5 Khasiat Asam Belanda Untuk Kesehatan

Khasiat Asam Belanda mungkin tidak begitu familiar dikarenakan sangat jarang dikonsumsi oleh kalangan masyarakat. Padahal Manfaat Asem Londo cukup membantu dalam menjaga kesehatan dan dalam hal ini biasanya dikonsumsi sebagai obat gangguan pencernaan serta jenis penyakit lain yang masih terkait. Nah, sekedar menambah wawasan atau pengetahuan mengenai kegunaan dan fungsi asem londo bagi kesehatan. Mungkin rangkuman singkat yang sudah kami sediakan dibawah ini bisa sedikit membantu!

5 Khasiat Asam Belanda Untuk Kesehatan

Asam Belanda  (Asem Londo) dengan nama latin atau ilmiah : Pithecellobium dulce adalah sejenis tanaman yang sering dijadikan tanaman pagar. Jika dilihat dari klasifikasi, tumbuhan ini masih dalam kelompok plantae dan dikenal dengan blackbead, guayamochil, dan madras dalam bahasa inggris. Buahnya yang sudah matang bisa dimakan langsung dengan rasa manis sedikit pekat.


Ciri atau deskripsi tanaman bisa anda kenali dengan bentuk daun yang kecil berwarna hijau tua. Tangkai diselimuti dengan duri dan berbunga kecil warna putih kekuningan. Buah yang masih muda berwarna hijau muda serta berubah merah ketika sudah mengkal. Biji kecil keras warna hitam dan biasanya tanaman ini bisa ditemukan pada pinggiran jalan raya sebagai penyerap polusi kendaraan.

Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat asam belanda bagi kesehatan? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami menelusuri beberapa sumber yang kami dapat di internet. Nah, dari berbagai referensi tersebut kami merangkum segelintir kegunaan asem londo sebagai obat. Berikut selengkapnya!

Khasiat Asam Belanda Untuk Kesehatan :
  1. Obat Luka : Daun yang dihaluskan kemudian ditapalkan pada luka akan membuat lebih cepat sembuh. Hal ini karena daun asem londo sangat cocok untuk mencegah infeksi sehingga luka kering dalam jangka waktu lebih singkat.
  2. Mencegah Penyakit Menular : Dalam hal ini terkait dengan luka yang terdapat pada kulit. Salah satunya ialah penyakit korengan atau jenis lain yang bisa ditularkan melalui kontak langsung. Namun sebagai obat tapal alami, hal tersebut tentunya bisa anda cegah.
  3. Mengatasi Penyakit Sawan : Masalah ini biasanya sering terjadi pada kalangan anak-anak. Faktor penyebab bisa berbeda dan kemungkinan terbesar ialah karena demam atau yang lainnya. Nah untuk menyembuhkan sawan pada anak tersebut, anda cukup menghaluskan daun asem londo kemudian ditapalkan pada kening sebagai pengganti kompres.
  4. Melancarkan Sistem Pencernaan : Penyakit ini biasanya ada hubungannya dengan susah BAB, sembelit, wasir. Cara yang bisa anda lakukan ialah dengan merebus daun dan diberi sedikit garam dapur. Minum airnya hingga sembuh.
  5. Menyembuhkan Disentri : Terkait dengan sistem pencernaan, disentri menjadi masalah yang serius jika tidak segera ditangani. Untuk meramu, siapkan kulit akar kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Minum secara rutin hingga masalah teratasi.
Manfaat lain dari asem londo ialah terdapat pada daun tepung biji sebagai pakan ternak, kulit batang sebagai pewarna jala ikan, sebagai tanaman hias, dan juga pagar hidup untuk lingkungan pedesaan.


Sekian ulasan mengenai 5 Khasiat Asam Belanda Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel