18 Khasiat Kayu Ular Papua Untuk Kesehatan

Khasiat Kayu Ular yang berasal dari Papua ini mungkin sudah tidak asing dan banyak digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan herbal yang fungsinya cukup baik bagi kesehatan. Manfaat Kayu ular berperan sebagai anti-kanker, mengontrol gula darah, meringankan sakit perut serta masih banyak lagi manfat yang tentunya kami akan rangkum secara singkat, padat namun mudah anda pahami. Nah untuk informasi yang lebih lengkap, mari kita baca artikel ini sampai selesai.

18 Khasiat Kayu Ular Papua Untuk Kesehatan

Kayu Ular dengan nama latin (nama ilmah) Strychons Lucida ini bisa didapat dan banyak tumbuh di daratan Papua. Meski mempunyai nama yang begitu unik, namun khasiat yang bisa diperoleh cukup ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit khususnya secar tradisional. Berbeda dengan orang Papua, Jawa mengenal tanaman ini dengan sebutan dara putih atau dara laut dan banyak dijadikan obat herbal alias jamu tradisional.


Jika dilihat dari segi ciri atau bentuk, pohon kayu ular mempunyai ukuran sedang dengan besar batang berdiameter sekitar 30cm. Banyak ditemukan didaerah pegunungan papua dengan ketinggian 100 hingga 300m diatas permukaan laut. Untuk tumbuhnya umum diketahui tanaman berkoloni (bergerombol) dengan tanaman kayu ular sejenis sehingga sangat mudah mengenali atau bahkan bisa disimpulkan bahwa jika dijumpai satu tanaman kayu ular maka ada pula beberapa kelompok tanaman lain (sejenis) pada daerah tersebut. Habitat lain dari tanaman ini biasanya mudah ditemukan pada area pinggiran sungai.

Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat dari kayu ular sebagai obat? Dan Bagaimana cara mengunakan atau mengkonsumsi jamu kayu ular yang baik dan benar? Nah untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, mungkin daftar singkat yang kami sediakan dibawah ini mampu menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Untuk lebih singkatnya mari kita simak sama-sama!

18 Khasiat Kayu Ular Papua Untuk Kesehatan

#1. Mempunyai Sifat Diuretik
Sifat ini mempunyai peranan penting dalam menormalkan keluarnya air seni dari tubuh. Hal tersebut karena kayu ini mempunyai kandungan senyawa alami berupa tanin yang cukup membantu untuk melancarkan saluran kemih. Jadi bisa disimpulkan pula bahwa mengkonsumsi kayu ular akan sangat baik bagi kesehatan ginjal.

#2. Mengontrol Kadar Gula Darah
Manfaat lain dari kayu ular ini dipercaya bisa mengatasi diabetes karena mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini tentunya didukung dengan adanya kandungan saponin sehingga kondisi gula darah tetap stabil. Sangat sesuai dikonsumsi oleh kalangan orang yang mempunyai masalah terkait dengan gangguan sirkulasi darah.

#3. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, kayu ular juga mampu menjaga sirkulasi darah tetap lancar. Dengan begitu anda akan terhindar dari yang namanya hipertensi (tekanan darah tinggi). Dan menjadikan tubuh lebih sehat yang terkait pula dengan pencegahan penyakit jantung. Kenapa demikian? Karena kandungan antioksidan serta beberapa sifat didalamnya mampu mengencerkan darah yang menggumpal.

#4. Mempunyai Sifat Anti-Inflamasi
Sifat ini berpengaruh pada sistem tubuh khususnya dalam mencegah terjadinya peradangan. Hal ini sangat sesuai dengan pencegahan beberapa dampak pembengkakan seperti bisul, jerawat, benturan, dan lain sebagainya.

#5. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Kayu ular kaya akan antioksidan yang kemampuannya cukup baik dalam menguatkan sistem imun dalam tubuh. Hal ini didukung dengan adanya senyawa alami berupa alkaloid yang sangat cocok untuk menjaga tubuh terhindar dari serangan penyakit. Intinya tubuh akan lebih kebal dan kuat sehingga tidak mudah terserang radikal bebas.

#6. Mencegah Adanya Resiko Kanker
Selain sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh, antioksidan pada kayu ular juga sangat baik dalam mencegah adanya resiko serangan sel kanker dan tumor. Dalam hal ini sistem imun tubuh akan mencegah pembentukan atau bahkan pertumbuhan sel-sel jahat tersebut.

#7. Mempunyai Sifat Anti-Bakteri
Sifat ini sangat baik untuk mencegah tubuh dari serangan mikroba khusunya bakteri yang merugikan tubuh. Tidak hanya itu saja, kayu ular juga bersifat sebagai anti kuman sehingga tubuh tidak mudah terserang infeksi.

#8. Mempunyai Sifat Anti-Piretik
Sifat ini mampu menurunkan panas atau demam pada tubuh. Oleh karena itu kayu ular ini dipercaya mampu meredakan atau bahkan menurunkan demam secara cepat. Didukung dengan adanya senyawa alami berupa galat dan tanin, kayu ular menyimpan sifat yang mampu mencegah resiko infeksi dan radang pada tubuh.

#9. Menambah Selera Makan
Tdak sedikit dari kalangan orang yang mempunyai keluhan akan gangguan makan. Hal ini karena kemungkinan ada suatu masalah yang terjadi pada sistem syaraf yang mengatur kondisi lapar dan mood terhadap makanan. Maslaah utama terjadi pada perut dan kayu ular mampu menstimulasinya supaya kembali stabil.

#10. Memperbaiki Sistem Syaraf Otak
Jika yang kami bahas diatas terkait dengan selera makan, berbeda lagi dengan sistem syaraf lain yang berkemungkinan untuk mengalami masalah. Syaraf otak terhubung dengan semua organ dalam tubuh yang intinya semua diatur (dikontrol) oleh sistem yang terdapat pada otak. Tidak terkecuali juga tentang kecerdasan, daya ingat, konsentrasi dan lain sebagainya.

#11. Meringankan Sakit Perut
Meski terbilang sangat kecil namun minuman herbal dari kayu ular ini mampu mengatasi sakit yang terjadi pada perut. Masalah ini biasanya muncul ketika terjadi peradangan dan naiknya asam lambung pada perut sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman dan nyeri pada bagian perut tersebut. Dikarenakan kayu ular mempunyai sifat anti-radang, rasa sakit yang ditimbulkan sedikit banyak bisa diminimalisir.

#12. Membersihkan Darah Kotor
Sudah diketahui banyak orang bahwa darah kotor bisa menimbulkan beberapa masalah pada tubuh. Tidak terkecuali ialah penyakit kulit yang mencakup bisul, gatal, korengan, luka bernanah, jamur, dan masih banyak lagi yang lainnya. Darah kotor juga tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan jerawat pada wajah serta beberapa masalah lain yang ada kaitannya dengan peradangan. Dan dengan adanya ramuan dari kayu ular maka mampu menstimulasi tubuh untuk cepat membersihkan dan mengeluarkan darah kotor.


#13. Mengatasi Kista
Penyakit yang satu ini merupakan suatu bentuk dari tumor jinak yang berbentuk cairan kental. Hal ini bisa terjadi karena adanya radang dan darah kotor yang menggumpal. Oleh karena kayu ular bersifat anti-radang, maka kemampuan ini bisa anda fungsinkan untuk mencairkan gumpalan darah serta mengeluarkannya dari tubuh.

#14. Meringankan Gejala Stroke
Stroke merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya gangguan pada sistem jantung dan sirkulasi darah. Sedangkan manfaat yang terdapat pada kayu ular didukung dengan adanya tanin dan galkin yang mampu melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya stroke pada tubuh. Stroke yang tidak segera ditangani akan berdampak pada kelumpuhan.

#15. Menurunkan Resiko Serangan Jantung
Sifat antioksidan pada kayu ular mampu menangkal radikal bebas serta mereduksi konsentrasi gula dalam darah. Erat kaitannya dengan pencegahan hipertensi yang juga mencakup untuk mencegah dan mengatasi beberapa masalah terkait dengan gangguan jantung.

#16. Mengatasi Paru-Paru Basah
Penyakit atau gangguan paru-paru basah ini terjadi karena adanya peradangan pada organ yang dimaksud. Sedangkan kayu ular mempunyai senyawa berupa tanin dan galkin yang akan mencegah terjadinya radang pada paru. Sifat ini yang tentunya sangat efektif untuk membantu dalam pencegahan paru-paru basah.

#17. Meringankan Gejala Rematik
Rematik sangat erat kaitannya dengan sistem peredaran darah dalam tubuh. Sama halnya dengan asam urat, rematik akan membatasi ruang gerak karena penderitanya akan sangat sulit untuk mengontrol tubuh. Dan tanin pada kayu ular akan mampu mencegah penggumpalan darah serta melancarkan kembali sirkulasi yang terhambat.

#18. Mengatasi Wasir
Wasir merupakan penyakit peradangan yang terjadi pada saluran pembuangan feses. Hal ini terjadi disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya terlalu banyak duduk, kurang minum, kurang serat dan lain sebagainya. Kayu ular mempunyai sifat anti-inflamasi yang baik untuk mendukung penyembuhan ambeien.

Bagaimana Cara Menggunakan Kayu Ular Sebagai Obat? Jika kami membaca dari narasumber di internet, ada beberapa cara dalam menggunakan kayu ular untuk pengobatan herbal alternatif. Salah satu diantaranya ialah dengan merebus langsung bongkahan kecil kayu ular atau bisa juga dengan menggunakan serbuk kayunya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tata cara singkat dibawah ini.

#1. Merebus Bongkahan Kecil Kayu Ular
  • Siapkan Bongkahan kayu ular, kira-kira ¼ dari diameter dari ukuran kayu (secukupnya).
  • Rebus kayu dengan 100cc air hingga mendidih.
  • Angkat bongkahan kayu dan campurkan rebusan tadi dengan segelas air dingin (200cc)
  • Minum 3x sehari masing-masing 1/2 gelas untuk 1x konsumsi.
#2. Dengan Serbuk Kayu
Serutan dari kayu ular sekarang ini sudah banyak dijual secara online sehingga mungkin akan mempermudah anda untuk mendapatkannya. Langkah-langkah pengolahan ialah :
  • Serut Kayu secukupnya (jika masih berupa bongkahan).
  • Seduh 1sdt serutan kayu dengan 100cc air mendidih (1/2 gelas).
  • Tunggu hingga hingga hangat kemudian saring.
  • Selanjutnya bisa langsung diminum
Meski terbilang memberikan manfaat yang cukup lengkap, namun penggunaan dari ramuan ini juga harus dengan pengawasan ahli (dokter). Hal ini bertujuan untuk mencegah dampak buruk atau efek samping yang mungkin saja terjadi. Paling tidak anda harus bertanya (berkonsultasi) terlebih dahulu sebelum menggunakan.


Demikianlah ulasan sederhana mengenai 18 Khasiat Kayu Ular Papua Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan memberikan referensi bagi anda yang memang benar-benar membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *