18 Khasiat Getah Arab Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Getah Arab mungkin sudah familiar bagi sebagian orang. Namun tidak sedikit juga yang belum tahu akan kegunaan serta fungsi dari getah atau gom arab ini. Manfaat Getah Arab dipercaya sangat ampuh dalam melngsingkan tubuh, menurunkan tekanan darah, mencegah sel kanker serta masih banyak lagi fungsi lain yang tentunya terkait dengan dunia pengobatan herbal. Nah oleh karena itu, untuk mengetahui secara detail mengenai apa itu gom arab, berikut ini kami sudah merangkum beberapa keterangan singkat yang mungkin saja bisa memberikan sedikit referensi sehingga kita paham betul akan segala kegunaan yang tersimpan didalamnya.

18 Khasiat Getah Arab Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Getah Arab (Gom atau Gum) adalah salah satu produk getah (resin) yang didapat dari penyadapan getah pada batang tumbuhan legum. Getah ini juga dikenal dengan sebutan Guma Acacia (Gummi Arabicum) yang berasal dari tanaman suku dengan nama latin atau ilmiah Acacea Senegal atau juga Acacia Seyal. Sedangkan nama Gom arab (bahasa Inggris Gum Arabic) secara harfiah mempunyai arti Getah Arab. Secara singkat, tanaman ini diduga bersal dari Oasis padang pasir di Afrika Utara dan juga Asia Barat daya tepatnya Sudan. Sebab Sudan merupakan penghasil 70% lebih produksi Getah Arab sedunia.


Gom Arab menjadi salah satu bahan alternatif yang digunakan pada produk-produk makanan, minuman, kosmetik, dan bahkan digunakan pula pada Indutri bahan kimia. Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi didalamnya, menjadikan getah ini sangat eksis hingga sekarang. Entah itu sebagai obat herbal ataupun yang sudah diolah menjadi produk yang sudah kami sebutkan diatas.

Manfaat Getah Arab sudah melalui penelitian dan di uji laboratorium dari berbagai belahan dunia. Seperti salah satunya ialah World Health Organization (WHO), Food And Agriculture Organization (FAO), The US Foofd And Drugs Administration (FDA) serta Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) menyatakan bahwa pada getah ini memang menyimpan khasiat yag cukup baik bagi kesehatan karena mengandung banyak sekali nilai nutrisi yang membantu metabolisme tubuh.

Apa saja Kandungan Gizi yang terdapat pada Gom Arab?
Dirangkum dari berbagai sumber, getah arab mempunyai nutrisi berupa prebiotik, Asam Amino, Kalsium, Serat dan antioksidan dimana kemampuannya sangat berpengaruh untuk kesehatan dan juga kecantikan.

18 Khasiat Getah Arab Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Menurunkan tekanan darah tinggi dimana fungsi ini sangat baik anda yang sedang menderita hipertensi. Manfaatnya cukup baik dalam memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh.
  2. Berfungsi sebagai anti radikal bebas khususnya bakteri atau kuman yang terdapat pada udara yang disebabkan polusi (udara kotor).
  3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan tepatnya organ tubuh berupa usus.
  4. Mengembalikan sistem imun tubuh sehingga menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit (menguatkan daya tahan tubuh).
  5. Memperlancar penyerapan sari makanan khusunya kalsium, zink dan juga sodium.
  6. Mencegah pertumbuhan sel kanker atau tumor dalam tubuh (bersifat anti-kanker).
  7. Mengurangi sakit pada buah pinggang (menyembuhkan penyakit buah pinggang).
  8. Menyemmbuhkan wasir (ambeien) dan juga menghentikan diare dan juga disentri.
  9. Mencegah sembelit atau susah BAB (melancarkan sistem pencernaan).
  10. Baik untuk diet yang baik dan cocok digunakan sebagai penurun berat badan. Hal ini karena gom arab tinggi akan kandungan fiber.
  11. Menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi.
  12. Mengontrol kadar gula darah dimana fungsi baik baik untuk pencegahan diabetes (kencing manis).
  13. Mencegah kelumpuhan atau stroke.
  14. Bersifat diuretik yang baik untuk melancarkan saluran kemih (peluruh kencing).
  15. Mendetoksinasi tubuh dan mengeluarkan racun dari saluran pencernaan.
  16. Melancarkan sistem pernafasan yang juga berfungsi untuk menyembuhkan asma (sesak nafas).
  17. Bersifat anti-inflamasi yang meredam bengkak serta eksim pada kulit.
  18. Mengurangi nyeri pada sistem otot dan persendian.

Bagaimana? Jika dilihat dari daftar diatas, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat untuk kesehatan tubuh dan tentunya membantu penampilan tetap langsing karena meminimalir penumpukan racun serta lemak dalam tubuh.


Demikianlah artikel singkat tentang 18 Khasiat Getah Arab Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga yang kami tulis ini bisa memberi sedikit pencerahan akan segala kegunaan dan tanaman obat yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel