm mempunyai aroma yang cukup khas sehingga mampu memberikan sifat relaxing pada tubuh. Dengan pengkonsumsian secara teratur, ramuan dari daun ini mampu mengatasi kecemasan, meringankan stres, pikiran berat dan lain sebagainya.

2. Bersiat Anti-Inflamasi
Pada dunia kesehatan, anti-inflamasi banyak terdapat pada obat khususnya untuk mengatasi gejala peradangan pada tubuh. Sifat ini juga bisa anda peroleh dengan hanya mengkonsumsi daun lemon balm. Bahkan penggunaan daun ini banyak direkomendasikan untuk mengatasi gangguan pada kelenjar tiroid (kelenjar gondok).

3. Menyembuhkan Cold Sores
Penyakit ini bisa dikenali dengan adanya lepuhan-lepuhan kecil  yang muncul pada area sekitar mulut dan hidung. Biasanya pengidap penyakit herpes akan lebih rentan terkena gejala ini. Nah, disini lemon balm berperan untuk memberikan perlindungan (penangkal) bagi virus yang menyebabkan penyakit cold sores ini.

4. Mengatasi Insomnia
Meski bukan tergolong jenis penyakit namun insomnia merupakan salah satu kebiasaan yang bisa merugikan kesehatan. Tidak sedikit kalangan orang yang mengeluh dengan kebiasaan ini. Nah dikarenakan daun lemon balm mempunyai sifat yang menenangkan, tentu akan sangat membantu dalam mengatasi insomnia yang anda alami. Tentu dengan melakukan kegiatan lain sehingga mendukung terapi yang anda lakukan. Seperti menghindari tidur siang dan lain sebagainya.


5. Anti-retroviral Terhadap HIV
Manfaat ini diungkap dari beberapa penelitian khususnya yang diterbitkan oleh jurnal medis Retrovirology. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa paduan bahan yang mengunakan lemon balm, peppermint, dan sage sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan virus HIV dalam tubuh. Dengan kata lain ramuan ini bisa mencegah penyakit yang dimaksud.

6. Mencegah Alzheimer
Daun lemon balm juga mempunyai manfaat yang cukup ampuh untuk menurunkan penyakit yang terkait dengan gangguan otak. Dengan mengkonsumsi ramuan lemon balm secara rutin, beberapa penelitian menyebutkan bahwa penderita alzheimer menunjukkan hasil atau perubahan yang signifikan. Secara tidak langsung herba yang menyerupai daun mint ini bisa mencegah atau bahkan mengobati alzheimer.

7. Anti-Bakteri Alami
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemon balm memiliki aktifitas anti-bakteri yang sangat tinggi. Hal ini telah dibuktikan dengan perlawanan terhadap bakteri Staphylococcus Aeureus yang bahkan sejumlah besar dari jenis bakteri ini memberikan perlawanan (kebal) terhadap antibiotik farmasi. Jadi sebagai alternatif, ramuan dari lemon balm sangat cocok untuk obat anti bakteri alami yang sangat ampuh.

8. Bersifat Anti-Virus
Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Natural Products Research menyebutkan bahwa lemon balm sangat efektif untuk melawan virus herpes simpleks. Dengan kemampuan hingga 60%, lemon balm ini sangat efektif untuk melawan dan menghambat kemampuan virus herpes simpleks. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa dengan penerapan salep daun lemon balm mampu mengobati luka dingin dalam jangka waktu hanya 2 hari. Jadi lemon balm ini memberikan pengaruh cukup baik bagi tubuh khususnya dalam mencegah pertumbuhan virus.

9. Terapi Sindrom Kelelahan Kronis
Tidak sedikit para herbalis dan dokter alami yang menyarankan untuk menggunakan lemon balm sebagai obat alternatif. Khususnya bagi mereka yang mempunyai keluhan terkait sindrom kelelahan kronis (Chronic Fatigue Syndrome/CFS).  Hal ini dikarenakan CFS ini sering dikaitkan dengan adanya virus sehingga herbal lemon balm ini menjadi salah satu pilihan yang baik dalam mengobati infeksi virus

10. Penolak Nyamuk Alami
Lemon balm sering digunakan sebagai obat tradisional yang mampu menolak gigitan nyamuk. Hal ini didukung dengan adanya penelitian Journal Of Neurokimia yang menyebutkan bahwa obat nyamuk yang berbasis DEET (diethyltoluamide) mampu mengganggu sinyal sistem syaraf, hormon dopamin neurologis, dan degeneratif syaraf. Dengan hal ini mampu disimpulkan bahwa penggunaan daun lemon balm sebagai obat nyamuk alternatif sangat baik dikarenakan tidak mengandung DEET.

Bagaimana cara menggunakan daun lemon balm sebagai obat? Tentu banyak kalangan orang yang mengkonsumsi daun ini sebagai teh. Namun bisa diusapkan langsung untuk penggunaan luar. Sangat sederhana dan tidak butuh langkah rumit. Karena yang alami sangat aman dan nyaman untuk anda konsumsi.


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 10 Khasiat Daun Lemon Balm. Semoga bisa membantu dan memberikan tambahan referensi bagi anda yang membutuhkan. Perlu diingat pula bahwa informasi ini tidak bisa menggantikan peran dokter, jadi ada baiknya jika kosultasikan terlebih dahulu jika penyakit yang anda derita parah. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *