7 Khasiat Bunga Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Belimbing Wuluh ini sudah sangat familiar dan umum dijadikan obat batuk bagi kalangan anak-anak. Namun tidak hanya itu saja, melainkan masih banyak lagi Manfaat Kembang Belimbing Wuluh yang akan kami kupas habis pada postingan kali ini. Nah bagi anda yang penasaran akan segala hal terkait dengan bunga buah yang mempunyai cita rasa kecut ini. Mungkin ada baiknya jika anda membaca postingan yang kami tulis ini sampai selesai. Berikut kurang lebihnya.

7 Khasiat Bunga Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Belimbing wuluh merupakan salah satu buah tergolong sayur yang umumnya dijadikan bumbu untuk kuah bening, campuran sambal, dan lain sebagainya. Buah ini diperkaya dengan kandungan Vitamin C sehingga bisa berperan sebagai antioksidan yang fungsinya cukup baik dalam menjaga daya tahan tubuh tetap stabil. Namun yang menjadi pokok bahasan disini ialah mengenai bunga atau kembangnya. Bagaimana cara untuk memperoleh manfaat dari kembang belimbing wuluh tersebut? Pengolahannya terbilang sangat sederhana. Agar anda tidak salah kaprah, mungkin rangkuman dibawah ini bisa menjawab semua pertanyaan anda.


Pada postingan sebelumnya kami juga sudah membahas akan beberapa manfaat buah belimbing wuluh. Disitu terdapat sekitar 10 hingga 12 khasiat yang kesemuanya sangat baik untuk kesehatan. Karena buah ini mempunyai kandungan berupa Vitamin C, Saponin, Sulfur, peroksida, tanin, kalium sitrat, kalsium oksalat, asam format, glikosida, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya pada buah, belimbing wuluh menyimpan khasiat yang bisa anda peroleh dari daun bahkan juga bunganya.

7 Khasiat Bunga Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

#1. Meringankan Gejala Batuk
Bunga belimbing wuluh terbilang sangat ampuh untuk mengatasi batuk khususnya yang disertai dahak. Bisa diminum oleh segala usia tidak terkecuali juga oleh kalangan anak-anak. Jika dikonsumsi secara rutin, maka batuk anda akan lebih cepat sembuh.

#2. Mengatasi Sariawan Dan Bibir Pecah-pecah
Sama halnya dengan buahnya, bunga dari belimbing wuluh ini juga sangat baik dalam mengatasi sariawan atau bahkan dampak yang muncul olehnya. Sariawan sering dibarengi dengan bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan dan lain sebagainya.

#3. Menangkal Radikal Bebas
Kembang belimbing wuluh juga mempunyai senyawa antikoksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas sehingga daya tahan tubuh lebih kuat. Dengan begitu tubuh anda akan lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit karena sistem imun masih terjaga.

#4. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan
Batuk juga akan berdampak pada tenggorokan yang terkadang menyebabkan rasa sakit dan terparah bisa juga hingga meradang. Meski tidak mempunyai sifat anti-inflamasi, namun antioksidan pada bunga belimbing wuluh bisa meredakan sakit tenggorokan dan meringankan semua gejala mungkin saja timbul.


#5. Melancarkan Sirkulasi Darah
Manfaat ini sangat erat kaitannya dengan pencegahan hipertensi (tekanan darah tinggi). Dengan lancarnya peredaran darah dalam tubuh, maka akan memaksimalkan semua kinerja metabolisme tubuh khususnya organ jantung.

#6. Mengontrol Kadar Gula Darah
Kadar gula darah tinggi bisa memicu berbagai jenis penyakit yang diantaranya ialah kelebihan berat badan (Obesitas). Untuk membuat kadar gula tetap stabil, maka anda harus mengurangi konsumsi jenis makanan / minuman manis sehingga gula darah tidak naik. Atau paling tidak bisa mencoba alternatif dari ramuan bunga belimbing wuluh.

#7. Mengobati Sakit Gigi
Bunga belimbing wuluh tidak sepenuhnya bisa menyembuhkan sakit gigi. Namun fungsi ini sekedar mampu meredam atau mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan. Untuk memaksimalkan manfaat dari kembang belimbing wuluh, mungkin bisa juga dipadukan dengan bahan alami lain supaya sakit gigi anda benar-benar sembuh.

Nah yang menjadi pertanyaan lanjutan disini ialah : Bagaimana cara mengolah kembang belimbing wuluh sebagai obat? Tentu kami juga sudah menyediakan resep sederhana yang mungkin saja bisa membantu! Berikut selengkapnya!
  • Siapkan terlebih dahulu segenggam bunga belimbing wuluh (secukupnya) disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Cuci bunga tersebut hingga bersih agar ramuan yang anda buat lebih sehat.
  • Selanjutnya rebus bunga belimbing wuluh tadi dengan 5 gelas air (1000cc) hingga menguap dan berubah warna menjadi kemerahan. Usahakan menggunakan api kecil agar pemanasan lebih stabil.
  • Agar rasa ramuan bisa lebih pas, campur juga gula batu (takaran bisa disesuaikan sendiri)
  • Jika sudah mendidih, aduk ramuan (masih dalam keadaan direbus) hingga warna menjadi merah pekat dan kira-kira tersisa 2 gelas saja (400cc).
  • Matikan kompor dan didiamkan hingga ramuan menjadi dingin.
  • Saring hingga terbebas dari ampas kemudian bisa disimpan di lemari pendingin.
  • Untuk mendapatkan hasil, jamu atau ramuan bisa diminum 2 hingga 3x sehari dengan porsi sesuai kebutuhan.
  • Selamat mencoba!
Ramuan diatas bisa langsung diminum selagi hangat atau tanpa melalui proses penyimpanan. Penyimpanan pada lemari pendingin hanya bertujuan agar ekstrak bunga belimbing wuluh tersebut tidak basi.


Demikianlah rincian artikel mengenai 7 Khasiat Bunga Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menjadi salah satu referensi yang memang benar-benar dibutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *