17 Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Jambu Biji tidaklah asing bagi kalangan masyarakat Indonesia. Sebab penggunaannya sudah umum dan banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Pada dasarnya Manfaat Daun Jambu Biji dipercaya bisa mengobati diare, maag (asam lambung), ambeien, demam berdarah dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya bagi dunia kesehatan saja, melainkan juga berguna bagi dunia kecantikan yang terkait dengan perawatan wajah secara alami. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan seperti yang dimaksud pada judul. Pada kesempatan ini kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman yang kesemuanya kami ambil dari beberapa sumber di internet.
Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun Jambu Biji? Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. Pohon yang menghasilkan buah dengan citarasa menyegarkan dan baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral didalamnya ikut membantu memperlancar metabolisme tubuh sehingga semua organ bekerja sebagaimana mestinya. Namun yang menjadi pokok pembahasan disini bukanlah buah, melainkan daun yang juga sering dijadikan obat alternatif bagi kalangan masyarakat pedesaan. Jadi sangat tidak heran bahwa penggunaan daun jambu biji ini masih tetap eksis hingga sekarang. Penasaran? Yuk lanjut saja membacanya!

==> Yuk Lihat Juga : 15 Khasiat Teratai Salju Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Seperti apa saja fungsi daun jambu biji sebagai obat tersebut? Nah, berikut rincian yang kami lansir dari berbagai sumber, Cek selengkapnya agar pengetahuan yang ingin anda dapat bisa lebih sempurna!

9 Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

1. Menghentikan Diare
Rasa yang pekat pada pucuk daun yang masih muda bisa dialih fungsikan untuk mengobati diare. Penyakit ini memang sangat lazim terjadi pada kalangan anak-anak. Namun bisa juga digunakan oleh kalangan remaja ataupun yang sudh lanjut usia. Untuk penggunaan, anda bisa memakan langsung sebagai lalapan dan bisa diolah sebagai jamu dengan racikan yang sudah ditentukan. Pertama anda siapkan sekitar 1 genggam pucuk daun jambu biji dan tumbuk kasar (sebelumnya dicuci terlebih dahulu). Seduh dengan air mendidih, peras sembari disaring kemudian air tersebut diminum dengan menambah sedikit garam dapur. Untuk hasil optimal, konsumsi ramuan ini paling tidak 2x sehari (siang dan malam hari sebelum tidur).

2. Obat Herbal Untuk Diabetes
Bagi orang yang mempunyai masalah dengan gula darah, mungkin daun jambu biji salah satu alternatif yang paling mudah diterapkan. Sebab ramuan dari daun ini bisa menurunkan dan menormalkan kembali kadar gula yang berlebih pada darah. Cara mengolahpun sangat mudah, cukup siapkan daun jambu biji secukupnya dan diseduh dengan air mendidih sebagai pengganti teh.

3. Menyembuhkan Maag
Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan kelebihan asam lambung. Bisa jadi karena pola hidup yang kurang sehat serta karena asupan makanan yang tidak sesuai untuk tubuh. Namun anda jangan khawatir, sebab dengan ramuan herbal dari daun jambu biji bisa mengatasi permasalahan tersebut. Cara membuat cukup menyiapkan 1 genggam daun jambu biji (pucuk) dan direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut paling tidak 3x sehari sampau dirasakan hasilnya.

4. Meringankan Gejala Sariawan
Sariawan dan juga panas dalam bisa terjadi kapan dan dimana saja. Meski begitu mudah mendapat obat dilingkungan sekitar, namun tidak kesemuanya memberikan efek seperti yang diharapkan. Jadi oleh karena itu, anda harus mencoba berbagai ramuan alami yang sekiranya memang betul bisa menyembuhkan gejala yang ditimbulkan. Masalah sariawan tidak jauh dari yang namanya bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan, dan susah buang air besar karena feses mengeras. Tapi, masalah sariawan bisa diatasi dengan merebus daun jambu biji yang masih muda beserta dengan pepagannya (kulit batang). Ketika sudah mendidih, diamkan hingga hangat dan bisa dijadikan obat kumur atau diminum.

5. Menyembuhkan Wasir atau Ambeien
Masalah ini sering terjadi pada kalangan orang yang kurang memperhatikan kesehatan. Seperti pola makan yang kurang serat, pekerjaan yang kurang gerak, terlalu banyak duduk dan mungkin ada juga faktor lain yang menjadi pemicu dari timbulnya penyakit wasir. Nah, untuk mengatasi masalah ini, anda cukup menumbuk daun jambu biji (bagian pucuk yang masih muda) dan dipadukan dengan pisang batu. Bisa juga kedua bahan tersebut dijadikan jus kemudian diminum secara rutin hingga ambeien anda sembuh.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka
Mungkin anda secara tidak sengaja jatuh hingga kulit lecet atau juga karena terkena benda tajam dan hal tersebut menyebabkan kulit anda luka. Nah, disini daun jambu biji mempunyai peranan penting untuk menghentikan pendarahan meskipun luka yang anda alami masih baru. Pertama anda cukup melumat daun dambu biji (dikunyah) kemudian ditapalkan pada area yang terdapat luka. Pucuk daun jambu biji mengandung astringen sehingga darah anda tidak keluar lagi.

7. Obat Herbal Demam Berdarah
Demam berdarah umumnya terjadi pada kalangan anak-anak karena disebabkan oleh gigitan nyamuk. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa anda bisa terkena penyakit yang tergolong sangat berbahaya ini. Cara menggunakan sangat sederhana, cukup siapkan 2 genggam daun jambu biji dan direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum air rebusan tersebut 3x sehari hingga sembuh.

8. Mengatasi Kembung Pada Anak
Kembung sering terjadi bagi bayi dan anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sedangkan untuk pengunaan pada bayi, cukup anda kunyah daun jambu biji sampai halus dan oleskan pada bagian perut. Dan untuk pemakaian lain, anda rebus sekitar 5 lembar daun jambu biji (bisa juga dipadukan dengan pepagan pulosari dan adas manis). hingga mendidih, diamkan hingga dingin barulah diminumkan pada anak yang perutnya kembung.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol merupakan masalah yang bisa terjadi karena adanya gangguan kesehatan khususnya pada darah. Jadi dalam hal ini sering kita kenal dengan kolesterol darah. Penyebab dari kolesterol bisa dikarenakan makanan, ataupun hal lain yang tidak pernah anda duga sebelumnya. Sebagai olahan ramuan, bahan yang dibutuhkan ialah daun jambu biji, daun ceremai, dan juga daun sirih. Siapkan semua bahan dengan porsi secukupnya, kemudian direbus dengan air hingga mendidih dan berubah warna. Minum air rebusan tersebut pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur.

8 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikan
Daun dari jambu biji sering digunakan sebagai masker (scrub alami) untuk menjaga kulit wajah tetap kencang dan bersinar. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah, sederhana dan bisa langsung anda terapkan sendiri dirumah. Tapi tidak hanya itu saja, masih ada lagi kegunaan lain yang tentunya masih terkait dengan dunia kecantikan. Apa saja fungsi tersebut? Berikut selengkapnya!

1. Mengembalikan Kecerahan Wajah
Meski tidak sedikit orang yang menggunakan alternatif ini, namun tidak sedikit juga kalangan wanita yang belum paham tentang bagaimana cara membuatnya. Pertama yang perlu anda lakukan ialah dengan menghaluskan daun jambu biji secukupnya, tambah sedikit air hingga berubah tekstur menjadi pasta. Bisa juga dipadukan dengan kuning telur agar hasil yang anda dapat lebih optimal. Selanjutnya bisa diaplikasikan pada seluruh area kulit wajah secara merata.

2. Mengobati Keputihan
Keputihan merupakan masalah umum yang sering terjadi bagi kalangan ladies. Dan dalam hal ini anda patut mencoba olahan daun jambu biji agar keputihan yang anda alami bisa teratasi. Cara mengolah cukup dengan merebus paduan daun jambu biji dan daun sirih dengan air hingga mendidih. Takaran bisa disesuaikan (secukupnya saja). Dan minum air rebusa tersebut 2x sehari sampai masalah anda selesai.

3. Mencegah Tanda Penuaan Dini
Tanda ini biasanya muncul seiring dengan bertambahnya usia. Seperti halnya keriput, garis halus, lipatan garis senyum, mata panda, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika dibiarkan, mungkin masalah ini akan sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Nah, untuk menyamarkan atau bahkan mengurangi tanda penuaan tersebut, anda bisa memanfaatkan daun jambu biji sebagai masker.

4. Membuat Kulit Wajah Tetap Lembab
Wajah sangat identik dengan berbagai permasalahan. Seperti kulit kering, mengelupas atau munculnya sisik dikarenakan kulit kering dan penggunaan sabun yang salah. Nah untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menggunakan masker dari daun jambu biji yang dipadukan dengan susu atau madu. Kemudian diterapkan pada wajah agar kulit tetap lembab dan tetap elastis.

5. Mengatasi Alergi Dan Infeksi Pada Kulit
Infeksi atau alergi pada wajah biasanya dijelaskan dengan adanya ruam (bintik merah pada kulit). Hal ini disebabkan dengan adanya debu atau kotoran yang menempel pada kulit (berupa radikal bebas) yang bisa menjadikan pembengkakan pada wajah. Nah, daun jambu biji mempunyai kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Cukup gunakan olahan daun ini sebagai masker, maka masalah yang anda alami akan teratasi.

6. Menyembuhkan Dan Menghilangkan Jerawat
Penyebab dari jerawat bisa dialokasikan pada berbagai faktor. Seperti genetik (turunan), wajah berminyak atau karena asupan makanan dan lingkungan yang kurang sehat. Nah dalam hal ini jerawat menjadi masalah utama bagi kalangan orang yang mengutamakan penampilan. Sebab bisa saja rasa percaya diri anda akan terganggu. Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan daun jambu biji sebagai masker, sebab masker ini berfungsi untuk mengurangi radang (pembengkakan) dan mempercepat penyembuhan jerawat. Jadi pada akhirnya wajah anda akan bersih dari jerawat.

7. Menyamarkan Flek Atau Noda Hitam Bekas Jerawat
Penggunaan masker dari daun jambu biji juga bisa menghilangkan flek hitam pada wajah. Fungsinya untuk memudarkan dan meregenerasi sel-sel kulit yang mati. Jika hal ini bisa anda lakukan secara rutin. Maka wajah anda akan bersih, halus dan terhindar dari berbagai masalah kecantikan.

8. Mengangkat Komedo Pada Wajah
Komedo adalah salah satu gangguan wajah selain jerawat. Dan dalam beberapa jenisnya, komedo dikenal dengan blackhead dan whitehead. Dimana keduanya mempunyai tingkat kesulitan berbeda untuk membersihkannya. Untuk pemakaian masker dari daun jambu biji, anda bisa juga memadukan dengan bahan lain seperti madu, susu, putih dan putih telur agar hasil yang anda dapat lebih optimal.

==> Yuk Baca Juga : 8 Khasiat Daging Biawak Untuk Kesehatan

Demikianlah Ulasan sepintas mengenai 17 Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan!

Sumber : Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Wajah

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel