10 Khasiat Minyak Canola Untuk Kesehatan

Khasiat Minyak Canola berbeda dengan minyak goreng pada umumnya. Jika anda mengunakan minyak goreng biasa, mungkin akan lebih mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit. Lain halnya dengan minyak yang satu ini. Jika dibahas secara singkat, manfaat minyak canola bagi tubuh terbilang sangat banyak. Adapun manfaat tersebut ialah untuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan kulit, jantung, dan lain sebagainya. Berikut ini kami akan memberikan sedikit rangkuman yang siapa tahu bisa menjawab semua pertanyaan anda. Baca sampai selesai ya!


Minyak Canola merupakan salah satu minyak goreng yang terbuat dari bahan nabati sehingga sangat baik untuk kesehatan. Minyak ini berbahan dasar dari varietas sayur lobak dan sawi-sawian. Nama Canola berasal dari bahasa latin yang dikenal dengan "Rapum" berarti lobak. Sedangkan lobak, kubis, rutabaga serta tanaman jenis lainnya sangat umum dan erat kaitannya dengan minyak canola yang paling banyak diproduksi dan digunakan saat didunia saat ini.

10 Khasiat Minyak Canola Untuk Kesehatan

Mempunyai perbedaan dengan minyak bunga matahari dan minyak safflower, minyak kanola mempunyai kandungan asam lemak jenuh tunggal yang paling tinggi diantara seluruh minyak nabati yang anda didunia. Sedangkan untuk penggunaan, minyak canola termasuk untuk alternatif bahan bakar dan sumber daya tak terbaharukan. Layaknya minyak petroleum yang dipakai untuk bahan lipstik, lilin, biofuel, tinta, dan minyak pelumas. Namun apabila digunakan untuk memasak, minyak canola bisa memberikan begitu banyak manfaat bagi tubuh. Dan manfaat ini tidak akan anda peroleh dari jenis minyak goreng lainnya.

Dengan begitu ragam manfaatnya, minyak canola memiliki peranan penting karena berkemampuan untuk meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kinerja dan fungsi otak, serta meminimalisir resiko terjadinya kanker pada tubuh. Terlebih lagi minyak ini erat kaitannya dengan pencegahan diabetes dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat beberapa daftar manfaat dari minyak canola dibawah ini!

Khasiat Minyak Canola Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Energi Tubuh
Dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dan juga tingkat kolesterol yang redah, minyak canola cukup membantu dalam menjaga dan menjalankan proses metabolisme tubuh dengan optimal. Hal ini dikarenakan tubuh tidak menjadi lemah dan lamban yang kemungkinan dipicu oleh sirkulasi darah yang tidak lancar atau sistem kardiovaskular yang tertekan. Dengan begitu kebutuahan energi terpenuhi dan tetap stabil.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat
Bisa dibilang bahwa minyak canola ini tidak mempunyai kandungan kolesterol sedikitpun. Dengan kata lain tubuh anda tidak terpengaruh meskipun sedang menderita penyakit atau mempunyai masalah dengan kolesterol. Dampak yang disebabkan oleh kolesterol ialah mampu menyumbat arteri sehingga menimbulkan beban yang berlebihan pada sistem kardiovaskular. Bukti lain menyatakan bahwa kolesterol juga menjadi penyebab atau kontributor dari aterosklersis yang berdampak pada serangan jantung atau stroke.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Seperti halnya manfaat yang didapat dari minyak nabati lainnya, Minyak canola juga mempunyai kandungan yang kaya dengan Vitamin E. Vitamin ini merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Berperan sebagai antioksidan yang sangat efektif, vitamin E mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.


4. Menunda Penuaan Dini
Hal ini juga bisa diperoleh dengan adanya kandungan vitamin E yang mampu menjaga kulit tetap lentur, halus, dan meminimalisir munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus dan lain sebagainya. Vitamin E pula yang akan menjadikan kulit tetap cantik dan terlihat lebih awet muda.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Minyak Canola juga mempunyai kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6. Meski omega 3 dianggap baik dan omega 6 dianggap buruk, namun nyatanya tubuh masih membutuhkan keduanya. Meski terdapat kolesterol pada minyak canola, terdapat pula fitosterol yang mampu mengurangi pembentukan serta penyerapan kolesterol dalam tubuh. Dengan kata lain minyak canola ini juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh sehingga secara tidak langsung berimbas pada kesehatan jantung.

6. Meningkatkan Fungsi Otak
Seiring dengan bertambahnya usia, otak mengalami penurunan fungsi kognitif. Hal ini dimanifestasikan pula dalam kondisi seperti penyakit alzheimer (kepikunan dini), dan dimensia. Namun minyak canola mempunyai antioksidan yang baik sehingga mampu memerangi radikal bebas serta mencegah terjadinya kerusakan pada otak. Dengan kata lain antioksidan ini mencegah hal yang dapat mematikan koneksi saraf dan penyebab bahaya lainnya.

7. Merawat Wajah Tetap Cantik
Seperti yang sudah kami bahas pada beberapa poin diatas, vitamin E juga sangat baik untuk merawat wajah anda tetap cantik. Selain menjaga kelembapan kulit, minyak canola ini ampuh untuk mengurangi noda hitam bekas jerawat, menyembuhkan luka yang ditinggalkan jerawat, dan juga memperlambat munculnya keriput. Intinya wajah anda tetap anggun meski usia terus bertambah.

8. Menekan Pertumbuhan Kanker
Terdapat antioksidan dan vitamin E yang efektif melawan kanker, maka dengan begitu tubuh akan lebih kebal terhadap serangan radikal bebas. Zat penyebab kerusakan sel sehat dan bermutasi menjadi sel kanker ini bisa diminimalisir sehingga tubuh lebih sehat. Asupan Vit.E ketika diet khususnya yang didapat dari minyak canola akan mengurangi resiko terkena serangan kanker. Bahkan antioksidan ini mampu memperlambat perkembangan (penyebaran) sel kanker yang sudah ada atau muncul.

9. Mengontrol Kadar Gula Darah
Tdak hanya mampu mencegah pernyakit jantung, kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak canola sangat membantu dalam menjaga kadar gula (glukosa) dalam darah. Dengan kata lain anda akan mempunyai resiko lebih kecil terkena diabetes karena kandungan gula dalam darah lebih seimbang. Sedangkan metabolisme tubuh yang tidak stabil mampu meningkatkan kadar glukosa dan insulin. Sehingga bagi anda penderita diabetes akan cenderung mengalami peningkatan atau penurunan gula darah secara drastis. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya bagi tubuh anda.

10. Menjaga Kesehatan Membran Sel / Selaput Lendir
Selaput lendir berperan sangat penting dalam melindungi tubuh dari zat asing. Dan hal ini merupakan salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Sedangkan minyak canola mempunyai Vit.E yang berfungsi sebagai antioksidan yang larut lemak. Mempunyai manfaat yang cukup baik dalam melindungi integritas membran sel di seluruh tubuh.


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 10 Khasiat Minyak Canola Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan memberikan referensi tambahan bagi anda yang butuh. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel